1000 Khasiat Dan Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

Nov 13 2014 - 6:45am admin indonews3

IndoNews.co.id – Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan. Dulu saya sempat berfikir kayu manis memiliki rasa manis pada kayunya dan ternyata tak hanya rasa manis saja melainkan ada rasa pedas. Maka tak heran jika kayu manis juga digunakan atau masuk ke dalam kategori rempah-rempah.

Kayu manis memang sudah terkenal tak hanya ditanah air saja melainkan diseluruh dunia karena rasa yang ditimbulkan dari rempah kayu manis ini. Namun tak hanya itu saja, Kayu manis ternyata juga menyimpan banyak sekali khasiat bagi kesehatan tubuh manusia.

Baru-baru ini sebuah penelitian dari US Agricultural Research Service telah menunjukkan bahwa sedikit 1 gram (1 sendok teh) bubuk kayu manis per hari dapat menurunkan 20% gula darah. Tak hanya itu penelitian yang juga dilakukan oleh Universitas di Texas juga menemukan khasiat utama dari kayu manis yakni sebagai pencegahan pertumbuhan kanker.

Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

Kayu Manis

Kayu manis terbukti memiliki beberapa kandungan yang sejatinya sangat dibutuhkan bagi kesehatan, seperti eugenol, etil sinamat, metil chavicol, linalool, cinnamaldehyde dan beta-kariofilen. Kandungan cinnamaldehyde inilah yang memberikan rasa dan aroma khas pada kayu manis. Selain digunakan untuk sebagai bumbu masakan, ternyata kayu manis memiliki manfaat kesehatan yang banyak.

Berikut beberapa Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan :

 

1. Untuk Diabetes, Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kayu manis memiliki kemampuan mengatur gula darah, membuatnya menjadi pilihan yang cocok untuk penderita diabetes dan hypoglycemics. Hal ini juga berarti bahwa bisa meningkatkan energi dan baik untuk suasana hati.

2. Ini mengurangi kadar kolesterol LDL. LDL juga dikenal sebagai kolesterol berbahaya. Berkurangnya kolesterol buruk ini membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

3. Dalam penelitian, manfaat kayu manis efektif terhadap bakteri penyebab maaf dan patogen lainnya.

4. Mengurangi rasa sakit yang terkait dengan arthritis. Kayu manis memiliki kemampuan untuk mengurangi sitokin terkait dengan nyeri rematik.

5. Mengobati nyeri haid dan infertilitas

Kayu manis mengandung bahan kimia alami yang disebut cinnamaldehyde berfungsi menyeimbangkan pengeluaran hormon wanita.  Selain sebagai bantuan saat nyeri haid, kayu manis juga dapat mengobati infertilitas yakni ketidakmampuan menghasilkan keturunan atau kurang subur. Tambahkan kayu manis pada sereal atau kopi Anda.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengkonsumsi kayu manis secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika Anda mengonsumsi vitamin C, menambahkan beberapa ekstra kayu manis untuk menu harian Anda dapat mengurangi risiko sakit.

7. Mengurangi kemungkinan terkena kanker
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kayu manis dapat melawan sel-sel kanker dan mencegah proliferasi kanker. Cinnamon tidak dapat menyembuhkan kanker, tentu saja, tapi benar-benar membantu setiap pasien potensial kanker atau pasien kanker dengan menambahkan sedikit kayu manis ke dalam makanan mereka. Mengonsumsi kayu manis secara teratur dapat mengurangi kemungkinan terkena kanker.

8. Membantu menurunkan berat badan
Jika Anda ingin menurunkan berat badan, mulailah mengonsumsi kayu manis. Cinnamon dapat mempercepat dan meningkatkan metabolisme Anda dan membantu menurunkan berat badan dengan mudah. Tapi jangan lupa dibarengi dengan diet sehat dan olahraga. (Amerikanki).

 

Beberapa Cara Mengkonsumsi Dan Menggunakan Kayu Manis :

  • Bisa Diseduh bersamaan dengan teh.
  • Juga Bisa Dipakai sebagai bumbu masakan seperti saat memasak nasi, pasta, daging atau sayur.

 

Tak hanya itu, kayu manis juga dapat mengobati beberapa jenis penyakit seperti penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, multiple sclerosis, tumor otak, dan meningitis, menurut penelitian di Laboratorium Riset Sitokin, Departemen Experimental Therapeutics, The University of Texas. Penelitian mereka menunjukkan bahwa kayu manis mengurangi peradangan kronis terkait dengan gangguan neurologis.

Semoga Pembahasan 1000 Khasiat Dan Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan Bermanfaat Indonewsers 🙂

Baca Juga