1001 Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan

Dec 5 2014 - 12:15am admin indonews3

1001 Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan – IndoNews.co.id – Buah Delima atau yang dalam bahasa latinnya bernama punica Granatum” merupakan tumbuhan yang memiliki segudang manfaat karena kandungan nutrisi yang ada di dalam buah ini sangatlah banyak. Mengenai asal-usul buah ini, masih belum jelas darimana asalmulanya namun menurut sumber Wikipedia buah delima diperkirakan berasal dari dataran Iran.

Sejak ribuan tahun yang lalu buah ini telah terkenal akan khasiatnya oleh nenek moyang maka tak heran jika kini pertumbuhan buah delima sudah semakin banyak dan bahkan telah merata di kawasan Asia, Mediterania, dan sebagian Amerika.

Berdasarkan sebuah study penelitian yang berfokus pada kandungan dari buah delima menerangkan bahwa buah delima memiliki banyak sekali nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita diantaranya: Vitamin A, Vitamin E, Vitamin C, Vitamin K, Kalori, Lemak, Karbohidrat, protein, zat besi, folat, kalsium, zat tanin dan masih banyak lagi.

Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan

Buah Delima

Banyaknya kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah delima, jadi tak mengherankan bila buah ini sangat diburu karena kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia dan juga bagi ibu hamil.

Berikut manfaat buah delima bagi kesehatan tubuh :

 

  • Mencegah dan mengobati kanker
Buah delima memiliki khasiat mencegah dan mengobati berbagai jenis kanker. Studi di Israel menunjukkan bahwa sari buah delima menghancurkan sel-sel kanker payudara sementara membiarkan sel-sel sehat. Buah delima juga dapat mencegah pembentukan sel kanker payudara. Ekstrak biji delima terfermentasi yang kaya polifenol mempromosikan pemulihan sel-sel leukemia kembali menjadi normal.

 

  • Menurunkan kolesterol jahat
Menurut penelitian di American Journal of Clinical Nutrition, antioksidan dalam buah delima dapat mengurangi oksidasi LDL (kolesterol jahat) pada tikus. Hal ini menurunkan kadar LDL dan meningkatkan HDL (kolesterol baik).

 

  • Menurunkan Tekanan darah
Satu studi menunjukkan bahwa minum 1,7 ons jus delima per hari menurunkan tekanan darah sistolik sebanyak 5 persen.

 

  • Melindungi otak bayi
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Pediatric Research menemukan bahwa meminum jus buah delima selama kehamilan membantu melindungi otak bayi yang baru lahir setelah kelahiran traumatik.

 

  • Mencegah penyakit Alzheimer
Buah delima mungkin mencegah dan memperlambat penyakit Alzheimer. Dalam sebuah studi, tikus yang dibiakkan untuk mengembangkan penyakit Alzheimer diberi jus buah delima. Mereka mengakumulasi plak amiloid yang lebih sedikit dan melakukan tugas-tugas mental yang lebih baik.

 

  • Melindungi jantung
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences menemukan bahwa jus delima memerangi pengerasan arteri dan penyakit terkait seperti serangan jantung dan stroke. Buah delima mencegah penumpukan plak di arteri dan dapat meluruhkan penumpukan plak sebelumnya.

 

  • Melindungi hati dan ginjal
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa ekstrak delima mencegah kerusakan ginjal dan melindungi ginjal dari racun berbahaya. Selain itu, delima juga melindungi hati Anda dan membantu untuk meregenerasi hati yang mengalami kerusakan.

 

  • Antialergi
Delima kaya akan polifenol dosis tinggi yang telah terbukti mengurangi proses biokimia yang terkait dengan alergi.

 

  • Mengatur sindrom metabolik
Penelitian yang dipublikasikan dalam satu jurnal menunjukkan bahwa delima membantu mengatur gula darah, meningkatkan sensitivitas terhadap insulin, mampu melawan peradangan, dan meningkatkan berbagai faktor lain yang terlibat dalam sindrom metabolis yang kerap dikaitkan dengan obesitas dan pemicu diabetes. Karena efek ini, delima dapat membantu penurunan berat badan.

Beberapa manfaat buah delima untuk kecantikan ini dari buah delima dilansir dari healthmeup :

 

1. Perlindungan dari sinar matahari

Delima serta minyak biji delima memiliki senyawa pelindung dari sengatan sinar matahari, yang membantu kulit melawan radikal bebas. Hal ini tidak hanya memberikan perlindungan matahari, juga membantu mencegah kanker kulit.

2. Anti Penuaan

Karena melindungi Anda dari kerusakan akibat sinar matahari, juga melindungi Anda dari penuaan kulit yang disebabkan karena paparan sinar matahari. Dengan demikian, delima memfasilitasi manfaat antipenuaan yang membantu Anda mencegah keriput, garis-garis halus, bintik-bintik usia dan hiperpigmentasi.

3. Menyembuhkan luka

Delima dan minyak delima mengandung nutrisi yang meningkatkan regenerasi sel di epidermis dan dermis lapisan kulit. Jadi selain melindungi kulit, juga membantu menyembuhkan bekas luka dan wouds.

4. Membuat kulit bersinar

Anda dapat membuat masker wajah menggunakan pepaya hijau, minyak biji anggur, ekstrak biji anggur dan jus delima. Oleskan masker ini dan biarkan selama sekitar satu jam sebelum Anda mencuci wajah. Masker ini dapat membantu memberikan kulit Anda sehat bercahaya.

5. Membuat kulit muda

Delima membuat produksi kolagen dan elastin di kulit. Hal ini membantu menjaga kulit halus, tegas dan lembut.

Pembahasan Indonews Sebelumnya :

Semoga Bermanfaat Indonewsers 🙂
Baca Juga