1000 Manfaat Wijen Bagi Kesehatan

Oct 24 2014 - 4:14am admin indonews2

1000 Manfaat Wijen Bagi Kesehatan – Wijen adalah salah satu bahan pelengkap dalam pembuatan kue. Dalam beberapa jenis kue tanpa wijen memberikan rasa yang aneh. Diantaranya adalah keciput dan jenang kudus. Dua jenis kue ini sangat membutuhkan kue untuk mendapatkan rasa yang pas di lidah.

Manfaat Wijen

Dalam dunia kesehatan wijen mampu berperan dalam pencegahan maupun pengobatan herbal. Dalam langkah pencegahan, wijen bermanfaat untuk mencegah :

– Kerontokan rambut
– Penuaan pada perempuan
– Tumbuhnya kanker
– Penyakit degenaratif
– Rambut beruban
– Stroke
– hipertensi

Dalam penyembuhan wijen mampu menyembuhkan batuk, katarak, sakit perut, sakit kepala, kencing nanah, kencing manis, sembelit, reumatik dan luka-luka. Hal itu dikarenakan nutrisi yang terkandung dalam wijen.

Kandungan nutrisi dalam wijen adalah gliserida (asam oleat, lineat, palmitat, stearat, miristirat), sesamin, sesamolin, sesamol, lignans, pedalins, planteose, sitokrom, pantrosa, vitamin A, vitamin B, vitamin E dan filosterol. Filosterol yang terkandung dalam wijen mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Bukan hanya biji wijen, minyak wijen juga bermanfaat untuk kesehatan. Ada yang memanfaatkannya sebagai obat dan juga sebagai alternatif. Beberapa manfaat dan khasiat minyak wijen antara lain  adalah :

1. antibakteri : ketika kulit terluka dan darah keluar hal yang perlu dilakukan adalah dengan membersihkan darah kemudian mengoleskan cairan antibakteri pada kulit yang terluka. Minyak wijen juga berfungsi sebagai cairan antibakteri.

2. Mencegah kanker : kanker merupakan penyakit mematikan yang belum ditemukan obatnya. Tapi dengan mengonsumsi minyak wijen kita bisa mencegah tumbuhnya kanker dalam tubuh kita.

3. Antioksidan : mengoleskan minyak wijen pada wajah anda bisa menjadikan kulit wajah anda menjadi lebih muda karena minyak wijen mengandung antioksidan yang tinggi yangmampu menangkal radikal bebas.

4. Efek penenang : jika perasaan sedang amburadul banyak hal yang dilakukan untukmenghilangkan perasaan yang sedang kacau tersebut. Salah satu cara untuk menghilangkannya adalah dengan relaksasai pada wajah dan tubuh. Penggunaan minyak wijen dalam pemijatan mampu mengendorkan kontraksi otot yang membuat wajah anda menjadi segar hingga akhirnya rasa kacau akan hilang.

5. Perlindungan kulit : sinar matahari yang semakin ganas mampu merusak kulit anda secara terus menerus jika tidak dilindungi dengan cairan apapun. Dengan minyak wijen mampu melindungi kulit dari sengatan matahari dan menjadikan kulit anda terbebas dari iritasi, flek hitam, kemerahan.

Semoga Bermanfaat Indonewsers 🙂

Baca Juga