11 Cara Alami Mengatasi Sariawan Yang Membandel

Sep 10 2015 - 2:54am Indonews Coid

IndoNews.Co.Id – Sariawan atau stomatitis aftosa adalah gangguan pada selaput lendir mulut seperti sariawan berbentuk bintik-bintik putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Thrush disertai dengan munculnya rasa sakit yang tinggi. Sariawan adalah gangguan yang paling sering ditemukan. Sekitar 10% dari populasi menderita dari penyakit ini, dan wanita lebih rentan daripada laki-laki.

Sariawan

Ada beberapa faktor yang diduga menjadi penyebab sariawan, seperti luka gigitan, makan makanan atau minuman panas, alergi, kekurangan vitamin C dan zat besi, kelainan pencernaan, kebersihan mulut tidak dipelihara, faktor psikologis, dan kondisi tubuh yang tidak fit.

Berikut Adalah Cara Alami Mengatasi Sariawan

Air garam

Sariawan bisa diatasi dengan berkumur dengan air garam. Tentu, air garam bertindak sebagai antiseptik yang membunuh kuman yang menginfeksi bibir kita. Cara membuat, mencampur garam dan air hangat ke dalam gelas, kemudian gunakan kumur sesuai kebutuhan.

Kunyit

Karena memiliki anti-inflamasi dan anti-septik, kunyit bisa menghilangkan luka dingin menyakitkan pada bibir. Caranya oleskan pasta kunyit di bibir yang sakit.

Meningkatkan Konsumsi Vitamin C

Banyak orang mnegetahui bahwa kekurangan vitamin C dapat menyebabkan sariawan. Karena iulah, meningkatkan asupan vitamin C Anda. Konsumsi buah – buahan seperti jeruk, lemon, kiwi, stroberi dan lain-lain yang banyak mengandung vitamin C yang Anda derita luka yang lebih cepat sembuh mengandung.

Bawang Putih

Bawang putih dapat mengobati infeksi jamur di mulut Anda Buatlah pasta bawang putih dan gosokkan pada bibir sakit untuk luka kering.

Minyak Jarak

Minyak jarak juga dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Minyak jarak mengandung banyak zat anti-bakteri yang baik dan bisa menyembuhkan infeksi. Caranya sangat mudah, cukup dengan menuangkan dua sendok makan minyak jarak kemudian dicampur dengan air susu. Anda dapat minum atau digunakan sebagai obat kumur.

Yogurt

Susu ini mengandung bakteri probiotik fermentasi yang melawan bibir infeksi. Yogurt memiliki sifat antiseptik yang dapat menyembuhkan luka bibir terinfeksi.

Minyak kelapa dan minyak kayu putih

Minyak kayu putih memiliki anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan. Demikian juga minyak kelapa sangat baik untuk menghilangkan rasa sakit sariawan serta menyehatkan dinding rongga mulut Anda.

Susu

Susu juga cepat menyembuhkan sariawan bibir dan peradangan yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Sayangnya, tidak semua orang bisa minum susu sapi karena alergi nya.

Minum banyak air

Minum air dapat menghidrasi tubuh, selain itu juga dapat menyembuhkan infeksi jamur di rongga mulut Anda. Selain itu, air minum juga mampu menghilangkan racun dan limbah dalam tubuh otomatis sariawan akibat luka juga akan hilang.

Buah jeruk Nipis

Vitamin C dalam buah jeruk nipis sangat efektif dalam penyembuhan orang sakit dan terluka. Hal ini juga membantu Anda untuk mengatasi infeksi pada bibir, gusi sakit, dan luka mulut.

Sebagian sumber di kutip dari : log.viva.co.id

Ingat usaha tanpa doa adalah sia sia hasilnya, Doa adalah senjata paling ampuh untuk semua penyakit, Berdoalah dengan penuh keyakinan akan dikabulkannya doa kita, dan selalu berprasangka baik lah kepada ALLAH SWT. Insya Allah Penyakit apapun itu akan sembuh.

Baca Juga Ya Artikel Kesehatan Yang Lain Di Bawah Ini :

Demikian Pembahasan Tentang 11 Cara Alami Mengatasi Sariawan Yang Membandel Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca IndoNews.Co.Id Aminnn 😀

Baca Juga