1000 Manfaat & Khasiat Bunga Kembang Sepatu Bagi Kesehatan

Nov 25 2014 - 12:17am admin indonews3

1000 Manfaat & Khasiat Bunga Kembang Sepatu Bagi KesehatanIndoNews.co.id – Manfaat Kembang Sepatu Bagi Kesehatan. Masih seputar bunga, kali ini kita akan sedikit mengulas mengenai kembang sepatu. Ya bunga yang satu ini memang cukup tenar dikalangan para pecinta tanaman hias. Bunga sepatu memang memiliki keunikan tersendiri dibanding bunga-bunga yang lain yakni terutama dari sisi bentuk.

Kembang sepatu sejatinya memiliki nama latin Hibiscus rosa-sinensis L, dan mungkin bagi sebagian orang mempercayai dan bahkan sering mengkonsumsi kembang sepatu ini sebagai obat herbal tradisional dalam menyembuhkan beberapa penyakit. Ya siapa yang mengira jika tanaman hias yang cantik ini ternyata juga memiliki khasiat tersendiri bagi kesehatan.

Menurut beberapa penelitian yang telah mengkaji mengenai kandungan dari kembang sepatu ini terbukti memiliki kandungan yang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Hampir semua bagian dari bunga sepatu, yaitu daun, bunga, dan kelopak bunga mempunyai manfaat bagi kesehatan.

Misalnya kelopak bunga sepatu yang mengandung gossy peptin anthocyanin dan glucoside hibiscin yang mempunyai efek diuretic dan choleretic, memperlancar peredaran darah, mencegah tekanan darah tinggi, serta berfungsi sebagai tonik (obat kuat). Kelopak bunga sepatu mengandung asam amino, vitamin A, vitamin C, protein dan kalsium. Asam amino pada hibiscus berjumlah sekitar 18, misalnya arginin dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh.

Manfaat Kembang Sepatu Bagi Kesehatan

Kembang Sepatu

Dari sekian banyak kandungan nutrisi dari bunga sepatu, pantas saja jika bunga yang satu ini memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh kita.

Berikut beberapa manfaat bunga kembang sepatu bagi kesehatan :

 

1. Obat alami untuk pilek, flu batuk, serta demam. Teh herbal ini bisa menyembuhkan flu serta demam yang tengah anda derita.

2. Teh kembang sepatu kurangi sensasi terbakar didalam tubuh wanita sebagai sinyal awal menopause. Wanita juga bisa nikmati faedah kesehatan dari teh herbal ini sesudah menopause. Teh ini bisa berikan dampak yang menenangkan dan mendinginkan tubuh.

3. Kaya dapat antioksidan. Teh kembang sepatu bisa kurangi tekanan darah tinggi serta kandungan kolesterol jahat didalam tubuh.

4. Kembang sepatu juga dikenal sebagai penambah daya lho. Bunga-bunga berwarna merah adalah sumber yang kaya dapat Vit. c, yang bisa menaikkan metabolisme serta daya tubuh.

5. Penurun kolesterol jahat. Sesuatu studi yang dikerjakan oleh beberapa ilmuwan di chung shan medical university di taiwan mendapatkan bahwa kandungan antioksidan didalam kembang sepatu bisa kurangi kandungan kolesterol serta trigliserida didalam tubuh.

6. Kembang sepatu yaitu obat alami untuk hipertensi. Teh herbal ini bisa kurangi tekanan darah tinggi yang dengan otomatis turunkan tingkat stres serta hipertensi.

7. Kembang sepatu juga tergolong makanan yang bergizi dikarenakan jadi sumber makanan yang kaya dapat Vit. C, mineral, serta antioksidan. Nutrisi tersebut juga bisa membuat perlindungan tubuh dari infeksi saluran pernapasan.

8. Apalagi, keluhan umum layaknya sakit tenggorokan serta batuk dapat sembuh dengan minum teh herbal ini.

9. Menangani rambut rontok. mengonsumsi teh kembang sepatu dengan teratur juga bisa menghindar rambut rontok. Tetapi, anda juga dapat memakainya sebagai bahan masker rambut. Rebus kembang sepatu serta lantas bersihkan air rebusan tersebut pada rambut. Langkah ini menolong menyembuhkan rambut rontok.

10. Kembang sepatu juga kerap dipakai sebagai obat alami untuk jerawat. Bila anda pingin melawan jerawat, rendam kembang sepatu didalam air sepanjang sebagian jam serta lantas haluskan jadi pasta. Campur dengan madu serta berikan pada kulit yang berjerawat.

 

Semoga Artkel Manfaat Dan Khasiat Bunga Kembang Sepatu Bagi Kesehatan Bermanfaat Indonewsers 🙂

Baca Juga