10 Manfaat Dan Khasiat Merica Bagi Kesehatan

Jun 8 2015 - 2:20am Indonews Coid

10 Manfaat Dan Khasiat Merica Bagi Kesehatan – Merica, yang memiliki nama latin Merica Linn Albi merupakan tanaman yang kaya akan bahan kimia, seperti minyak Merica, minyak lemak, juga pati. Merica terasa pahit, pedas, dan hangat. Tanaman ini ditemukan dan dikenal sejak berabad-abad lalu. Pada umumnya, orang hanya tahu Merica putih dan Merica hitam yang sering digunakan sebagai bumbu masak.

Manfaat Merica

Manfaat Merica

Tanaman ini adalah salah satu komoditas perdagangan dunia dan lebih dari 80% dari Merica Indonesia diekspor ke luar negeri. Selain itu, Merica memiliki sebagai The King of Spice yang membutuhkan Merica di dunia pada tahun 2000 mencapai 280.000 ton. Merica merupakan salah satu tanaman yang berkembang biak dengan biji, tapi banyak petani lebih memilih untuk melakukan penyetekkan untuk mengembangkan.

Berikut Adalah Manfaat Merica Bagi Kesehatan

1. Meringankan Nyeri Otot

Berikut adalah cara menggunakan merica untuk meringankan nyeri otot.

Caranya :

  • Mencampur minyak lada hitam dengan minyak rosemary,
  • Kemudian gosok campuran ke daerah yang sakit untuk mengendurkan otot-otot yang tegang.

2. Meredakan Sakit Gigi

Berikut adalah cara menggunakan merica untuk Meredakan Sakit gigi.

Caranya :

  • 2 sendok teh lada yang dicampur dengan air panas dan menunggu air dingin.
  • Kemudian di gunakan berkumur untuk meredakan sakit gigi.
  • Selain itu, Anda juga dapat menempatkan merica bubuk langsung ke daerah yang sakit di gigi untuk menghilangkan itu.

3. Menyembuhkan Luka

Lada hitam juga dapat mencegah luka kecil atau goresan dari pendarahan. Sifat antibakteri dari lada hitam dapat membantu mencegah infeksi.

4. Membuat Pakaian Menjadi Cerah

Jika Anda memiliki pakaian yang membosankan dan ketika Anda ingin mencuci pakaian, cobalah untuk taburi sendok teh ke dalam cucian, untuk membuat pakaian Anda terlihat lebih cerah dan tidak terlihat kusam lagi.

5. Menyingkirkan Tikus

Jika rumah Anda tikus banyak, hanya taburi merica bubuk di daerah yang banyak tikus. Hal ini dapat mengusir tikus dari rumah Anda.

6. Mengobati Arthritis

Capsaicin juga berkhasiat sebagai agen anti-inflamasi, yang akan emembantu meringankan kondisi peradangan, seperti pembengkakan dan nyeri pada arthritis.

7. Cegah Kanker

Ilmuwan University of Nottingham, dan penelitian lain oleh American Association of Cancer Research melaporkan bahwa capsaicin yang ditemukan di paprika sebenarnya mampu membunuh sel kanker tertentu, terutama sel kanker prostat.

8. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Merica mengandung flavonoid, vitamin C dan vitamin A, zat yang dapat tekanan darah tinggi juga lebih rendah.

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Cairan tubuh terlalu banyak dapat berakibat buruk untuk kesehatan jantung kita. Jumlah cairan yangterdapat di sekitar dinding jantung akan menyebabkan ketegangan pada jantung, dan berpotensi dapat membahayakan.

Salah satu tanda terlalu banyak cairan pembengkakan di pergelangan kaki dan lengan. Gejala lainnya adalah kesulitan bernapas, karena terlalu banyak air dapat menekan paru-paru.

10. Sebagai Anti Oksidan

Senyawa flavonoid, vitamin A dan C yang ditemukan di lada juga merupakan zat antioksidan, yang bermanfaat untuk mengurangi dampak kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Demikian Pembahasan Tentang 10 Manfaat Dan Khasiat Merica Bagi Kesehatan Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca IndoNews.Co.Id Aminnn … 😀

Baca Juga