1000 Manfaat Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan

Jan 30 2015 - 11:01pm admin indonews2

1000 Manfaat Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan – Jambu biji merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak di pelihara perorangan di Indonesia. Hal tersebut di karenakan jambu biji memiliki buah yang manis serta pohonnya mudah tumbuh. Untuk menanam pohon yang satu ini cara yang paling mudah dapat kita lakukan dengan cara mencangkoknya.

Manfaat Daun Jambu Biji

http://www.indonews.co.id/ Tetapi selain memiliki buah yang enak ternyata bagian lain dari pohon jambu biji yaitu daunnya ternyata juga memiliki manfaat yang cukup banyak. Jika biasanya daun jambu biji hanya untuk obat diare, ternyata ada manfaat daun jambu biji lain yang bisa kita dapatkan. Nah, apa saja manfaatnya?

Mari kita simak informasi berikut ini. Manfaat Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan.

1. Sebagai Antioksidan

Daun jambu biji memiliki banyak kandungan flavonoid, polifenol, karoten dan tannin yang berfungsi sebagai zat anti oksidan yang dapat menjaga kesehatan tubuh.

2. Kembung Pada Anak-Anak

Petik 3 lembar daun jambu biji yang masih muda dan segar, rebus dengan 2 cangkir air bersama 1/2 jari kulit batang pulosari dan 5 butir adas, rebus hingga air tinggal 1 cangkir, sebelum diminum sebaiknya air di saring. Anak berumur 3tahun dapat diberi cairan ini sehari 3 kali, sebanyak 2 sendok makan, anak yang lebih tua diberi sehari 1 cangkir.

3. Diare Dan Disentri

Untuk manfaat yang satu ini rasanya orang-orang yang menetap di pulau jawa rasanya sudah tidak asing lagi. Banyak dari kita yang menggunakan daun jambu muda saat mengalami sakit diare. Untuk dapat menyembuhkan penyakit diare ambilah daun jambu yang masih muda kemudian cuci hingga bersih. Langkah selanjutnya yang di lakukan adalah anda dapat memakan secara langsung atau jika anda tidak suka rasanya yang sangat pahit dapat anda tambah dengan garam dapur.

4. Mencegah Infeksi Luka Luar

Daun jambu biji memiliki kandungan anti bakteri yang berfungsi mencegah infeksi serta zat steroid yang dapat mempercepat proses penyembuhan pada luka luar. Untuk dapat menyembuhkan luka luar dapat di lakukan dengan cara tumbuk daun jambu biji kemudian oleskan pada bagian kulit yang terluka.

5. Menghilangkan Jerawat

Jerawat merupakan masalah yang umumnya di alami oleh para remaja. Untuk mengatasinya dapat di lakukan dengan cara cuci daun jambu biji yang masih muda kemudian blender dengan air hingga menjadi cair kemudian gosokan pada wajah anda.

6. Daun Jambu Biji Untuk demam berdarah

Gunakan 5 lembar daun jambu biji, kemudian rebus dengan air sebanyak 1,1/2 gelas, saring dan minum ramuan tersebut dalam waktu 4 jam sekali hingga sembuh.

7. Daun Jambu Biji Untuk Menurunkan kadar kolesterol

Ambil 7 lembar daun jambu biji yang masih segar, tambahkan 2 genggam dau ceremai dan 10 lembar daun sirih, cuci bahan-bahan tersebut sampai bersih, lalu rebus dengan air sebanyak 3 gelas hingga tersisa separuhnya. Minum air rebusan tersebut 1/2 gelas dipagi hari, dan 1/2 gelas malam hari.

8. Daun Jambu Biji Untuk Bagi Diabetes

Dengan meminum seduhan daun jambu biji dapat menghambat enzim alpha-glukosidase. Pengendalian kadar gula darah penting untuk orang penderita diabetes atau prediabetes sehingga tidak menimbulkan komplikasi.

9. Daun Jambu Biji Untuk Mencegah infeksi luka luar

Ambil 5 lembar daun jambu biji yang masih segar, lalu tumbuk hingga halus, kemudian lumatkan atu balurkan pada bagin kulit yang luka atau ifeksi.

10. Daun Jambu Biji Untuk Obat masuk angin

Sediakan 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 1 buah cabai merah, 3 buah asam, 1 potong gula merah, dan garam secukupnya. Rebus semua bahan tersebut bersama 1 liter air. Setelah mendidih, saring dan konsumsi airnya setelah dingin sebanyak 2 kali sehari.

11. Daun Jambu Biji Untuk Obat maag

Siapkan 8 lembar daun jambu biji segar yang telah dicuci bersih, lalu rebus dengan 1 1/2 gelas air hingga mendidih. Saring air rebusan tersebut setelah dingin, kemudian konsumsi tiga kali sehari.

12. Daun Jambu Biji Untuk Obat sariawan

Ambil 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu bij, rebus bahan tersebut dengan 2 gelas air hingga mendidih. Saring untuk diambil airnya, dan konsumsi sebanyak 2 kali sehari.

13. Daun Jambu Biji Untuk Keputihan.

Ambil 2 genggam daun jambu biji yang muda yang masih segar dan 7 helai daun sirih dicuci, rebus dengan segelas air, saring. Tunggu agak dingin lalu minum. Cukup untuk diminum 2 kali sehari.

14. Daun Jambu Biji Untuk Ambeien.

Daun jambu biji muda atau pucuknya, kemudian 1 buah pisang batu, keduanya dicuci sampai bersih, lalu ditumbuk. Minum air perasannya. Lakukan setiap hari secara teratur, sampai benar-benar sembuh.

15. Daun Jambu Biji Untuk Kembung pada anak-anak.

Gunakan 3 lembar daun jambu biji yang masih muda dan segar, rebus dengan 2 cangkir air bersama 1/2 jari kulit batang pulosari dan 5 butir adas, sampai airnya tinggal 1 cangkir, saring, lalu diminum. Untuk anak berumur 3 tahun dapat diberi 3 kali sehari sebanyak 2 sendok makan, sedangkan yang lebih tua diberi 1 cangkir sehari.

16. Daun Jambu Biji Untuk Sakit Prolapsisani (Radang Usus Besar).

Ambil 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya.

Demikian Ulasan Tentang 1000 Manfaat Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers 😀

Baca Juga