101 Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Manusia

Feb 2 2015 - 12:28am admin indonews3

101 Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Manusia – Pasti sudah banyak yang tau mengenai tanaman yang satu ini, ya kentang memang terkenal akan kandungan karbodhidrat dan proteinnya yang tinggi. Tak heran jika banyak sekali produk-produk berbahan kentang kini banyak bermunculan. Kentang memang bisa dikatakan sebagai makanan favorit bahkan somaipun juga ada yang berisi kentang, kripik kentang, berbagai macam olahan yang terbuat dari kentang.

http://www.indonews.co.id/ Menurut berbagai penelitian yang telah dilakukan terhadap tanaman yang satu ini, kentang terbukti memiliki kandungan penting yakni sejumlah mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan. Antara lain bisa membantu menstabilkan tekanan darah dan gula darah, serta menurunkan berat badan. Sumber karbohidrat ini mengandung sejumlah mineral dan vitamin. Hasil uji laboratorium, karbohidrat pada kentang mencapai sekitar 18 persen, protein 2,4 persen dan lemak 0,1 dari 100 gram kentang adalah sekitar 80 kkal.

Manfaat Kentang Bagi Kesehatan

Kentang

Baru-baru ini sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Walker dengan bantuan dr. R. D,. Nope, dr. N. E. Kircher, John H. Tobe, Dr. L. Newman dan Susan E. Charmmie membuktikan beberapa kandungan dan manfaat dari kentang yang bagus untuk kesehatan, berikut kandungan beserta manfaatnya:

  • Kentang mengandung serat yang cukup tinggi, sejajar dengan roti gandum, sereal, dan pasta. Dengan kandungan serat yang tinggi tersebut, kentang bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan. Kentang juga sering dilibatkan banyak orang untuk membantu program diet mereka.
  • Kentang mempunyai banyak khasiat. Di antaranya potassium, vitamin C (sumber kedua selepas oren), membekalkan karbohidrat kompleks dan fiber atau gentian kepada gula darah (blood sugar) dan pengawalan tekanan darah. Ia juga mengandungi vitamin B1, B2 dan B3 serta sedikit kandungan protein dan zat besi.
  • Kandungan potasium kentang, dua kali lipat dari kandungan potassium dalam pisang dan fiber. Jumlah lemaknya di bawah paras 25%, sehinga dapat menghalang endapan kolesterol di dalam lapisan saluran darah. Kentang cocok bagi yang mengalami kekurangan gula dalam darah.
  • Kentang merupakan sumber terbaik dalam pembentukan zat besi dalam darah. Menjamin system ketahanan badan, karena kandungan vitamin serta kalsium yang tinggi.
  • Kentang juga bisa memutihkan dan melembutkan tangan. Ini menunjukkan kentang bukan saja bermanfaat untuk tujuan pengobatan. Kandungan potassium, dan Vitamin C pada kentang sangat cocok untuk untuk perawatan kulit, seperti wajah berminyak dan berjerawat. Bagi kulit berminyak, dua buah kentang dikupas dan diparut. Lalu dioleskan pada wajah hingga rata, biarkan selama 1/2 jam. Bersihkan dengan air dingin bersih. Sementara untuk jerawat, sebuah kentang diiris tipis-tipis, tempelkan ke seluruh wajah. Biarkan sampai kentang menjadi kering dan berwarna keabuan. Bersihkan dengan air bersih dingin.
  • Memerangi penyakit
    Karena mengandung banyak serat, kentang sangat ramah dengan sistem pencernaan sehingga mencegah masalah terjadi dalam sistem pencernaan. Kentang juga membantu dalam mengurangi risiko kanker dan penelitian juga mendapatkan jika kentang yang baik melawan kanker.
  • Baik untuk penderita diabetes
    Orang dengan diabetes perlu kadar gula darah. Kentang adalah makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah dan dari penelitian yang telah dilakukan tidak ada efek samping pada penderita diabetes.
  • Untuk perawatan kulit
    Kentang mengandung banyak vitamin C yang sangat baik untuk tubuh, terutama kulit. Menggosok atau jus kentang digunakan sebagai masker pada wajah membuat wajah Anda cantik dan bersinar. Jika irisan kentang ditempatkan pada mata sekitar 30 menit bisa berkhasiat menghilangkan bengkak dan lingkaran hitam di bawah mata.
  • Baik untuk otak
    Kentang dapat mendukung kesehatan Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Kentang merupakan sumber zat besi dan zink yang juga baik untuk otak.
  • Mengurangi peradangan
    Apabila Anda sedang mengalami radang bagian dalam atau luar mulut gunakan kentang untuk dimakan. Kentang mempunyai tekstur yang halus dan lembut sehingga mudah dicerna dan dapat mengurangi peradangan pada usus dan sistem pencernaan. Kentang juga dapat mengurangi peradangan bagian luar dengan cara menggosoknya. Kentang juga baik untuk penderita bisul di mulut.
  • Mengatasi memar
    Jus kentang dapat membantu mengobati Luka memar, luka bakar, keseleo dan bisul yang lebih cepat sembuh. Kentang membantu mengatasi masalah kulit dan juga dapat melawan kanker prostat dan rahim dan terhadap pembentukan kristal atau tumor.
  • Membantu mengatasi batu ginjal
    Penyebab batu ginjal adalah meningkatnya kadar asam urat dalam darah. Dokter biasanya menyarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi dan kalsium yang tinggi. Kentang disertakan.
  • Mengatasi stres, Kentang kaya akan vitamin B6, zat yang dibutuhkan dalam pembaharuan sel dalam pikiran dan stres tubuh lega. Kentang membantu menanggapi stres hormon adrenalin dan membuat pikiran menjadi tenang kembali.

Usahakan untuk tetap menjaga kandungan gizi yang terdapat dalam kentang ketika pengolahannya. Caranya, dengan merebus kentang secara keseluruhan.  Jika kentang terlebih dahulu dipotong-potong sebelum di rebus akan mengurangi kandungan potassiumnya sebanyak 50 persen. Padal zat potassium inilah yang dapat membantu tubuh Anda mengatur tingkat tekanan darah dan jantung, sama halnya terhadap fungsi saraf dan otot.

Demikian Ulasan Tentang 101 Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Manusia Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers 😀

Baca Juga