1000 Manfaat Buah Oyong Bagi Kesehatan

Aug 14 2015 - 2:24am admin indonews3

 Manfaat Buah Oyong Bagi Kesehatan

IndoNews.co.id – Oyong atau yang lebih terkenal dengan sebutan gambas ini memang terkenal akan rasanya yang lezat sebagai salah satu sayuran alternatif yang kaya akan gizi. Oyong atau gambas pada umumnya digunakan dalam sayur bening atau sop yang disajikan secara hangat.

Konon menurut orang tua jaman dahulu, selain kaya akan gizi oyong juga dipercaya mampu menyembuhkan beberapa penyakit serta dapat menurunkan panas tinggi ataupun demam.

Oyong sejatinya memiliki nama latin Luffa acutangula yang merupakan salah satu tumbuhan merambat. Oyong memang sangat baik dan bermanfaat  bagi kesehatan, hal ini wajar saja karena dalam oyong mengandung beberapa nutrisi seperti: Serat, vitamin dan mineral. Namun lain dengan tanaman gambas atau oyong ini. Meskipun kandungan seratnya setara dengan sayuran labu, ataupun dengan bayam, kandungan mineral dari gambas atau oyong ini tidak sebanyak sayur lainnya. Gambas atau oyong ini mengandung pro vitamin A, vitamin B, dan vitamin C dengan kadar rendah.

1000 Manfaat Buah Oyong Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Oyong Bagi Kesehatan

Selain mengandung serat, gambas atau oyong juga mengandung beberapa senyawa kimia yang baik bagi kesehatan seperti saponin triterpen, luffein, citruline, cucurbitacin dan sebagainya. Kandungan kalorinya juga rendah, rata-rata hanya 19 kalori per 100 gram, karena mengandung banyak air.

Berikut beberapa Manfaat Buah Oyong Bagi Kesehatan dan Cara Pengolahannya :

  • Buah Oyong Untuk Penyakit Asma

Ambil Oyong yang muda berserta tangkainya dan buatlah jus.Dan minumlah jus oyong ini 2 kali sehari secara teratur.

  • Buah Oyong Bisa Melancarkan Peredaran Darah

Ambil oyong 250 gram dan jamur kuping hitam 20 gram, masaklah sesuai selera dan masakan tersebut berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah.

  • Buah Oyong Bisa Memperbanyak Asi

Oyong sangat baik bagi ibu-ibu menyusui karenadapat memperbanyak ASI.Caranya setiap 6 gram bubuk oyong, dengan ½ gelas air panas, diminum 1-2 kali dalam sehari.

  • Buah Oyong Untuk Penyakit Radang Usus

Caranya: ambil oyong  yang sudah tua secukupnya. Pangganglah Oyong hingga kering dan tumbuklah hingga halus. Setiap 20 gram bubuk oyong diseduh dengan air panas ½ gelas dan minumlah 1-2 kali dalam sehari.

  • Buah Oyong Untuk Penyakit Radang Kelenjar Telinga

Ambil oyong 500 gram dipotong kecil-kecil dan sambiloto 50 gram, rebuslah kedua bahan ini dengan air 2 liter, biarkan hingga air rebusan tersisa 500 cc, dan minumlah 2-3 kali dalam sehari.

  • Biji Oyong Untuk Penyakit Cacingan

Biji oyong hitam 30 gram untuk anak-anak dan 40-50 gram untuk orang dewasa ditumbuk halus.seduhlah bubuk itu dengan air panas secukupnya.Minumlah 1 kali dalam sehari.

  • Buah Oyong Untuk Penyakit Radang Tenggorokan

Ambillah satu buah oyong yang masih muda dan buatlah jus lalu tambahkan juga Gulabatu yang telah dicairkan. Penggunaanya: minumlah 2-3 kali dalam sehari secara teratur.

  • Oyong Sebagai Obat Anti Diabetes

Sayur oyong tentu tak asing bagi masyarakat Indonesia.  Kandungan senyawa Cucurbitasin dalam biji oyong berperan dalam menurunkan gula darah. Beragam penelitian memang membuktikan senyawa yang terkandung pada anggota famili Cucurbitaceae ini sebagai Antidiabetes. Caranya : Potong oyong hingga kering dan tumbuklah hingga halus. Setiap 20 gram bubuk oyong diseduh air panas setengah gelas dan minumlah 1-2 kali sehari.

Itulah Beberapa Manfaat Buah Oyong Bagi Kesehatan Semoga Bermanfaat Indonewsers 🙂

Baca Juga