1000 Kandungan Dan Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Aug 12 2015 - 1:29am admin indonews3

1000 Kandungan Dan Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

– IndoNews.co.id – Pepaya, siapa yang tak kenal dengan buah manis ini. Ya buah yang memiliki nama latin “Carica” memang telah menyebar luas dan dikenal oleh semua orang. Buah yang akrab disapa “Kates” dalam bahasa jawa ini sebenarnya berasal dari Negara Meksiko tepatnya dibagian selatan.

Buah dengan ciri khas rasa manis ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang mungkin bagi sebagian orang tak menyadari akan khasiatnya. Bahkan, tak hanya buahnya saja yang memiliki manfaat melainkan daun, getah dan hampir semua bagian dari tumbuhan ini memiliki manfaat tersendiri.

Secara umum, tumbuhan ini memiliki ciri khas yakni tidak memiliki cabang, mampu tumbuh hingga 10m. Bentuk buah yang bulat dan lebih condong memanjang kebawah ini memiliki ujung yang runcing namun terkadang juga ada yang tumpul.

Manfaat Buah Pepaya

Buah Pepaya

Sampai saat ini, Pepaya telah menjadi tanaman budidaya karena telah teruji khasiatnya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan banyak ahli, Buah Pepaya kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh manusia diantaranya: Kalori, Karbohidrat, Serat, Vitamin A, B6, C, E, K, Asam Folat, Koli, Kalsium, Kalium, Magnesium, Zat Besi dll.

Berdasarkan penelitian terhadap kandungan nutrisi pada buah pepaya terlihat jelas bahwa buah ini sangat memiliki manfaat bagi manusia. Lalu apa saja manfaat buah pepaya? Oke, simak berikut ini:

Khasiat Dan Manfaat Buah Pepaya  :

  • Menjaga Kesehatan Indera Penglihatan
  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
  • Mengatasi Masalah BAB
  • Detoksifikasi / Menyerap dan mengeluarkan racun dalam tubuh
  • Mencegah Penuaan Dini
  • Baik untuk Penderita Diabetes
  • Sangat baik untuk Program Diet

 

Berikut Kandungan Dan Manfaat Buah Pepaya  lainnya yang diambil dari berbagai sumber :

  • Kesehatan Kulit
    Pepaya mengandung vitamin A dan enzim papain yang membantu menghilangkan sel kulit mati dan protein tidak aktif. Kandungan ini bisa membantu meremajakan kulit dan terhindar dari dehidrasi.Bila ingin kulit bersinar, Anda bisa memakai masker madu pepaya. Hancurkan setengah pepaya dan campurkan dengan tiga sendok teh madu agar lebih halus. Oleskan pada wajah dan leher. Biarkan selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air dingin.
  • Membantu Sistem Pencernaan
    Pepaya mengandung enzim yang dapat memecah kandungan protein. Enzim ini akan lebih banyak ditemukan jika pepaya masih dalam keadaan mentah. Pepaya juga dapat digunakan untuk meredakan sakit perut, jadi jika perut Anda tengah bermasalah ada baiknya Anda mengonsumsi pepaya.
  • Menyembuhkan Luka
    Enzim fibrin yang ada pada buah papaya dapat membantu mencegah pembekuan darah. Tak hanya luka bagian luar, pepaya juga dapat menyembukan luka dalam yang diderita manusia.
  • Mencegah Kanker
    Pepaya sangat baik untuk mengobati kanker karena mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh. Kandungan tersebut meliputi beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan cryptoxanthin sangat penting untuk menyembuhkan penyakit kangker. Seperti yang kita ketahui bahwa buah yang mengandung karoten dapat berfungsi untuk melindungi dari penyakit paru-paru dan kanker rongga mulut.
  • Menjaga Kesehatan Jantung
    Kalium yang ada pada pepaya segar dapat membantu regulasi cairan sel tubuh. Kalium juga dapat mengontrol aliran darah dan mempertahankan tekanan darah dengan tepat. Hal ini tentu akan  mengatur efek sodium yang berdampak buruk bagi tubuh serta melindungi Anda dari penyakit jantung. Inilah sebabnya mengapa pepaya merupakan buah yang sangat dianjurkan bagi pasien penyakit jantung.
  • Meningkatkan pertumbuhan rambut
    Menurut penelitan, nutrisi dalam pepaya membantu dalam mencegah kebotakan. Rajin mengonsumsi pepaya minimal tiga kali dalam seminggu untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.
  • Untuk Penyakit Demam berdarah
    Dengan Jus Daun Pepaya Caranya : 2 helai daun pepaya dibersihkan, ditumbuk dan diperas dengan saringan kain. Akan didapatkan 1 sendok makan per helai daun. Takarannya 2 sendok makan 1 kali sehari, Daun jangan dimasak, direbus atau dicuci dengan air panas karena khasiatnya akan hilang Ingat: hanya daunnya saja, bukan batangnya atau getahnya. Rasanya memang pahit sekali, tetapi tetap harus diminum  ( resep sudah dicoba , InsyaAllah ) Sumber Ini ( https://www.facebook.com/notes/…care…pepaya…/282659821746590 )

 

Tak hanya itu buah pepaya juga dapat dimasak sebagai alternatif sayuran, daging buah muda dapat ditumis dan dijadikan aneka olahan makanan. Untuk daunnya, sudah sejak lama masyarakat Indonesia menggunakan daun pepaya sebagai salah satu makanan favorit yaitu sebagai lalapan. Sedangkan untuk getah dari pepaya digunakan sebagai bahan pelunak daging serta mengubah konformasi protein laiinya karena didalam getah tersebut mengandung enzim papain.

View Source Untuk Info Kecantikan Lainya :

Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba Indonewsers 🙂

Baca Juga