1000 Manfaat Dan Khasiat Buah Semangka Bagi Kesehatan

Aug 8 2015 - 12:30pm Indonews Coid

1000 Manfaat Dan Khasiat Buah Semangka Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

– Buah Tembikai atau yang lebih dikenal dengan Nama Semangka ini memiliki nama latin Citrullus Lanatus yang berarti ketimu-timunan atau Cucurbitaceae. Tanaman yang berasal dari daerah Semi gurun di benua Afrika ini identik dengan kadungan air yang melimpah nan segar. Tak khayal buah semangka menjadi buah favorit dalam Cuaca apapun, apalagi saat musim panas seperti ini.

Buah Semangka juga masih satu keluar dengan buah mentimun dan melon karena sama-sama tumbuhan merambat. Buah dengan ciri dagingnya yang berwarna merah dan kulitnya yang hijau, meskipun ada juga dagingya yang berwarna kuning.

Buah Semangka tak hanya sebagai pengusir dahaga saja melainkan banyak manfaat yang terkandung didalam buah tersebut. Meskipun memiliki banyak jenis dan bentuk namun manfaat dan nutrisi yang terkandung didalamnya tetaplah sama. Seperti yang diketahui buah ini memiliki kandungan Karbohidrat, Protein, Vitamin A, Vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, Vitami C, Kalsium, Zat Besi, Magnesium, Fosfor, Kalium, Zinc dan masih banyak lagi. Dengan kandungan nutrisi yang banyak diatas maka tidaklah heran jika buah yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, baik dari kesehatan maupun perawatan kecantikan.

Buah merupakan sumber vitamin, nutrisi, dan juga zat yang diperlukan tubuh. Ada banyak buah yang bisa kita manfaatkan untuk menambah Gizi kita. Selain itu, manfaat buah sendiri berbeda tergantung dari buah itu sendiri. Nah, kali ini saya akan sedikit mengulas manfaat buah Semangka yang sangat baik untuk tubuh anda.

1000 Manfaat Dan Khasiat Buah Semangka Bagi Kesehatan

Semangka atau watermelon adalah buah yang umumnya memiliki cita rasa manis, dan segar. Pada umumnya semangka memiliki daging berwara merah, dan memiliki banyak biji, tetapi kini juga banyak kita temukan semangka dengan warna kuning atau semangka tanpa biji. Keistimewaan lain dari buah berukuran besar ini adalah kulitnya yang tebal sehingga membuatnya sedikit lebih tahan jika terdesak oleh benda keras.

Tapi tahukah anda jika buah semangka juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita?

  • Mencegah Penyakit Diabetes

Seperti yang kita ketahui semangka adalah salah satu buah yang sangat kaya akan air. Hal tersebut dapat di manfaatkan bagi para penderita diabetes karena dengan begitu semangka dapat memberi rasa kenyang di tambah lagi semangka termasuk makanan rendah gula, dan kalori.

  • Mencegah Penyakit Kanker

Untuk mencegah penyakit kanker pada tubuh, maka kita di haruskan untuk mengkonsumsi makanan mengandung zat yang dapat memacu pertumbuhan, dan memperbaiki jaringan yang rusak. Di antara zat-zat yang dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak adalah zat lypocene yang dapat kita temukan pada buah semangka.

  • Menjaga Kesehatan Ginjal

Pada umumnya kesehatan ginjal dapat terganggu akibat kotoran atau racun yang terdapat pada ginjal. Untuk mengatasi hal tersebut dapat kita lakukan dengan cara banyak mengkonsumsi semangka karena buah semangka banyak mengandung Kalsium (Ca) yang dapat membersihkan ginjal.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat lain yang kita dapatkan dari buah semangka adalah dapat menurunkan tekanan darah berkat kandungan Kalium (K), dan Magnesium (Mg).

  • Menyehatkan Jantung

Menurut penelitian semangka merupakan salah satu buah penghasil likopen yang cukup banyak. Likopen juga mampu melindungi tubuh dari kolesterol jahat serta mencegah kerusakan sel tubuh yang di sebabkan oleh radikal bebas.

  • Menghindari Dehidrasi Atau Kekurangan Cairan

Dehidrasi di sebabkan oleh kandungan air yang kurang pada tubuh. Sedangkan semangka sendiri adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan air, sehingga mampu menghindari tubuh dari dehidrasi.

  •     Melindungi dari sinar Ultraviolet

Karena sebagian besar komposisi semangka adalah air dan serat, serta likopen maka buah ini sangat baik untuk menjaga kelembapan kulit. Semangka juga dapat melindungi kulit tubuh dari sinar UV. Karena kandungan likopen membantu kulit mengurangi penyerapan sinar UV dari matahari sebanyak 40%.

  • Atas cacing perut di sistem pencernaan

Biji dari buah semangka ternyata juga bermanfaat. Biji semangka ini dapat dihancurkan dan dikeringkan. Hasilnya bisa dijadikan sebagai teh. Teh biji semangka ini dapat membantu membunuh dan mengurangi cacing pita yang terdapat pada sistem pencernaan.

  •     Membuat kulit sehat berseri

Semangka kaya akan vitamin C dan A yang menjadi nutrisi baik bagi kulit. Memakan 2-3 potong buah semangka setiap hari memberikan manfaat baik bagi kulit. Asam amino yang terdapat dapat mengobati luka pada kulit dengan cepat.

Simak Isi Link Di Bawah Ini Untuk Materi Kesahatan Dan Kecantikan Lainya :

Semoga Bermanfaat Indonewsers 🙂
Baca Juga