10 Khasiat Dan Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan

Feb 9 2015 - 9:42pm admin indonews3

10 Khasiat Dan Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan – Salak adalah salah satu buah popular di masyarakat. Buah berkulit cokelat dan bersisik ini mempunyai banyak vitamin yang penting untuk kesehatan manusia. Dan dengan serat buah salak tersebut,  salak lebih unggul dari buah-buahan yang lainnya, misalkan buah mangga, salak lebih tinggi kadar gizinya. Maka tak heran jika salak sangat baik dan banyak bermanfaat untuk kesehatan  bagi yang sering mengkosumsinya secara tratur.

Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan

Buah Salak

Manfaat salak untuk kesehatan manusia :

  • Mengobatkan Diare
  • Menjaga mata
  • Menjadi obat diet

Mengobati Diare

Ketika anda tidak berhenti-henti BAB atau Diare sebaiknya anda mengkosumsi buah salak ini, karena salak mempunyai serat yang tinggi sehingga dapat membantu mengobati diare,  Namun untuk ibu hamil sebaiknya menghindari makan buah salak, karena bisa menyebabkan konstipasi atau sulit buang air besar (BAB). Kalaupun ibu hamil ingin makan buah salak, sebaiknya jangan membuang kulit ari (kulit tipis yang menempel pada buah salak) karena mengandung serat yang cukup tinggi, dimana sangat membantu sekali dalam proses memperlancar BAB.

Menjaga mata

Buah salak banyak mengandung betakaroten yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata Hasil penelitian yang dilakukan oleh Nurfi Afriansyah, MSc dari Pusat Litbang Gizi dan Makanan Departemen Kesehatan RI menyebutkan bahwa kandungan betakaroten dalam 100 gram salak lebih banyak 5,5 kali dari buah mangga ,5 kali lebih besar dari semangka merah, dan 3 kali dari buah jambu biji, Betakaroten yang ada di dalam buah salak setara dengan betakaroten yang ada pada sayuran rotel , betakaroten  adalah salah satu zat anti oksidan yang banyak terdapat dalam sayuran dan buah buahan,  yang notabene sangat berkhasiat untuk kesehatan mata.

Menjadi obat diet

Untuk anda yang ingin menurunkan berat badan anda, buah salak adalah aternatif yang mudah dan peraktis untuk meurun kan berat badan. Buah salak mempunyai Banyaknya kandungan zat gizi dan fitonutrien yang ada di dalam buah salak berpotensi membantu program diet. Di dalam buah salak terdapat vitamin C sebanyak 2 mg, tanin dan serat. Kita mengetahui bahwa serat dapat memberikan rasa penuh atau kenyang lebih lama karena memerlukan waktu untuk diserap oleh usus.

Tapi, perlu juga anda ketahui. Jika mengkosumsi terlalu banyak dalam sehari akan berdamapak seblit atau susah buang air besar. Dan mengkosumsi buah salak yang benar dalam satu hari adalah sekitar 4-5 buah saja. Ketika memakan buah salak, banyak orang mengelupas atau membersihkan kulit ari salak. Dan hal tersebut salah, bahkan di kulit arinya mempunyai serat tinggi. Jadi, jika sekarang anda ingin mengkosumsi buah salak, janganlah lagi membuah kulit arinya.

Dapat menyehatkan kulit

Mengkonsumsi buah salak secara rutin dapat bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan kulit dari dalam , sehingga kulit akan terlihat lebih fress dan awet muda.

Dapat meningkatkan system kekebalan tubuh

Dengan mengkonsumsi buah salak sangat berkhasiat dalam menjaga daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak akan mudah teserang penyakit, karena buah salak mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan dapat berperan sebagai antioksidan.

 Catatan penting :

Selain buah salak kurang baik untuk ibu hamil karena bisa menyebabkan konstipasi, buah salak juga tidak dianjurkan bagi penderita maag dan radang usus karena tannin dalam buah salak dapat memperparah kondisi usus yang luka dan sulit dicerna.

Demikian Ulasan Tentang 10 Khasiat Dan Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers 😀

Baca Juga