1000 Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Dan Ibu Hamil

Jul 26 2015 - 12:01am admin indonews

1000 Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Dan Ibu Hamil

– IndoNews.co.id – Buah kurma atau dalam bahasa latinnya bernama “Phoenix dactylifera”, merupakan makanan pokok bagi bangsa timur tengah sejak ribuan tahun lalu. Di Indonesia buah kurma identik dengan moment-moment tertentu seperti saat ini yakni puasa ramadhan. Buah kurma umumnya menjadi sajian utama saat berbuka, sehingga buah mungil ini memang menjadi buah yang paling banyak dicari dalam moment ini.

Buah kurma bisa dikatakan menjadi makanan wajib bagi sebagian besar umat yang tengah menjalankan ibadah puasa. Para ilmuwan dan pihak kedokteranpun juga turut menyarankan buah ini sebagai sajian pembuka puasa. Makan kurma ketika waktu buka puasa tiba bukan saja karena dicontohkan oleh Nabi Besar Muhammad SAW, Rasulullah akan berbuka puasa dengan buah kurma segar yang telah masak sebelum kemudian melanjutkan dengan sholat. Jika kurma segar tidak tersedia, Beliau akan makan kurma kering. Jika kurma kering juga tidak tersedia, maka Beliau akan meminum air. Lalu apa sebenarnya yang terkandung didalam buah kurma?

Berdasarkan Penelitian oleh pakar kandungan nutrisi, Buah Kurma memiliki kandungan gula alami yang tinggi dalam buah ini dapat dengan cepat diserap oleh hati yang kemudian dirubah menjadi energi. Mengganti energi tubuh yang terkuras selama berpuasa adalah hal utama yang harus diperhatikan. Seperti yang diketahui umat muslim memerlukan pasokan energi yang cepat setelah berpuasa seharian untuk kemudian melakukan shalat maghrib, selain itu tubuh juga memerlukan energi untuk dapat mencerna makanan yang masuk ke tubuh.

1000 Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Dan Ibu Hamil

Buah Kurma memiliki kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita seperti: Kalori, Protein, Vitamin A, B6, Kalium, Glukosa, Asam Folat, Zat Besi, Natrium, Magnesium, dll. Maka tak heran jika Rasulullah SAW mengajurkan kita memakan buah kurma dan bahkan para pakar kesehatanpun juga turut menganjurkan, karena kandungan nutrisi mampu memberikan banyak sekali manfaat untuk tubuh kita.

Berikut Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Dan Ibu Hamil

 

  • Mencegah Menyakit Stroke dan Menyehatkan Jantung

Pada dasarnya buah kurma memiliki kandungan kalium yang sangat dibutuhkan tubuh kita, alium memegang peran kunci untuk kesehatan jantung dan pencegahan penyakit stroke. Tak hanya itu saja, bahaya dari kurangnya asupan kalium dalam tubuh dapat mengakibatkan rasa lelah, lemah, mudah kram, dan bahkan meningkatkan resiko batu ginjal.

  • Melancarkan Sistem Pencernaan Pada Tubuh

Bagi yang tengah menjalankan ibadah puasa, asupan serat memang sangat diperlukan untuk tetap menjaga sistem perncernaan kita agar tetap sehat dan lambung yang baik. Buah kurma merupakan sumber serat alami yang penting bagi sistem pencernaan. Kurma akan menjaga lambung dan sistem pencernaan dari gangguan bakteri dan parasit.

  • Menjadi Pengganti Lemak

Buah kurma yang mempunyai kandungan lemak yang tidak terlalu signifikan dapat dijadikan sebagai pengganti. Sebagai informasi, tekstur lembut dan sensasi makanan yang meleleh dalam mulut pada makanan yang dipanggang adalah karena kandungan lemak yang melapisi tepung.

  • Menjaga Kesehatan Mata Karena Buah kurma mengandung vitamin A yang mempunyai unsur Fiber atau serat di dalamnya.
  • Membantu Program Diet Fakta Bahwa Kurma Mengandung banyak energi sehingga kita tidak perlu khawati saat sedang melakukan diet.
  • Mencegah Osteoporosis karena buah kurma banyak mengandung kalsium di dalamnya.
  • Mencegah Anemia karena buah kurma mengandung zat besi yang bisa membantu produksi haemoglobin dan melancarkan peredaran sel darah merah ke seluruh tubuh. sehngga buah kurma ini sangat baik untuk ibu hamil.
  • Sebagai Sumber Energi Pada Tubuh Kita karena mengandung Glukosa dan fruktosa yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita.
  • Untuk Kesehatan Rambut karena kurma mengandung vitamin B5 yang ada di dalamnya berfungsi untuk menyehatkan rambut dan Merawat akar rambut.
  • Memperlancar Persalinan dan ASI karena buah kurma mengandung Hormone Oksitosin yang baik untuk ibu hamil dan menyusui.
  • Untuk Pertumbuhan Tulang dan Gigi Pada Janin karena buah kurma mengandung Nutrisi Kalium.
  • Mencegah Kanker Usus Besar karena buah kurma banyak sekali mengandung serat yang dapat membantu selaput lendir usus dan menetralisir bahan kimia sehingga dapat mencegah penyakit kanker usus besar.

 

Semoga Pembahasan mengenai 1000 Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Dan Ibu Hamil Bermanfaat indonewsers 🙂

Baca Juga