1000 Manfaat Daun Kemuning Bagi Kesehatan

Nov 11 2014 - 6:58am admin indonews3

IndoNews.co.id1000 Manfaat Daun Kemuning Bagi Kesehatan – Kemuning adalah tanaman pagar yang mempunyai nama lain  Murraya paniculata mempunya peran penting dalam pengobatan tradisional keluarga indonesia. Kemuning merupakan tumbuhan tropis yang tinggi nya kurang lebih mencapai 7 meter, dan tumbuhan ini berbunga hingga sepanjang tahun.

Kemuning mempunyai daun serupa dengan daun jeruk, Cuma daun kemuning sedikit lebih kecil dibandingkan daun jeruk umum nya. Tanaman ini sering digunakan sebagai tanaman hias atau tanaman pagar, karena kemuning mempunyai bunga yang harum, petal 12-18 mm, panjang, putih, dan sekilas mirip dengan bunga melati, kemuning mempunyai buah  yang berwarna merah sampai orange jika sudah matang.

Manfaat Daun Kemuning Bagi Kesehatan

Daun Kemuning

Kandungan yang dimiliki daun kemuning yaitu :

Daun kemuning mempunyai rasa pedas, pahit, dan bersifat hangat.

Kandungan kimia yang terdapat pada daun kemuning cadinene, methyl-anthranilate, bisabolene, P-earyophyllene, geraniol, carene-3, eugenol, citronellol, methyl-salicylate, s-guaiazulene, osthole, paniculatin, tanin, dan coumurrayin.

Hasil penelitian:

Infuse daun kemuning dengan dosis 1.000 mg serbuk/kg bb mencit albino pada percobaan analgesic dengan bahan pembanding asetosal 52 mg/kg bb, memberikan efek analgesik (Pudjiastuti, dan lain – lain ., Cermin Dunia Kedokteran No.59, 1989).

Infuse  daun  kemuning  dengan  dosis 210 mg, 420 mg dan 840 mgl 200 g bb diberikan  per oral pada  tikus sesaat  sebelum penyuntikan   0,2 ml larutan  karagnin  1 % dalam  NACI fisiologis secara  subplantar (zat pembuat udern buatan).

Pada infus daun kemuning  dengan dosis 840 mg/200 g bb menunjukkan efek anti-inflamasi mendekati natrium diklofenak dengan dosis  8 mg/200 g bb yang digunakan sebagai pembanding (Farida Ibrahim, Jubeini, Katrin, Rosrini, Jurusan Farmasi FMIPA Ul – warta Perhipba No.Lllll, Jan-Maret 1995).

Infuse daun kemuning  10%, 20%, 30%, 40% sebanyak  0,5 ml pada  mencit dapat  menurunkan berat badan secara bermakna (Ika Murni Sugiarti, Jurusan Biologi FMIPA UNAIR, 1990).

Manfaat tanaman  kemuning untuk kesehatan manusia, yaitu :

  1. Keputihan
  2. Infeksi saluran kencing
  3. Sakit gigi
  4. Pelangsing tubuh
  5. Menurunkan lemak yang berlebihan
  6. Kulit kasar
  7. Kencing nanah
  8. Luka jatuh
  9. Keseleo
  10. Gatal –  gatal
  11. Rematik
  12. Batu ginjal
  13. Bisul
  14. Koreng
  15. Gigitan serangga dan bisah ular

 

Ada sedikit cara penggunaan tanaman kemuning untuk menjadi ramuan yang ampuh untuk kesehatan, yaitu :

  • Kemuning sebagai obat sakit gigi

Minyak yang terdapat dari kulit kemuning yang sudah dibakar lalu teteskan di atas permukaan kapas. Masukan ke gigi yang mengalami sakit atau berlubang. Setelah itu baru ke dokter gigi untuk menanganan selanjut nya.

  • Tanaman kemuning untuk melangsingkan badan.

Untuk para wanita khusus nya yang bingung menurunkan berat badan anda, anda dapat mengambil beberapa daun kemuning yang, cuci bersih daun kemuning tersebut. Jika sudah di cuci potong – potong daun hingga beberapa bagian, lalu rebus dengan 3 gelas air. Rebus hingga menjadi 1 ½  sampai 2 gelas, saring air rebusan tersebut dan bagi menjadi 3 bagian. Diminum pagi, siang, dan malam. Lakukan secara rutin jika ingin hasil yang maksimal.

  • Mengobati bisul

Anda dapat menggunakan akar kemuning yang kering sebanyak kurang lebih 30 gram, cuci dan potong potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa sepertinganya. setelah dingin, saring lalu minum dua kali sehari dan masing masing ½ gelas.

Baca Selengkapnya Artikel Kesehatan Lain :

Semoga Bermanfaat Indonewsers 🙂

Baca Juga