1000 Manfaat Biji Mahoni Sebagai Obat Kesehatan

Nov 30 2014 - 12:00pm admin indonews2

1000 Manfaat Biji Mahoni Sebagai Obat Kesehatan – Mahoni, siapa yang tak kenal dengan tanaman yang satu ini. Buah ini memang tidak dikonsumsi secara langsung tapi bagi anak kecil pasti sangat mengenal buah yang satu ini. Dahulu kala penulis juga senang mencari buah yang satu ini. Bukan untuk dijual ataupun untuk dikonsumsi melainkan untuk permainan baling-baling. Cukup hanya ayunkan mahoni ke atas maka mahoni akan berputar-putar.

Manfaat Biji Mahoni

Selain untuk permainan, ada beberapa manfaat mahoni yang bisa kita gunakan, beberapa diantaranya adalah bermanfaat untuk menyembuhkan hipertensi, gangguan gula darah, kurang nafsu makan, mencegah tersumbatnya saluran darah, mengurangi kadar kolesterol dan kadar lemak pada dinding pembuluh darah, membantu mengurangi rasa sakit, pendarahan dan lebam.

Oleh karena itu tak salah jika Malaysia menyebut mahoni sebagai sky fruit. Yang dikarenakan oleh khasiatnya yang benar-benar luar biasa. Hingga membuat negeri tetangga ini bayak menjadikan mahoni sebagai bahan dasar pembuatan obat.

Berbeda dengan negeri sendiri. Begitu banyaknya pohon mahoni tapi malah dibiarkan berguguran di jalan. Tak ayal jika mahoni yang sangat bermanfaat hanya dimanfaatkan ala kadarnya oleh penduduk pribumi. Terkadang anak yang berumur lebih dari dua tahun masih saja ingin ASI pada ibunya. Padahal ini sudah tidak boleh diberikan.

Karena anak yang mengonsumsi ASI pada ibunya bukan mengonsumsi melainkan mengonsumsi darah. Hal ini dikarenakan oleh kekuatan anak yang semakin kuat. Dan akan semakin banyak penyakit yang disedot oleh anak. Oleh karena itu biji mahoni sangat bermanfaat untuk menyelesaikan masalah ini.

Cukup dengan mengoleskan biji mahoni pada payudara, maka anak akan jera sendiri dan tak akan mau minta ASI. Biji mahoni ternyata bukan hanya bermanfaat bagi kehidupan manusia. Tetapi juga sangat berkhasiat bagi hewan ternak.

Dengan mencampurkan biji ini dalam minuman ternak maka nafsu makan ternak akan meningkat. Selain itu biji mahoni juga mampu bekerja sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Sehingga dengan adanya mahoni kulit anda selalu tetap terjaga dari sengatan liar matahari.

Berikut Manfaat Biji Mahoni Sebagai Obat Kesehatan Dan Juga Cara Penggunaannya :

 

  • Mengatasi Hipertensi

Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain disebutkan, tanaman ini memiliki sifat pahit, dingin, antipiretik (penurun panas), antijamur, dan mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Efek farmakologis ini diperoleh dari penggunaan biji yang dikeringkan, digiling halus, sampai menjadi serbuk.

Khasiat biji mahoni, yaitu mengatasi hipertensi, gangguan gula darah, kurang nafsu makan, demam, dan membantu menjaga daya tahan. Cara mengolahnya, biji ditumbuk atau dihaluskan menjadi bubuk lalu diseduh dengan air panas.

Tanaman yang memiliki kemampuan sebagai astringent (mengeringkan) ini dapat mengendapkan protein selaput lendir usus dan membentuk suatu lapisan yang melindungi usus, sehingga menghambat asupan glukosa dan laju peningkatan glukosa darah.

Sebuah penelitian biji mahoni dalam menurunkan glukosa darah pada hewan percobaan pernah dilakukan Laurentia Mihardja, peneliti pada Center For Research and Development of Disease Control, NIHRD. Pemberian ekstrak mahoni dosis 45 mg/160 g bb setelah 7 hari menunjukkan hasil berbeda yang signifikan dibanding pelarut serta tidak berbeda dengan glikazide 7,2 mg/200 g bb.

Disimpulkan, mahoni dapat menurunkan glukosa darah pada hewan percobaan. Mahoni sebenarnya sangat populer, khususnya di era 80-an. Maklum saja, pohon dengan batang kokoh dan menjulang ini mudah ditemui hampir di sepanjang jalan provinsi di Pulau Jawa. Ketika musim kemarau, bijinya banyak berguguran hingga dianggap sampah.

 

Siap Seduh

Sampai sekarang tetap ada yang memanfaatkan biji mahoni sebagai bahan dasar ramuan untuk mengobati beragam penyakit. Tersiar dari mulut ke mulut, ramuan serbuk mahoni pun dipercaya memiliki khasiat untuk membantu proses penyembuhan dan vitalitas. Selain serbuk, ada juga yang mengonsumsi langsung biji mahoni setelah membuang kulit luarnya yang berbentuk pipih.

Sayang, karena dianggap terlalu pahit, cara ini tidak populer lagi. Akhirnya beberapa produsen obat tradisional mengolahnya secara serius dalam bentuk ramuan siap seduh.  Jika Anda mau meramunya sendiri, sebenarnya cukup mudah. Di pasar tradisional, biji mahoni banyak dijual dengan harga relatif murah.

 

Contoh Ramuan

Tidak rumit membuat ramuan berbahan dasar serbuk mahoni, cukup mencampurnya dengan air, yakni:

–    Untuk mengobati tekanan darah tinggi, ambil setengah sendok teh serbuk biji mahoni dan segelas air panas. Tambahkan madu satu sendok makan, diaduk-aduk, setelah hangat lalu diminum.

–    Bagi penderita gangguan gula darah, ramuannya sama dengan hipertensi, dan sebaiknya diminum 30 menit sebelum makan.

–    Untuk masuk angin dan penambah stamina, ramuannya juga sama, tetapi dapat ditambahkan jahe.

–    Bila ingin memanfaatkan ekstrak mahoni buatan pabrik, pilih yang telah mendapat izin dari Badan POM. Bila ragu, dapat dikonsultasikan dulu dengan dokter, terutama bagi yang bermasalah dengan diabetes.

 

Begitu banyak manfaat yang bisa diambil dari mahoni tapi sayang di desa penulis justru dibiarkan berguguran atau dibuat permainan. Dan yang sangat berguna adalah digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jamu. Semoga Bermanfaat Indonewsers 🙂

 

Baca Posting Sebelumnya Tentang : 1001 Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan

Baca Juga