1001 Khasiat Tumbuhan Sidaguri Bagi Kesehatan

Mar 17 2015 - 12:30am Indonews Coid

1001 Khasiat Tumbuhan Sidaguri Bagi Kesehatan – Dalam Dunia Pengobatan banyak tumbuhan herba yang dapat di gunakan dalam pengobatan secara tradisional. salah satunya adalah tumbuhan yang di sebut dengan sidaguri terdapat kandungan zat yang bermanfaat untuk kesehatan dan khasiat tanaman ini juga di kenal luar biasa.

Manfaat Tumbuhan Sidaguri

Manfaat Tumbuhan Sidaguri

Deskripsi tumbuhan sidaguri

Ciri tanaman ini adalah tinggi 2 M, batang bercabang, banyak bulu-bulu kecil yang rapat tumbuh di batang dan daun. Memiliki Warna putih-hijau. Mempunyai Daunnya tunggal, letaknya berseling, tepinya bergerigi, ujungnya runcing dengan bulu yang rapat, dengan pertulangan menyirip.

Bagian bawah daun tumbuh bulu pendek dengan warna abu-abu, dan berukuran 1-4 cm x 1-1,5 cm. Model bunga termasuk tunggal, warnanya kuning cerah. Benang sari tumbuh bersamaan membentuk tabung dari dasar bunga. Mahkota bunga hijau, ujungnya melengkung.

Bunga tumbuh dari ketiak daun, mekar sekitar pukul 12 siang, dan layu tiga jam kemudian. Buah sidaguri mengandung ruang/kendaga 8-10 buah, dan memiliki diameter 6-7 mm dan sewaktu sudah tua berwarna hitam. Akarnya Berwarna putih.

Karakteristik Tumbuhan Sidaguri

  • Tanaman ini biasanya tumbuh di semak belukar.
  • Dapat Di Budidaya.

Kandugan Zat Bermanfaat Yang Ada Dalam Tumbuhan Sidaguri

1. Daun tanaman sidaguri

Daun sidaguri memeliki kandungan alkaloid, kalsium oksalat, tannin,  saponin, fenol, asam amino serta terdapat kandungan minyak atsiri. yang dapat di manfaat untuk membantu pengobatan herba.

2. Batang tanaman sidaguri

Batang sidaguri memiliki kandungan kalsium oksalat serta terdapat kandungan tannin. dapat di manfaat untuk mengobati bebagai macam penyakit secara herba.

3. Akar tanaman sidaguri

Di Bagian Akar terdapat kandungan alkaloid, kandungan steroid serta kandungan ephedrine.

Manfaat Tumbuhan Sidaguri Bagi Kesehatan

Sidaguri untuk obat Rhematik

GUnakan Seluruh bagian tumbuhan daun batang termasuk akar sebanyak 60 gr yang sudah dikeringkan, kemudian semua bahan tersebut direbus dengan air secukupnya sampai mendidih dan kemudian diminum secara teratur 2 hari 1 kali pagi dan sore hari menjelang istirahat.

Sidaguri untuk Mengobati Asam urat tinggi

Gunakan 5 batang akar sidaguri lalu di cuci hingga bersih, kemudian dipotong kecil-kecil dan direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih, tuangkan kedalam cangkir lalu di tutup sampai 1 malam,  kemudidan diminum besoknya sebelum sarapan. dan sore hari sebelum di minum hangatkan terlebih dahulu. lakukan hingga terasa khasiatnya.

Sidaguri Atasi Cacingan

Daun 1/5 genggam dicuci dan digiling halus, tambah 3/4 cangkir air matang dan sedikit garam, peras dan minum 2x sehari, ulang selama 4 hari.

Sidaguri atasi Sakit gigi

Ambil secukupnya Akar sidaguri, dicuci hingga bersih dan dikunyah dan jika gigi tidak kuat untuk mengunyah dapat di tumbuk dan di ambil sarinya untuk kumur-kumur.

Sidaguri untuk Mengobati sengatan lebah

Ambil semua bagian tumbuhan sidaguri baik daun, batang maupun akar lumatkan dan di gosokan di bagian yang di sengat lebah.

Sidaguri untuk sembuhkan Asma

Gunakan Akar tumbuhan sidaguri 60 gr lalu di cuci bersih dan ditambah 30 gr gula pasir, kemudian di rebus dengan air 2 gelas hingga tersisa 1 gelas dan airnya diminum lalukan setiap hari hingga terasa khasiatnya.

Demikian Ulasana Tentang 1001 Khasiat Tumbuhan Sidaguri Bagi Kesehatan Semoga Dapat Bermanfaat Dan Membantu Buat Para IndoNewsers Sahabat IndoNews.Co.Id Aminnnn…. 😀

Baca Juga