1000 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

Dec 5 2014 - 12:01am admin indonews3

1000 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan – IndoNews.co.id – Buah Nanas merupakan buah asli dari daerah tropis dibenua Amerika. Buah yang memiliki nama latin “Ananas comosus (L.) Merr.)” sejak dahulu sudah dipercaya dapat menyembuhkan beragam macam penyakit. Dan dewasa ini budidaya buah nanas telah merata diseluruh dunia bahkan Indonesia. Di Indonesia, propinsi Lampung merupakan daerah penanaman nanas utama, dengan beberapa pabrik pengolahan nanas juga terdapat di sana.

Pada dasarnya buah ini mengandung nutrisi-nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh seperti banyak mengandung vitamin A dan C sebagai antioksidan. Juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, dan enzim bromelain. Jadi wajar saja jika banyak perusahaan besar kini memilih investasi dengan budidaya tanaman Nanas seperti contoh di Provinsi Lampung.

Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

Nanas-nanas tersebut nantinya diolah sedemikian rupa menjadi berbagai olahan, seperti Minuman/Jus, selai, bahan-bahan kosmetik dan obat herbal dll.

Dari hasil penelitianpun sudah cukup banyak hasil yang menyatakan bahwa buah ini mengandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita, berikut beberapa manfaat buah nanas :

 

  • Nanas efektif menunda lapar

Selain kaya akan vitamin dan mineral, nanas mengandung beberapa mikronutrien dan serat yang mampu menunda rasa lapar bagi orang yang sedang menjalani program diet.

  • Nanas mencegah kembung

Nanas mengandung bromelain, sebuah zat yang mampu membantu memecah makanan sehingga dapat mengurangi kembung dalam perut. Selain itu bromelain juga efetif untuk mengurangi peradangan setelah operasi, mengobati pembengkakan hidung saat mengalami infeksi sinusitis, dan mengurangi rasa sakit dari oesteoarthritis.

  • Nanas mampu menghilangkan lemak

Panas tubuh yang Anda alami setelah mengonsumsi nanas mampu membakar lemak dalam tubuh sehingga lemak pun menjadi luruh.

  • Nanas mampu mencegah kanker

Nanas mengandung zat karsinogenik yang ampuh untuk melawan resiko kanker. zat ini melindungi sel sehat dari kerusakan dan dapat menyembuhkan sel-sel yang mudah rusak. Sel-sel rusak yang berlimpah dapat menyebabkan penuaan dini dan menimbulkan berbagai macam penyakit.

  • Nanas membantu kesehatan tulang

Mineral yang terkandung dalam nanas membantu mengembangkan tulang dan jaringan ikat menjadi kuat.

  • Nanas mencegah penggumpalan darah

Buah tropis ini selain dapat mencegah penggumpalan darah dan membantu produksi hemoglobin dalam tubuh. Selain itu nanas mengandung zat tembaga. Apabila tubuh kekurangan zat tembaga, maka menyebabkan osteoporosis, anemia, masalah tiroid, dan penurunan jumlah sel darah putih.

  • Nanas memperkuat gusi

Selain memperkuat tulang, mineral yang ada di dalam nanas dapat memperkuat gusi dan menjaga gigi Anda tetap sehat dan kuat.

  • Nanas memperbaiki penglihatan

Selain wortel, nanas juga mengandung betakaroten yang baik untuk meningkatkan kualitas penglihatan.

 

Selain itu, buah nanas juga dapat digunakan sebagai obat luka bakar atau gatal maupun bisul dengan cara menumbuk daun nanas sampai halus lalu ditempelkan pada luka ataupun yang tengah gatal. Satu hal lagi, mungkin banyak orang yang belum mengetahui bahkan tak mengerti jika buah nanas dapat digunakan sebagai penghilang ketombe.

Hal ini telah dilakukan oleh nenek moyang kita selama ratusan tahun, caranya hanyalah dengan mengupas kulitnya, lalu parut, peras, dan saring. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis dan aduk sampai rata. Gunakan ramuan ini untuk menggosok kulit kepala yang berketombe. Lakukan malam sebelum tidur. Keesokan paginya rambut dikeramas. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

Baca Juga :

 

 

Semoga Bermanfaat Indonewsers 🙂

Baca Juga