10 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

Feb 21 2015 - 3:01am admin indonews3

10 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan – Mungkin jika pembaca mendengar lagu dari Bondan yang salah satu liriknya yakni “Dunia Tak Selebar Daun Kelor”, langsung berfikiran sebenarnya seperti apa daun kelor dan selebar apa daun kelor ini?.

Daun Kelor memiliki nama latin “Moringa oleifera” merupakan tumbuhan yang memiliki daun berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai, dapat dibuat sayur atau obat.

Bagai sekelompok kalangan, Daun Kelor dianggap keramat dan memiliki kekuatan magis atau spiritual. Tak hanya itu, daun kelor juga dipercaya ampuh dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

Daun Kelor

Terlepas dari itu semua, pasti ada kandungan tersendiri dari daun ini sehingga daun ini dipercaya memiliki khasiat dan manfaat yang baik bagi kesehatan. Seperti yang dikutio dari Wikipedia, Periset dari Anna Technology University, Tamilnadu, India, C Senthil Kumar, membuktikan bahwa daun kelor memang berkhasiat sebagai hepatoprotektor alias pelindung hati.

Menurut dokter sekaligus herbalis di Yogyakarta, dr Sidi Aritjahja, kelor mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan sangat bagus untuk penyakit yang berhubungan dengan masalah pencernaan, misalnya luka usus dan luka lambung.

“Bagian apa pun yang dipakai aman asal memperhatikan caranya,” ujar alumnus Universitas Gadjah Mada itu. Minumlah rebusan daun kelor selagi air hangat. Sebab, efek antioksidan masih kuat dalam keadaan hangat.

Menurut Dr. Paulus Wahyudi Halim di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, kelor memiliki energi dingin. Herbal seperti itu cocok untuk mengatasi penyakit dengan energi panas atau kelebihan energi seperti radang atau kanker.

Berikut Manfaat umum dari daun kelor

  • Daun kelor mampu menruunkan kadar gula darah.
  • Daun kelor sangat baik untuk pengobatan dan mengatasi rematik.
  • Daun kelor adalah obat pegal linu,ecok dan Pereda Nyeri alami.
  • Rematik, Nyeri dan Pegal Linu.

Tumbuk halus dua gagang daun kelor dan setengah sendok makan kapur sirih lalu gosok ke bagian tubuh yang sakit sebagai param.

  • Sakit Mata. 

Tumbuk halus tiga gagang daun kelor dan diberi air satu gelas, aduk sampai merata, diamkan sampai ampasnya mengendap dan gunakan airnya sebagai tetes mata.

  • Cacingan.

Rebus tiga gagang daun kelor, satu gagang daun cabai, 1-2 batang meniran dengan dua gelas air sampai mendidih hingga tinggal satu gelas, saring rebusan air tersebut dan diminum rutin setiap hari.

  • Alergi.

Rebus tiga gagang daun kelor, satu siung bawang merah, adas pulasari secukupnya tambahkan tiga gelas air sampai mendidih hingga tinggal dua gelas, kemudian disaring dan minum rutin setiap hari.

 

Demikian Ulasan Tentang 10 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers 😀

Baca Juga