1001 Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan

Oct 10 2014 - 2:06pm admin indonews3

1001 Manfaat Daun Sirih Merah Bagi KesehatanIndoNews.co.id – Mengenai daun yang satu ini, pasti banyak pembaca telah mengetahui dan berpendapat sama bahwasanya daun sirih ini memiliki khasiat yang tak diragukan lagi.

Daun sirih pada umumnya dipakai sebagai obat untuk mengobati bagian bagian intim, seperti yang telah dipublikasikan melalui media elktoronik di era ini. Sebuah penelitian juga telah membuktikan khasiat dan manfaat dari daun yang satu ini, berdasarkan penelitian yang dilakukan Amir Syarif dari Bagian Farmakologi Universitas Indonesia, daun sirih terbukti memiliki khasiat yang lebih bermakna dibandingkan dengan plasebo.

Pengujian melibatkan 40 pasien penderita keputihan yang tidak sedang hamil, menderita diabetes melitus, ataupun penyakit hati dan ginjal. 20 di antaranya mendapatkan daun sirih, sedang sisanya diberi plasebo. Baik daun sirih maupun plasebo itu diberikan pada vagina sebelum pasien tidur selama tujuh hari.

Dari 40 pasien tersebut, 22 orang mendapat pemeriksaan ulang, masing-masing 11 mendapat plasebo dan daun sirih. Hasil pengujian ini membuktikan sekitar 90,9 persen pasien yang mendapat daun sirih dinyatakan sembuh, sedangkan pada kelompok yang diberi plasebo hanya 54,5 persen saja.

Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan

Daun Sirih Merah

1001 Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan

Selain itu, Para ahli pengobatan tradisional telah banyak menggunakan tanaman sirih merah oleh karena mempunyai kandungan kimia yang penting untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Dalam daun sirih merah terkandung senyawa fitokimia yakni alkoloid, saponin, tanin dan flavonoid. Dari buku ”A review of natural product and plants as potensial antidiabetic” dilaporkan bahwa senyawa alko-koloid dan flavonoid memiliki aktivitas hipoglikemik atau penurun kadar glukosa darah.

Kandungan kimia lainnya yang terdapat di daun sirih merah adalah minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylprokatekol, karvakrol, eugenol, p-cymene, cineole, caryofelen, kadimen estragol, ter-penena, dan fenil propada. Karena banyaknya kandungan zat/ senyawa kimia bermanfaat inilah, daun sirih merah memiliki manfaat yang sangat luas sebagai bahan obat.Eugenol dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit, sedangkan tanin dapat digunakan untuk mengobati sakit perut.

Manfaat Dan Kegunaan Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan :

  • Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah
  • Membantu Meringankan Batu Ginjal
  • Membantu Mencegah Penyebaran Penyakit Virus Hepatitis
  • Membantu Mencegah Penyakit Stroke
  • Mampu Mengatasi Penyakit Asam Urat
  • Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
  • Meringankan Nyeri Sendi Pada Tulang
  • Meratakan Sel Sel Kulit Yang Rusak
  • Mampu Mengobati Penyakit Maag
  • Membantu Meringankan Penyakit Liver

Cara Mengolahnya dengan merebus 3 sampai 5 lembar daun sirih merah dengan 2 gelas air dan minum secara rutin setiap hari.

Artikel Sebelumnya :

Semoga Bermanfaat Indonewsers 🙂

Baca Juga