1000 Manfaat dan Khasiat Mondokaki Bagi Kesehatan

Oct 23 2014 - 1:13pm admin indonews3

IndoNews.co.id – Manfaat dan Khasiat Mondokaki Bagi Kesehatan. Pernah dengar mondokaki ? Mungkin bagi sebagian pembaca akan sedikit merasa asing dengan nama tersebut tanpa melihat gambar yang sesungguhnya. Ya tanaman yang satu ini sebenarnya sering kita jumpai di samping atau depan rumah dan pada umumnya digunakan sebagai tanaman hias atau pagar.

Ciri utama dari tanaman ini adalah berbunga dengan warna putih dan memiliki aroma seperti bunga kopi yang harum. Batangnya mengandung getah. Mondokaki memiliki daun yang berbentuk bulat telur dan agak tebal. Tepi daun rata dengan ujung dan pangkal yang runcing serta permukaan atas yang licin dan mengkilap.

Tanaman Mondokaki sejatinya memiliki nama latin Ervatamia divaricata (L.) Burk, selain itu Mondokaki juga memiliki nama lain sesuai daerah masing-masing. Pada umumnya mondokaki lebih akrab dengan nama bunga wari, kembang mantega, kembang susu, bunga manila, bunga nyingin.

 

Manfaat dan Khasiat Mondokaki Bagi Kesehatan

Tanaman Mondokaki

1000 Manfaat dan Khasiat Mondokaki Bagi Kesehatan

Namun dibali itu semua ternyata mondokaki menyimpan sederet khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan, mondokaki terbukti memiliki kandungan alkaloid dan resin sedangkan kulit kayu dan akar mengandung tabernaemontanin, koronarin, koronandin, dregamin, vobasin, amirin, korin, kortin, dan lipeol.

Simak Juga :

Mondokaki pada umumnya memiliki rasas asam, dan bersifat menyejuk. Oleh karena itu, banyak orang dahulu menggunakan mondokaki ini sebagai obat untuk penawar racun (antitoksik), pereda demam (antipirektik), pereda nyeri (analgesic), antiradang, menurunkan tekanan darah (hipotensi), peluruh dahak (ekspektoran), dan peluruh cacing usus (anthelmintik).

Daun Mondokaki pada umumnya lebih digunakan sebagai alternatif obat. Berikut beberapa manfaat dan khasiat mondokaki bagi kesehatan beserta cara pengolahannya :

  • Radang payudara (mastitis)

Siapkan dalam bentuk bahan segar daun mondokaki (10 lembar) dan daun dewa (10 lembar), serta setengah genggam beras yang telah direndam selama 15 menit. Cuci bersih semua bahan, lalu giling sampai halus. Tambahkan dua sendok makan air garam sambil diaduk merata. Gunakan ramuan ini untuk menurap payudara yang sakit, lalu balut. Lakukan dua kali sehari sampai sembuh.

  • Radang mata, katarak stadium dini, penglihatan terganggu

cuci bersih daun segar secukupnya, lalu bilas dengan air masak. Tumbuk sampai halus, lalu peras dan saring dengan sepotong kasa steril. Air perasannya dapat menyejukan jika diteteskan pada mata yang sakit.

  • Batuk berdahak

siapkan bahan segar daun mondokaki (10 lembar), daun jinten (coleus amboinicus) ( 7 lembar), dan daun sambiloto ( andrographis paniculata) (10 lembar). Cuci semua bahan, lalu rebus dengan tiga gelas sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus pada pagi hari sebelum makan. Rebus ampasnya sekali lagi dan minum pada sore hari. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

  • Diare

Cuci akar mondokaki (10-15 g), lalu iris tipis-tipis. Rebus dengan tiga gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring dan minum sedikit demi sedikit. Sakit gigi Cuci bersih akar secukupnya, kunyah dengan gigi yang sakit, lalu buang ampasnya. Lakukan 3-4 kali dalam sehari.

  • Batu Ginjal

Siapkan irisan tipis akar mondokaki (15 g), herba tempuyung (sonchus arvensis) (60 g), dan daun kumis kucing (orthosiphon spicatus) (90 g). Cuci semua bahan segar, lalu rebusan dengan tiga gelas air sampai tertersisa satu gelas. Setelah dingin, saring dan minum airnya sekaligus paga pagi hari sebelum makan. Rebus ampasnya sekali lagi dan minum sore hari. Lanjutkan setiap hari sampai batunya bersih.

Baca Juga : Manfaat Tanaman Jintan Putih Bagi Kesehatan

Semoga Bermanfaat Indonewsers 🙂

Baca Juga