1001 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan

Mar 3 2015 - 7:34am admin indonews3

1001 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan – Seperti Apa sih buah kiwi itu? Sebenarnya saya sendiripun juga belum mengetahui jelas seperti apa buah kiwi, namun dari berbagai sumber buah ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Untuk itu mari kita kupas mengenai buah kiwi ini.

Buah Kiwi atau dalam bahasa latin disebut “Actinidia deliciosa” merupakan buah yang berasal dari jenis beri yang berasal dari negeri tirai bambu, China. Buah kiwi sendiri memiliki ciri bentuk oval dengen  kaya serat, kulit berwarna hijau-kecokelatan dan daging buah berwarna hijau terang atau keemasan dengan biji kecil, hitam, dan bisa dimakan. Tekstur buah ini sangat halus dan rasanya yang unik, saat ini buah kiwi sudah ditanam di berbagai negara.

Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan

Buah Kiwi

Buah kiwi terbagi atas 2 jenis yaitu kiwi hijau dan kiwi gold. Sesuai namanya, kiwi hijau mempunyai daging berwarna hijau dan kiwi gold memiliki daging dengan warna kuning. Buah ini memiliki bentuk yang cantik pada bagian dalamnya, biji-biji kecel pada bagian dalam daging membuat daging buah ini terlihat cantik. Tidak heran, bila irisan daging buah kiwi biasa digunakan sebagai hiasan kue tart atau minuman.

Buah ini dikenal sebagai buah yang kaya akan kandungan antioksidan yang tinggi, bahkan Kulit buah kiwi mengandung antioksidan tiga kali lebih banyak daripada dagingnya. Sebuah penelitian mengungkapkan khasiat buah kiwi yang dapat dengan efektif menurunkan hipertensi. Hal ini diperkuat dengan pernyataan perwakilan dari American Heart Association mengenai khasiat buah kiwi ini.

Berikut beberapa manfaat buah kiwi bagi kesehatan

Menghilangkan Masalah Pencernaan

Buah Kiwi dapat membantu bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan. Buang air besar tidak teratur atau kembung dapat diatasi dengan mengkonsumsinya secara teratur.

Menjaga Kesehatan Jantung

Buah kiwi mengandung berbagai macam nutrisi dan zat yang dibutuhkan oleh tubuh, diantaranya terdapat kalium yang berfungsi menjaga kesehatan jantung. Kiwi juga dapat membantu mengurangi risiko penggumpalan darah yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. Mengontrol kolesterol dan kadar gula dalam darah.

Meningkatkan Organ Penglihatan

Manfaat dari lutein dan beta karoten (vitamin A) adalah menjaga kesehatan mata. Maka dengan mengkonsumsi kiwi, fungsi penglihatan dapat terpelihara dengan baik.

Selain untuk kesehatan, kandungan yang dimiliki dalam sebutir kiwi yang bermanfaat untuk kecantikan antara lain :

  • Dapat digunakan sebagai masker yang akan membuat kulit menjadi lebih elastis dan segar.
  • Mengkonsumsi kiwi dapat membuat kulit menjadi bersinar, mengurangi kerutan pada wajah, dan lingkaran hitam pada mata yang dapat mengganggu penampilan.
  • Kandungan antioksidannya juga membuat kulit terlihat kencang dan awet muda.
  • Biji kiwi menghasilkan minyak omega-3 yang biasa digunakan untuk kosmetik.
  • Hanya mengandung sedikit kalori, sehingga buah ini senang dikonsumsi oleh mereka yang sedang berdiet.

Kaya nutrisi

Buah kiwi merupakan buah yang konsisten memiliki nutrisi paling banyak dibanding buah lainnya. Ini berarti seseorang akan mendapat vitamin dan mineral lebih banyak per gramnya.

Kaya vitamin C

Buah kiwi kaya akan asupan dan kandungan vitamin C dua kali lebih banyak dibanding jeruk. Untuk mencukupi kebutuhan akan vitamin C, Anda cukup makan satu buah kiwi sehari.

Sumber lutein yang baik

Zaat yang terkandung dalam buah kiwi adalah lutein pada buah kiwi terbukti lebih mudah diserap (penyerapan yang lebih baik dari sayuran) dan mudah didapat. Makanya, kiwi baik untuk membantu kesehatan penglihatan yang disebabkan usia.

Mengandung antioksidan alami yang tinggi

Kandungan zat Antioksidan yang ada pada kiwi yakni polyphenol dan karotenoid. Keduanya dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dan stres oksidatif.

Meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh

Buah kiwi dapat memberikan perlindungan secara alami dapat mengatasi tekanan, radang, dan serangan bakteri dan virus yang banyak berkembang. Beberapa penelitian di Eropa dan Australia membuktikan bahwa kiwi efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengurangi stres oksidatif

Penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa orang yang mengonsumsi buah kiwi pada saat atau setelah makan terbukti mengurangi stres oksidatif.

Mengurangi penggumpalan darah

Penggumpalan darah dikenal sebagai faktor risiko dari penyakit kardiovaskular, yang menyebabkan penyumbatan arteri dan pembuluh darah. Mengonsumsi dua sampai tiga buah kiwi per hari dapat menurunkan risiko tersebut.

Mengurangi kembung

Buah kiwi dikenal sebagai sumber pencerna alami. Itu disebabkan oleh kombinasi yang unik dari serat dan komponen lain dari dalam buah kiwi.

Kurangi tekanan darah tinggi

Sangat cocok untuk Anda yang tekanan darahnya sering melonjak, kandungan potasium dalam kiwi mampu membantu menurunkan tekana darah Anda. Ada juga kandungan pektin, sebuah serat yang membantu menjaga kadar kolesterol dalam darah stabil.

Lindungi dari kanker

Hindari risiko terkena kanker denga konsumsi kiwi secara rutin. Kandungan phytochemical dalam kiwi bantu lawan kerusakan sel-sel akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

Cemilan anti gemuk

Perempuan mana yang tak ingin tampil langsing. Kiwi kaya serat yang membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Satu kiwi besar hanya mengandung 55 kalori jadi cemilan sempurna untuk hindari rasa lapar.

Demikian Ulasan Tentang 1001 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers 😀

Baca Juga