1000 Khasiat dan Manfaat Daun Talas Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Sep 21 2014 - 3:25am admin indonews3

1000 Khasiat dan Manfaat Daun Talas Untuk Kesehatan Dan Pengobatan – IndoNews.co.id – Bagai air di daun talas tapi bukan itu yang akan kita bahas ­čÖé –┬á Daun talas merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat memberikan efek gatal diseluruh tubuh kita. Masih ingat jaman dahulu ketika sering mandi di tersier dimana dua daun talas yang diremas cukup mampu membuat gatal badan orang – orang yang mandi di tersier tersebut. topik menarik sebelumnya : 1000 Khasiat dan Manfaat Daun Semanggi Untuk Kesehatan

Namun dibalik hal tersebut, daun talas rupanya memiliki khasiat dan manfaat tersendiri bagi kesehatan. Daun talas memang sering kita jumpai dipinggiran kali semak-semak kebun dan bahkan terlihat seperti tanaman liar yang tak bermanfaat. Hebatnya lagi tanaman yang satu ini memiliki khasiat hampir diseluruh bagian terkecuali akar yang hingga kini masih menjadi misteri kenapa dan apa ?

Daun talas atau yang dalam bahasa latin bernama┬áColocasia esculentia Schott┬ájuga sering digunakan sebagai sayuran bagi sebagian masyarakat tanah air.┬áDaun batang talas atu orang jawa bilang lompong juga enak dimasak dengan santan. Hanya sedikit orang yang suka memasak dan memanfaatkan daun ini padahal kalau mereka tahu ada banyak kandugan gizi pada daun dan batang talas. topik sebelumnya ” 1000 Manfaat dan Khasiat Kembang Semangkuk Bagi Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Daun Talas Bagi Kesehatan

Daun Talas

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan, daun talas terbukti mengandung beberapa unsur yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh kita seperti : Daun talas mengandung polifenol. Tangkai daun mengandung saponin. Kulit tangkai bisa digunakan untuk membalut luka. Daun talas juga mengandung protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi. Ada juga beberapa vitamin pada daun ini yaitu vitamin A, B1, dan C. Oleh karena itu, wajar saja jika daun talas memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Berikut beberapa Khasiat dan Manfaat Daun Talas Bagi Kesehatan serta Cara Pengolahannya:

Untuk mengobati diare :

Ambil 30 gr batang talas tambahkan 30 gr patikan kebo cuci semua bahan potong-potong seperlunya kemudian rebus dalam 2-3 gelas air bersih sampai tersisa separo. Saring menjadi dua bagian minum ramuan selagi hangat pagi dan sore. Lakukan pengobatan sampai penyakitnya sembuh.

Untuk mengobati disentri :

Ambil 20 gr akar talas segar, cuci sampai bersih lalu potong seperlunya. Kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa separonya. Saring lalu tambahkan gula seperlunya aduk sampai rata minum ramuan selagi hangat. Lakukan pengobatan sampai penyakitnya sembuh.

Untuk mengobati biduren :

Ambil 50 gr akar talas, tambahkan 150 gr iga sapi cuci kedua bahan hingga bersih kemudian ditim hingga selama 2 jam. Ambil airnya lalu minum selagi hangat, iga sapinya dimakan.

Untuk mengobati radang ginjal :

Ambil 500 gr isi talas kupas kulitnya, cuci hingga bersih lalu diiris lalu jemur hingga kering, goring tanpa minyak hingga kering benar lalu giling hingga menjadi bubuk. Ambil bubuk setengah sendok makan lalu diseduh dengan satu gelas air panas. Tambahkan gula merah secukupnya aduk sampai rata, lalu diminum. Lakukan pengobatan 1-2 kali sehari sampai penyakitnya sembuh.

Untuk mengobati nyeri sendi dan otot :

Ambil isi talas secukupnya, kupas kulitnya lalu ditumbuk atau diblender sampai halus, tambahkan 1-2 sendok the cuka beras putih dan minyak wijen secukupnya, aduk sampai rata. Oleskan ramuan pada bagian sendi dan otot yang sakit. Lakukan pengobatan secara rutin 1-2 kali sehari.

Berikut Artikel Penting Kesehatan Juga :

Semoga artikel 1000 Khasiat dan Manfaat Daun Talas Untuk Kesehatan Dan Pengobatan Bermanfaat Indonewsers ­čÖé

Baca Juga