1001 Manfaat Bunga Kamboja Bagi Kesehatan

Dec 6 2014 - 3:55am admin indonews3

IndoNews.co.idManfaat Bunga Kamboja Bagi Kesehatan. Bagi sebagian pembaca mungkin sudah mengetahui jika bunga yang satu ini identik dengan orang yang meninggal ataupun pemakanaman. Ya bunga kamboja memang pada umumnya sering ditanam dan tumbuh disekitaran pemakanan, hingga saat ini masih belum diketahui maksud sebenarnya dari penanaman bunga kamboja di pemakanaman.

Bunga kamboja sejatinya memiliki nama latin Plumeria rubra L.cv. Acutifolia yang merupakan tumbuhan dari dataran Amerika ternyata juga memiliki khasiat tersendiri bagi kesehatan tubuh. Dan ternyata tak hanya bunga dari tumubuhan kamboja saja yang memiliki khasiat melainkan dari getah, batang dan akar konon juga menyimpan khasiat yang luar biasa.

Secara kimia getah bunga kamboja mengandung damar, kuatcut, senyawa karet, senyawa triterpenoid, lupeol, dan amyrin, sedangkan kulit batangnya mengandung plumierid, zat pahit yang beracun, dan daun kamboja mengandung fulvoplumierin.

Manfaat Bunga Kamboja Bagi Kesehatan

Bunga Kamboja

Hingga saat ini banyak sekali masyarakat tanah air yang menggunakan bunga kamboja sebagai seduan teh setiap hari. Sejak dulu, masyarakat kita secara turun temurun sangat percaya bahwa getah bunga kamboja ini mempunyai kemampuan hebat guna mengatasi sakit gigi, namun jangan sampai getah ini tertelan. Jika sampai tertelan biasanya akan muncul gangguan pencernaan dan disertai dengan pusing hebat karena keracunan.

Berikut beberapa manfaat bunga kamboja bagi kesehatan :

1. Teh bunga kemboja

Bunga kamboja yang diseduh bersama teh atau tanpa teh dipercaya bermanfaat memberikan efek adem, sejuk dan baik bagi pencernaan. Sehingga teh bunga kamboja ini sangat baik dikonsumsi secara rutin bagi seseorang yang ingin sehat secara alami.

2. Pelengkap sayuran

Bunga kamboja segar yang dimasak sebagai pelengkap sayuran memberikan cita rasa sedap, memberikan efek terapi dan bermanfaat bagi kesehatan.

3. Sebagai Antibiotik

Karena bersifat racun dan bisa mematikan kuman, getah kamboja dengan dosis yang tepat dapat dimanfaatkan sebagai antibiotik. Dalam getah kemboja terkandung alkaloid, tanin, flavonoid dan tripterpenoid, tapi yang terdeteksi pada ekstrak getah hanya triterpenoid pentasiklik.

4. Mengobati bisul

Daun bunga kamboja bisa dimanfaatkan sebagai obat bisul. Cara pemakaian; daun kamboja yang masih muda dan segar dipanaskan diatas api sampai layu, kemudian olesi dengan sedikit minyak zaitun. Selanjutnya daun tersebut ditempelkan pada bisul selagi masih panas. Ulangi hingga bisul mengempes.

5. Mengobati kaki bengkak

Sementara itu akar dan batangnya dipercaya bisa mengatasi kaki bengkak dan tumit pecah-pecah. Caranya: akar dan daun bunga kamboja direbus hingga mendidih, kemudian tambahkan garam mineral secukupnya. Gunakan air rebusan tersebut untuk merendam kaki dua kali sehari.

6. Mengobati sakit gigi

Untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi berlubang. Ambillah beberapa tetes getah kamboja dengan menggunakan kapas, kemudian letakkan si kapas di gigi yang sakit. Hati-hati, jangan sampai mengenai gigi yang tidak sakit. Dosisnya 1-2 kali sehari. Namun, pengobatan dengan getah ini hanya bersifat sementara saja, dan tak bisa menyembuhkan secara tuntas.

7. Mengobati frambusia

Untuk obat frambusia, ambillah kulit batang kamboja sebanyak 3 telapak tangan, kemudian dicuci dan dipotong-potong. Rebus dengan air bersih sebanyak kira-kira 3 liter sampai mendidih, selama 15 menit. Tunggu sampai hangat atau suam-suam kuku. Selanjutnya, manfaatkan air rebusan ini untuk mandi atau berendam.

8. Gonorrhoea / kencing nanah

Ada yang meyakini bahwa dengan meminum rebusan akar semboja, penderita penyakit menular seksual (PMS) kencing nanah atau gonorrhoea / GO dapat disembuhkan.

9. Borok

Oleskan getah kamboja pada borok yang sudah dicuci dengan air hangat.

10. Kutil

Oleskan 1 sendok teh getah pohon kamboja pada kulit beberapa kali selama beberapa hari sampai kutil hilang.

11. Mengeluarkan duri

Oleskan getah kamboja pada bagian yang sakit, maka benda yang masuk akan keluar.

12. Tumit pecah-pecah

Sepotong kulit kamboja direbus dengan 3 liter air sampai mendidih. Hangat-hangat rendamkan kaki yang sakit.

Semoga Bermanfaat Indonewsers 🙂

Baca Juga