1000 Manfaat dan Khasiat Kembang Semangkuk Bagi Kesehatan

Sep 20 2014 - 5:39pm admin indonews3

1000 Manfaat dan Khasiat Kembang Semangkuk Bagi Kesehatan – IndoNews.co.id – Khasiat dan Manfaat Kembang Semangkuk Bagi Kesehatan. Nama tanaman yang satu ini memang begitu asing ditelinga, Ya tanaman yang memiliki nama latin scaphium marcopodum sejatinya merupakan tanaman liar yang tumbuh dihutan dan berasal dari pohon berjenis balak. Baca ini : manfaat daun semanggi

Tanaman semangkuk sendiri sebenarnya memiliki dua jenis yang dibedakan dari bentuk daunnya sajaa yakni semangkuk bulan dan semangkuk jantung. Namun siapa sangka jika tumbuhan liar ini ternyata memiliki khasiat dan manfaat yang cukup besar bagi kesehatan tubuh manusia. Tak hanya digunakan sebagai alternatif pengobatan saja ternyata bunga semangkuk juga memiliki rasa yang nikmat untuk disantap, tak heran jika sebagian masyarakat juga mengkonsumsi bunga yang satu ini karena memang rasanya yang sangat nikmat.

Tak hanya dikonsumsi saja sebagai baha makanan, namun buah dan kembang semangkuk paling popular dijadikan bahan dalam minuman lai chi kang dan airbatu campur. Scaphium macropodum dan scaphium lychnophorum menghasilkan jeli yang terbaik dalam spesis scapium. Buah kembang semangkuk yang direndam di dalam air dan diminum serta dimakan buahnya dipercayai boleh menurunkan panas badan(ketika demam). Air rendaman buah kembang semangkuk ini juga dapat digunakan untuk merawat asma, pendarahan hidung, melawaskan pembuangan air besar, masalah kulit, sakit mata, sakit gigi, kecacingan di kalangan kanak-kanak dan cirit birit.

Khasiat dan Manfaat Kembang Semangkuk Bagi Kesehatan

Kembang Semangkuk

Tak heran jika tanaman yang satu ini tak hanya digemari sebagai konsumsi namun juga sebagai obat herbal karena dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti :

  • Mengobati Rawat batuk kering dan pendarahan rahim

Cara Pengobataanya : Biji kembang semangkuk mengandungi lebih kurang 60% basorin (bahan gam atau musilaj). Kulit biji yang kering lazimnya mengandungi 4.5% protein, 24% pentosan dan 40% karbohidrat. Selalunya biji kembang semangkuk akan direndam dalam air dan dicampurkan air gula lalu dijadikan minuman.

  • Menurunkan demam

Selain sedap diminum, biji kembang semangkuk juga dikatakan mempunyai khasiat ubatan yang tertentu. Biji kembang semangkuk dikatakan boleh direndam dalam air dan tisu buah yang kembang berwarna coklat diminum bersama air. Ia boleh digunakan bersama biji selasih dan getah anggur yang mempunyai kesan yang sama.

Ramuan ini dikatakan mampu dijadikan sebagai ubat untuk merawat asma, batuk kering, buasir, pelbagai jenis demam panas, pendarahan (hidung, perut, usus atau pundi kencing), penawar racun, melawaskan pembuangan air besar, merawat masalah kulit yang terlampau terdedah kepada cahaya matahari, masalah ginjal, sakit mata, sakit gigi, cacing dalam perut dan usus, cirit-birit dan disenteri. Bijinya juga dikatakan boleh dibuat teh herba untuk merawat bronkitis dan juga dijadikan ubat luaran, selalunya air rendaman kembang semangkuk perlu diembunkan semalaman sebelum diminum.

Berikut Artikel Penting Kesehatan Juga :

Semoga Artikel Khasiat dan Manfaat Kembang Semangkuk Bagi Kesehatan Bermanfaat Indonewsers  🙂

Baca Juga