10 Cara Mudah Mengatasi Anemia Secara Alami

Apr 12 2015 - 12:21am Indonews Coid

10 Cara Mudah Mengatasi Anemia Secara Alami – Anemia adalah penyakit darah yang sering ditemukan. Beberapa anemia memiliki penyakit dasarnya. Anemia bisa diklasifikasikan berdasarkan bentuk atau morfologi sel darah merah, etiologi yang mendasari, dan penampakan klinis. Penyebab anemia yang paling sering adalah perdarahan yang berlebihan, rusaknya sel darah merah secara berlebihan hemolisis atau kekurangan pembentukan sel darah merah ( hematopoiesis yang tidak efektif).

Mengatasi Anemia

Mengatasi Anemia

Anemia bisa terjadi pada orang yang mengeluarkan banyak darah lebih cepat, dibandingkan dengan keadaan normal. Kekurangan darah bisa diatasi dengan transfusi darah. Anemia disebabkan karena tubuh kekurangan ion besi (vitamin B12).

Selain itu anemia ada yang bersifat mematikan yaitu, anemia sel sabit dan thalasemia. Thalasemia yaitu penyakit yang terjadi dimana sel darah merah berbentuk bulat telur (lonjong), berukuran kecil dan lebih banyak jumlahnya dibandingkan dengan sel darah normal.

1. Dengan sayuran

Zat besi yang tinggi membantu proses pembentukan hemoglobin. Misalnya sayuran yang mengandung banyak zat besi antara lain bayam, seledri, kubis, kol, kangkung, kentang manis. Tapi juga perlu berhati-hati karena mengkonsumsi brokoli atau kol dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan kembung, bagaimana cara mengatasinya silahkan baca di cara cepat mengatasi perut kembung dan masukk angin.

2. Dengan buah-buahan

Selain meningkatkan asupan sayuran, sobat juga perlu memperhatikan asupan buah-buahan. Buah-buahan yang baik untuk penderita anemia antara lain apel, anggur, semangka, aprikot., kismis dan buah pulm.

3. Dengan konsumsi daging dan seafood

Daging dan seafood kaya dengan kandungan vitamin B12 dan asam folat yang berfungsi dalam peningkatan produksi sel darah merah di tubuh.

4. Dengan daun bawang merah

Rebus daun bawang merah bersama dengan sebutir telur. Makan telur dan rebusan daun bawang merah. Lakukan setiap 2 kali dalam sehari agar anemia dapat segera sembuh.

Cara Lain Mengatasi Anemia Secara Alami

  • Menjaga agar dalam tubuh selalu tersedia asupan zat besi yang tujuannya untuk pembentukan sel darah merah.
  • Makan makanan bergizi
  • Zat besi banyak terkandung pada makanan, baik makanan nabati maupun hewani. Seperti: beras merah, kentang, kacang-kacangan, buah apel, jambu, pepaya, ikan, telur, susu, hati dan daging.
  • Bagi ibu hamil, periksalah kehamilan pada tenaga medis secara teratur.
  • Untuk bayi agar selalu menjaga asupan ASI.
  • Istirahat yang cukup dan teratur.

Tips Sehat

Penderita anemia dapat merasakan gejala yang menandakan bahwa sedang mengalami anemia. Gejala tersebut antara lain, lemas, letih, sakit kepala, muka pucat, lelah, kurang energi, sulit konsetrasi, mudah lelah dalam berolahraga, mudah lupa, nyeri tulang dan terjadi perubahan warna pada kornea mata yang terlihat berwarna kekuning-kuningan.

Penderita juga bisa merasakan tanda seperti napas sesak, peningkatan detak jantung dan bahkan pingsan. Makanan yang mengandung zat besi bisa berupa sayuran hijau seperti bayam, buncis, kangkung dan kacang-kacangan. Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti di atas dapat mengatasi anemia.

Demikian Pembahasan Tentang  10 Cara Mudah Mengatasi Anemia Secara Alami Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca IndoNews.Co.Id Aminnn … 😀

Baca Juga