1000 Manfaat Lari Pagi Bagi Tubuh Agar Lebih Sehat

Feb 8 2015 - 4:05pm admin indonews2

1000 Manfaat Lari Pagi Bagi Tubuh Agar Lebih Sehat – Lari pagi merupakan salah satu aktivitas yang banyak di lakukan oleh orang-orang di seluruh dunia. Hal tersebut di karenakan lari pagi sendiri memiliki banyak manfaat bagi bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat Lari Pagi

Beberapa studi sendiri menyebutkan ada beberapa manfaat yang bisa anda manfaatkan ketika lari pagi. Salah satunya adalah menguatkan jantung anda. Namun perlu diingat, tidak semua orang dapat melakukan lari pagi secara lama dan rutin. Karena jika anda terlalu lama atau berlebihan, akan berakibat yang kurang baik untuk tubuh anda, seperti penurunan kesehatan karena kecapaian. Nah, dibawah ini adalah beberapa manfaat lari pagi untuk tubuh anda.

1. Membakar Lemak Pada Tubuh

Lari pagi dapat berfungsi untuk membakar lemak, dan menjaga agar tubuh tetap ideal. Karena lari pagi dapat membakar kalori dan dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh. Di sarankan bagi anda yang ingin kurus untuk melakukan lari pagi secara teratur karena hal ini akan berfungsi lebih efektif.

2. Mencegah Penyakit Rematik

Dengan melakukan lari pagi kaki tubuh kita akan aktif bergerak yang berfungsi untuk mencegah penyakit rematik yang di sebabkan oleh kurangnya aktivitas otot pada tubuh.

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Pada saat kita tertidur nyenyak proses metabolisme pada tubuh akan berlangsung lebih lambat. Untuk memulai proses metabolisme dapat di lakukan dengan lari pagi karena hal tersebut dapat meningkatkan tingkat metabolisme pada tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung manusia akan berfungsi optimal jika sering di latih secara teratur. Jika jarang berolahraga jantung pada manusia akan lebih cepat lelah jika di bandingkan dengan jantung milik orang yang selalu berolahraga. Selain itu lari pagi juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh Anda sehingga dapat membantu anda terhindar dari penyakit serangan jantung.

5. Menghindari Disfungsi Seksual

Menurut penelitian kebanyakan pria yang minimal melakukan lari 5 jam selama seminggu dapat terhindar dari masalah disfunsi seksual

6. Meredakan Stress

Dengan berlari kita akan bergerak, dan berada di tempat yang berbeda pada setiap detiknya. Hal tersebut dapat membuat kita menjadi tidak bosan dengan apa yang kita lihat.

7. Meningkatkan Konsentrasi

Selain beberapa manfaat di atas ternyata lari pagi juga berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi. Karena pada saat berlari secara tidak langsung kita akan berlatih untuk meningkatkan konsentrasi dengan cara fokus pada arah jalan yang ingin kita tuju.

8. Lari Pagi Membuat Bernafas Lebih Lega

Penelitian yang dilakukan kepada pengidap asma yang diminta untuk melakukan olahraga lari dan olahraga kekuatan dalam seminggu secara bergantian, setelah 3 bulan, berhasil mengurangi serangan asmanya. Para responden mengaku bernapas lebih lega dan imun tubuh lebih kuat.

9. Lari Pagi Dapat Menguatkan Tulang

Masa tulang para pelari ternyata lebih baik dari atlet aerobik lainnya, demikian diungkapkan oleh University of Missouri. Para peneliti membandingkan kepadatan tulang para pelari dengan pesepeda. Ada sebanyak 63 persen pesepeda yang memiliki masa tulang yang jelek, sedangkan pelari hanya 19 persen.

10. Lari Pagi Dapat Membuat Tidur Lebih Lelap

Para insomnia yang diminta untuk berlari, ternyata berhasil mempercepat waktu tidurnya hingga 17 menit dibanding saat mereka tidak berlari. Plus mereka tidur lebih lelap, bahkan sehari setelah berlari.

Demikian Ulasan Tentang 1000 Manfaat Lari Pagi Bagi Tubuh Agar Lebih Sehat Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers 😀

Baca Juga