100 Manfaat Tanaman Temulawak Untuk Kesehatan

Mar 17 2015 - 10:51pm Indonews Coid

100 Manfaat Tanaman Temulawak Untuk Kesehatan – Temu lawak (Curcuma xanthorrhiza) adalah tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Ia berasal dari Indonesia, khususnya Pulau Jawa, kemudian menyebar ke beberapa tempat di kawasan wilayah biogeografi Malesia. Saat ini, sebagian besar budidaya temu lawak berada di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina tanaman ini selain di Asia Tenggara dapat ditemui pula di China, Indochina, Barbados, India, Jepang, Korea, Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa.

Manfaat Temulawak

Manfaat Temulawak

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

1. Menjaga kesehatan hati

Manfaat kesehatan dari Temulawak untuk hati, fungsi hati yang sangat baik dapat dipertahankan di mana kesehatannya dengan mengkonsumsi temulawak. temulawak sangat baik untuk menjaga atau mempertahankan kesehatan hati, alasan ini adalah temulawak mengandung katagoga. katagoga adalah apa yang membantu hati untuk menghasilkan empedu dan juga menunjukkan bahwa stimulasi empedu mengosongkan.

2. Mengurangi radang sendi

Di dalam temulawak terdapat kandungan kurkumin yang baik untuk kesehatan, terutama untuk menjaga radang sendi kita.

3. Menurunkan lemak darah

Manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh selanjutnya yaitu temulawak dapat menurunkan lemak darah. Temulawak menghasilkan ekstrak temulawak dan juga fraksi kurkuminoid, ini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

4. Mengatasi penyakit maag

Untuk mengatasi penyakit maag, siapkan temulawak 1 bungkul. lalu dicuci bersih dan kupas kulitnya, iris tipis-tipis kemudian rebus dengan air sebanyak 5 gelas. Setelah mendidih, diamkan hingga dingin dan setelah itu minum airnya secara rutin.

5. Melancarkan pencernaan

Temumulawak juga memiliki khasiat ampuh untuk membantu melancarkan pencernaan dengan menggunakan temulawak. yaitu dengan mengkonsumsi temulawak setiap hari secara rutin dengan cara di parut atau di tumbuk dan kemudian di peras ambilsarinya lalu di minum.

6. Menyehatkan jantung

Manfaat temulawak untuk kesehatan jantung ini tentu saja tidak perlu diragukan lagi. di dalam temulawak terdapat kandungan yang curcuma yang di manfaat untuk menjaga kesehaatan jantung.

7. Mengatasi kanker

Temulawak dipercaya dapat menghambat perkembangan atau pertumbuhan kanker prostat, dimana cara kerjanya yaitu dengan menghentikan darah yang mendukung pertumbuhan kanker.

8. Mengatasi gangguan ginjal

Manfaat temulawak untuk kesehatan ginjal. Caranya yaitu dengan menyiapkan temulawak sebanyak 2 rimpang, daun kumis kucing 1 genggam, 1 genggam daun meniran dan gula batu secukupnya. Cuci bersih semua bahan kecuali gula batu, temulawak diiris tipis-tipis. Campur semua bahan kemudian rebus dengan air sekitar 1000ml. Setelah mendidih tunggu hingga air yang tertinggal hanya tinggal setengahnya, angkat dan saring airnya. minum airnya secara rutin 2 kali 1 hati pagi dan sore.

9. Obat Bisul

Gunakan Temulawak secukupnya untuk pengobatan yang sudah dicuci bersih, lalu dikupas. Rebus temulawak dengan 2 gelas air dan sedikit gula aren. Rebus hingga airnya tersisa setengah lalu angkat. Tambahkan seibu jari asam jawa. Tunggu agak dingin, kemudian disaring dan diminum sekaligus.

10. Meredakan Asma

Gunakan ½ rimpang temulawak, kemudian cuci bersih. Kupas dan iris temulawak. Rebus dengan 5 gelas air dan campurkan gula aren secukupnya. Rebus hingga airnya tinggal setengah. diminum 3 kali 1 hari.

Demikian Ulasan Tentang 100 Manfaat Tanaman Temulawak Untuk Kesehatan Semoga Dapat Bermanfaat Dan Dapat Membantu Sahabat IndoNewsers Pembaca Setia IndoNews.Co.Id Aminnnn…. 😀

Baca Juga