10 Manfaat Daun Dan Biji Tumbuhan Cermai Bagi Kesehatan Tubuh

Jan 24 2015 - 10:51pm admin indonews3

10 Manfaat Daun Dan Biji Tumbuhan Cermai Bagi Kesehatan Tubuh – Bagi para penikmat manisan atau petisan pastinya tak akan ketinggalan dengan buah yang satu ini. Ya buah cermai memang sering digunakan menjadi olahan makanan petisan karena rasanya yang manis-manis asam. Tak hanya itu saja buah cermai juga sudah terkenal akan khasiat dan mafaatnya bagi kesehatan. Jika buah cermai sudah terkanal akan khasiatnya, lalu bagaimana dengan daunnya?

Ya Daun Cermai, siapa sangka daun dari buah berasa asam manis ini rupanya juga memiliki segudang khasiat dan manfaat terutama bagi kesehatan tubuh kita. Tumbuhan yang memiliki nama latin “Phyllanthus acidus” rupanya memiliki banyak sekali kandungan zat yang sangat dibutuhkan oleh manusia.

Manfaat Daun Cermai Bagi Kesehatan

Daun dan Buah Cermai

IndoNews.co.id – Berdasarkan penelitian para ahli yaitu dengan memakan pucuk daun cermai mampu mengatasi masalah-masalah kesehatan seperti dapat menawarkan racun akibat gigitan serangga, lumbago, dipakai untuk merawat kulit, nafas sering tersengal-sengal, menyembuhkan tekanan darah tinggi dan menobati kanker. Dari hal tersebut peneliti mengungkapkan kandunga yang ada di daun cermai yang sangat banyak, kandungan tersebut seperti: air, karbohidrat, saponin, flavonoida, tanin, polifenol, protein, lemak, dan serat.

Manakala buah pula mengandungi serat, mineral dan vitamin C. Sedangkan untuk kandungan dari buah cermai per 100 gram porsi makan) adalah 28 kkal energi, 91,7 g air, 0,7 g protein, 6,4 g karbohidrat, 0,6 g serat kasar, kalsium 5 mg, 23 mg fosfor, 0,4 mg besi, 0,01 mg thiamin , riboflavin 0,05 mg dan 8 mg vitamin C.

Berikut Adalah Manfaat Daun Cermai Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Jelas sudah jika daun cermai memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat kesehatan bagi manusia, berikut beberapa manfaat buah dan daun cermai bagi kesehatan sekaligus cara pengolahannya :

1. Mengatasi Sembelit

Siapkan biji cermai sebanyak 3/4 sendok teh, dicuci lalu digiling sampai halus. Seduh dengan 1/2 cangkir air panas. Sewaktu masih hangat tambahkan 1 sendok makan madu, aduk smapai merata kemudian diminum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari. Siapkan daun cermai segar sebanyak 3 gram, dicuci lalu ditumbuk jalus. Seduh dengan 1/2 gelas air panas, lalu didinginkan. hasil seduhan diminum sekaligus bersama ampasnya.

2. Mengatasi Asma

Ambil 6 biji buah cermai, bawang merah 2 butir, akar kara (Dolichos lablab) 1/4 genggam, 8 butir buah kelengkeng, dicuci lalu ditumbuk seperlunya. Bahan-bahan tersebut lalu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisah 1 1/2 gelas. setelah dingin disaring, lalu diminum dengan air gula secukupnya. Sehati 2 kali, masing-masing 3/4 gelas.

3. Mengatasi Kanker

Siapkan daun cermai yang masih muda sebanyak 1/4 genggam, daun belimbing 1/3 genggam, bidara upas 1/2 jari, gadung cina 1/2 jari, gulau enau 3 jari, dicuci lalu dipotong-potong seperlunya. Bahan-bahan tadi lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tertinggal 3/4 bagian. Setelah dingin disaring, siap untuk diminum. Sehari 3 kali, masing-masing cukup 3/4 gelas.

4.  Melangsingkan Badan

Minum air rebusan daun cermai. Obat ini bekerja kuat, jangan mengkonsumsi dalam jangka waktu lama karena efek dari kandungan daun cermai bekerja sangat kuat. Gunakan sesekali saja.

Demikian Ulasan Tentang 10 Manfaat Daun Cermai Bagi Kesehatan Tubuh Kita Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers 😀

Baca Juga