100 Penyebab Dan Cara Menangani Penyakit Sariawan

Feb 5 2015 - 2:31am admin indonews2

100 Penyebab Dan Cara Menangani Penyakit Sariawan – Penyebab Penyakit Sariawan Menurut Beberapa Ahli Dalam hidup kita pasti setidaknya pernah mengalami tidak enaknya mengalami sariawan. Sariawan atau bahasa ilmiahnya Smotatitis aftosa ini, adalah penyakit dalam mulut, berupa benjolan berwarna putih yang apabil terkena gesekan akan terasa nyeri.

Terkadang sariawan tidak hanya di satu titik saja tapi beberapa titik, dan umumnya sariawan akan hilang tanpa bekas setelah sembuh. Namun apabila sariawan tidak kunjung sembuh dalam waktu satu bulan, hati hati mungkin itu adalah tanda-tanda kanker mulut.

Penyebab Sariawan

Sariawan memang bukan penyakit yang serius, tetapi terkadang sariawan bisa membuat aktifitas terganggu. Misalkan anda sedang rapat, ataupun sedang kuliah dan terkena sariawan, rasanya memang tidak terlalu sakit, tetapi cukup untuk membuat mood kita menjadi meredup.

Apalagi jika sedang makan makanan ataupun bicara terkena gusi ataupun gigi, rasa nyeri nya benar benar tidak enak di mulut, juga hati-hati kepada makanan pedas, karena jika bibir yang terkena sariawan bertemu dengan makanan pedas maka nyerinya luar biasa.

Sampai saat ini penyebab sariawan masih misterius, kebanyakan orang mengatakan sariawan penyebabnya adalah kekurangan vitamin C. Namun di beberapa kasus, malah orang yang vitamin C nya terpenuhi masih saja terkena sariawan.

Tapi yang jelas penyebab sariawan sebetulnya tidak hanya satu, tapi bisa juga beberapa hal yang mengakibatkan bibir bagian dalam kita merasa nyeri seharian. Biasanya nyeri ini akan terasa 4-10 kali sehari. Tentu saja sangat mengganggu aktifitas.

Berikut ini adalah penyebab sariawan menurut beberapa ahli :

  • Kekurangan zat besi,
  • kekurangan vitamin c,
  • kondisi tubuh sedang tidak fit,
  • mulut yang tidak bersih,
  • konsumsi minuman terlalu panas atau terlalu dingin,
  • alergi terhadap makan tertentu, alergi terhadap obat,
  • bibir tergigit saat bicara,
  • alegi obat kumur,
  • masalah genetik,
  • menstruasi,
  • stres dan bisa juga di karenakan pemakaian gigi palsu yang kurang tepat.

Dari semua alasan diatas, masih belum jelas penyebab pasti sariawan tapi kebanyakan karena memang tubuh kita sedang tidak fit ataupun sedang kekurangan zat tertentu, namun faktor eksternal juga bisa menyebabkan sariawan.

Berikut ini tipsnya.

1. Gunakan es batu

Menggosok bagian mulut yang sariawan dengan es batu bisa meredakan rasa nyerinya. Caranya cukup gosokkan es batu dengan hati-hati pada sariawan.

2. Cengkeh

Anda juga bisa meredakan rasa sakit sariawan dengan mengunyah cengkeh. Zat yang dikeluarkan oleh cengkeh secara langsung pada sariawan akan membantu meredakan rasa sakitnya. Selain membantu mengatasi sariawan, cengkeh juga baik untuk meredakan sakit tenggorokan.

3. Air garam

Untuk mencegah bagian sariawan mengalami infeksi, Anda bisa mencoba berkumur dengan air garam. Cara ini juga bisa meredakan rasa sakitnya.

Cara di atas akan membantu Anda untuk meredakan rasa sakit sementara akibat sariawan, namun tidak akan menyembuhkannya. Jika ingin menyembuhkan sariawan, Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami seperti madu dan kelapa.

Madu akan membantu sariawan cepat menutup dan cepat sembuh karena zat anti-mikroba di dalamnya. Caranya, oleskan sedikit madu pada bagian mulut yang mengalami sariawan. Selain madu, minyak kelapa, air kelapa, atau kelapa kering juga bisa membantu mengatasi sariawan.

Caranya adalah dengan meminum air kelapa untuk mendinginkan bagian dalam tubuh atau mengoleskan minyak kelapa pada bagian yang mengalami sariawan. Mengunyah kelapa juga bisa mengurangi rasa sakit dan peradangan, serta mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Perhatikan, sariawan biasanya hanya bertahan sekitar satu minggu. Jika sariawan masih tetap tak sembuh hingga beberapa minggu, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Karena sariawan yang tak kunjung sembuh juga bisa menandakan penyakit lain seperti kanker mulut.

Demikian Ulasan Tentang 100 Penyebab Dan Cara Menangani Penyakit Sariawan  Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers 😀

Baca Juga