10 Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan & Ibu Hamil

Dec 20 2014 - 7:00pm admin indonews2

10 Khasiat Dan Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan & Ibu Hamil – Kelapa adalah salah satu buah yang dari dulu hingga sekarang sudah diketahui memiliki banyak sekali manfaat yang bisa diambil. Namun masih sedikit apa saja sebenarnya manfaat yang bisa kita ambil. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan informasikan mengenai buah kelapa muda ini yang dikutip dari berbagai sumber.

Manfaat Kelapa Muda

Manfaat Air Kelapa Muda

Kelapa muda sendiri merupakan salah satu buah yang sering kita temui di dataran rendah. Kelapa sendiri biasanya dapat kita temui di beberapa warung atau kedai minuman. Beberapa orang minum es kelapa muda ini untuk mengembalikan stamina tubuh atau untuk kebugaran. Dibalik itu, pada tulisan ini saya akan berbagi manfaat kelapa muda yang lain bisa kita ambil.

1. Sebagai Pengembali Ion Tubuh

Air kelapa muda dikenal sebagai minuman yang dapat mengembalikan ion tubuh disaat anda setelah berkegiatan. Waktu yang tepat untuk mengkonsumsi air kelapa muda ini disaat anda setelah melakukan olah raga atau kegiatan berat. Pasalnya air muda dipercaya akan dapat mengembalikkan stamina anda dengan cepat dibandingkan air putih.

2. Untuk Menetralkan Racun

Tidak hanya mengembalikkan ion tubuh, air kelapa muda juga dapat bermanfaat sebagai menetralkan racun. Dalam sebuah percobaan juga menunjukkan pasien yang mengkonsumsi air kelapa muda lebih cepat sembuh. Pasalnya dalam air kelapa muda mengandung vitamin dan juga mineral yang dapat menetralkan racun.

3. Obat Demam Berdarah

Air Kelapa Muda yang dicampur dengan perasan air jeruk nipis yang dikonsumsi setiap hari dapat mengobati demam berdarah. Ramuan ini dipercaya sejak dahulu dapat mengobati dengan cepat.

4. Luka Bakar

Selain untuk luka atau penyakit dalam, Kelapa dapat juga dimanfatkan sebagai luka luar. Misalnya saja sebagai obat luka bakar. Caranya cukup mudah, dengan mencampurkan bubuk kunyit, air kapur sirih dan juga air kelapa muda, lalu dioleskan kepada luka tersebut. Khasiat kelapa muda ini bisa anda buktikkan sendiri.

5. Melancarkan Pencernaan

Manfaat Air Kelapa Muda yang lain adalah sebagai pelancar pencernaan makanan. Karena dalam sebuah penelitian, air kelapa muda mengandung banyak serat yang bisa memperlancar pencernaan anda. Selain itu juga dapat membantu saluran kemih yang kotor, sehingga air seni bisa menjadi lancar.

6. Obat Jerawat

Air kelapa muda yang dicampur dengan kunyit air teh dan juga bubuk cendana ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengobati jerawat. Caranya cukup mudah, campurkan semua bahan kedalam sebuah cangkir atau wadah. Lalu biarkan mengendap semalam atau hingga mengendap, lalu ambil sarinya. Oleskan pada jerawat yang anda alami. Lakukan hal ini secara teratur hingga jerawat anda sembuh.

7. Membuat kulit dan rambut menjadi lembut

Jika Anda memiliki tipe rambut yang kaku, Anda bisa mencoba bilasan air kelapa untuk melembutkannya. Caranya, setelah usai memakai shampo dan membilas rambut hingga bersih, gunakan air kelapa sebagai bilasan terakhir. Ia akan berfungsi sebagai kondisioner alami yang melembutkan rambut. Demikian pula untuk kulit yang kasar. Bilas saja kulit dengan air kelapa, dan rasakan bedanya.

8. Anti bakteri dan jamur

Percaya atau tidak, air kelapa memiliki kemampuan anti bakteri dan jamur. Bila Anda kebetulan punya masalah dengan jamur kulit atau rambut, maka mengonsumsi air kelapa secara teratur, juga mengaplikasikan air kelapa pada kulit yang terkena jamur bisa membantu memulihkannya.

9. Membantu Proses Pencernaan Selama Masa Kehamilan

Air kelapa juga terbukti meningkatkan fungsi pencernaan orang dewasa maupun anak-anak. Selama kehamilan, plasenta akan menghasilkan jenis hormon yang disebut progesteron, yang dapat memperlambat lambung sehingga pencernaan kontraksi otot melambat. Dan air kelapa terbukti membantu meningkatkan kecepatan proses pencernaan.

10. Adanya Kandungan Elektrolit Alami

 Air kelapa banyak dikonsumsi sebagai minuman elektrolit mengandung natrium, kalium, kalsium, dan magnesium. Sebagai isotonik alami yang kaya mineral dan memiliki elektrolit cair yang sama dengan kandungan cairan di dalam tubuh, tentu saja, air kelapa sangat berguna untuk menghindari dehidrasi dan sangat cepat untuk memulihkan stamina. Ibu hamil membutuhkan lebih banyak air dibandingkan orang lain yang berada dalam keadaan normal. Dehidrasi selama kehamilan akan menyebabkan masalah kesehatan diantaranya sakit kepala, edema, kram, bahkan dapat mengurangi kontraksi yang mengakibatkan persalinan prematur.

 

Semoga Bermanfaat Indonewsers 🙂

Baca Juga