10 Manfaat Buah Kecipir Bagi Kesehatan

Mar 22 2015 - 12:55am Indonews Coid

10 Manfaat Buah Kecipir Bagi Kesehatan – Kecipir (Psophocarpus tetragonolobus (L.)D.C.) adalah tumbuhan merambat anggota suku Fabaceae (Leguminosae). Pucuk dan polong mudanya dimanfaatkan sebagai sayuran. Tumbuhannya merambat, memanjat atau membelit, membentuk semak yang menahun.

Buah Kecipir selain mempunyai manfaat untuk jadi sayur mayur ternyata buah kecipir mempunyai manfaat lain bagi kesehatan.

Manfaat Kecipir

Manfaat Kecipir

Berikut Adalah Manfaat Buah Kecipir :

Obat tetes mata dan telinga

Buah kecipir dapat juga di ramu menjadi obat tetes mata, Berikut adalah caranya :

  • Gunakan beberapa daun kecipir
  • Lalu rebus dengan sedikit air bersih sampai mendidih.
  • Setelah dingin teteskan ke mata dan telinga.

Mengobati bisul

Buah kecipir dapat juga di ramu menjadi obat bisul, Berikut adalah caranya :

  • Gunakan 5 – 10 helai daun kecipir
  • Lalu campur dengan adas pulosari
  • kemudian oleskan pada bisul.

Pengganti daging

Penelitian para ahli menemukan bahwa kandungan kalori, protein, lemak dan karbohidrat dalam kecipir jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan zat tersebut dalam daging.

Sebagai antioksidan

Tokoferol yang berfungsi sebagai zat antioksidan sangat baik untuk ibu hamil dan menyusui. Ibu hamil dan menyusui disarankan mengkonsumsi kacang-kacangan seperti kecipir ini untuk mencegah anemia.

Rendah Kalori

Kecipir merupakan salah satu sayur yang rendah kalori. Dalam 100 gr kecipir memiliki kandungan kurang lebih 49 kalori, selain itu sayur ini juga kaya kandungan serat sangatlah baik untuk Anda yang tengah menjalankan program diet.

Lemak Sehat

Walaupun sedang menjalankan program diet, bukan berarti tak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak. Karena lemak sebenarnya juga sangat dibutuhkan tubuh untuk keseimbangan hormon dan metabolisme.Dengan mengkonsumsi kecipir secara teratur dapat memenuhi lemak tersebut setiap harinya.

Kaya Asam Folat

Asam folat dibutuhkan dalam sintesis DNA serta pemisahan sel, juga menghindarkan terjadinya cacat kehamilan serta membantu pertumbuhan janin. Manfaat kecipir yang mengandung asam folat seperti ini tentu janganlah Anda sia-siakan ya Herbaler.

Sumber Vitamin

Sayuran yang memiliki kandungan vitamin C serta A juga sebagai antioksidan, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menghindarkan dari rusaknya DNA. Kandungan vitamin B serta E yang juga terkandung dalam kecipir dapat untuk menjaga vitalitas badan, suasana hati, serta tenaga.

Tinggi Protein

Kecipir juga termasuk masih dalam keuarga kacang – kacangan yang sama mempunyai kandungan protein yang tinggi jadi dengan mengkonsumsi kecipir asupan protein tercukupi.

Kaya Kalsium

Di dalam kecipir juga mempunyai banyak kandungan mineral yang dibutuhkan tubuh, satu diantaranya yaitu kalsium serta fosfor. jadi kecipir juga mampu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Demikian Ulasan Tentang 10 Manfaat Buah Kecipir Bagi Kesehatan Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca IndoNews.Co.Id Aminnn … 😀

Baca Juga