11 Cara Ampuh Mengatasi Demam Berdarah (DBD) Secara Alami

Apr 25 2015 - 2:49am Indonews Coid

11 Cara Ampuh Mengatasi Demam Berdarah (DBD) Secara Alami – Demam berdarah atau demam berdarah dengue “DBD” adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dengue. Nyamuk atau beberapa jenis nyamuk mengirimkan atau penyebaran virus dengue. Demam berdarah juga dikenal sebagai “Breakbone fever” atau “Bonebreak fever” sendi demam, karena dapat menyebabkan penderita demam mengalami sakit parah seperti tulang mereka patah.

Cara Mengatasi Demam Berdarah

Cara Mengatasi Demam Berdarah

  • Yang pertama adalah demam berdarah, yang menyebabkan pendarahan, pembuluh darah bocor saluran aliran darah, dan rendahnya tingkat trombosit darah yang menyebabkan darah menggumpal.
  • Yang kedua adalah renjat sindrom hemorrhagic, yang menyebabkan tekanan darah sangat rendah.

Gejala Demam Berdarah

  • Bintik merah. Biasanya di awal demam (masa inkubasi) tidak ada bintik merah. Tapi ada pula yang memang tanpa bintik merah.
  • Bintik merah bisa dibedakan dengan bintik merah akibat alergi. Bintik merah DBD biasanya lebih terlihat permanen, warna merah terlihat berada di bawah lapisan kulit luar.
  • Panas tinggi. Panas bisa turun naik atau bisa juga tidak turun sama sekali sepanjang hari.
  • Menggigil dan terasa ngilu tulang. Rasa dingin sekujur tubuh dan ada titik tertentu di salah satu bagian tubuh yang paling terasa ngilu menusuk tulang.
  • Feses mengeras dan berwaran hitam. Gejala ini terlihat jika trombosit sudah mulai rendah, berada di bawah ambang normal (150 ribu – 500 ribu).
  • Trombosit menurun. Bisa dites darahnya di laboratorium terdekat.
  • Ulu hati sering terasa nyeri, karena terjadi pendarahan di Lambung.

Cara Mengatasi Demam Berdarah (DBD) Secara Alami

1. .Jus buah (buah Warna Merah)

Ini buah mengandung banyak vitamin C yang sangat bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai jenis racun dan virus. Untuk pasien dengan demam berdarah, mengkonsumsi jus buah dapat membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit ini. Dan jenis buah yang sangat baik untuk jus untuk pasien dengan demam berdarah seperti pepaya, jambu biji, kiwi, melon, dan lain sebagainya.

2. Pepaya 

Daun pepaya memiliki berabgai berbagai enzim seperti papain, karpain, pseudokarpain, nikotin, kontinin, miosmin, dan glikosida karposid. khasiat daun pepaya adalah getah daun muda untuk obat pencahar, daun merangsang sekresi empedu serta sakit perut, demam, malaria, dan penyakit cacing dan membantu proses pencernaan. Daun pepaya juga mengandung anti-oksidan, anti-koagulan, dan menyembuhkan luka lambung dan usus.

3. Jambu Biji 

Pasien demam berdarah telah kehilangan banyak plasma darah akibat penurunan trombosit, sehingga perlu untuk minum banyak cairan untuk segera pulih. Buah ini kaya akan beta-karoten dan vitamin C. Dengan pergi untuk memasak, vitamin C adalah enam kali lebih banyak dari jeruk yang sudah dikenal kaya akan vitamin C.

Kandungan vitamin C yang meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan. Juga dikenal sebagai jambu, dalam 100 g buah mengandung energi 49 kal, 0,9 g protein, 0,3 g lemak, 14 mg kalsium, fosfor 28 mg, besi 1,1 mg, vitamin A 25 SI, Vit B1 0,02 mg, Vitamin C 87 mg, dan 86 g air.

4. Meniran (Phyllanthus niruri)

Senyawa yang ditemukan di meniran termasuk triterpenoid, flavoniod, tanin, alkaloid, dan asam fenolik. Sehingga dapat digunakan untuk menyembuhkan demam berdarah. Manfaat daun meniran rebusan sering digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit hati, sebagai diuretik untuk jantung dan ginjal, kolik, penyakit kelamin, batuk, ekspektoran, antidiare, sariawan,panas dalam, dan sebagai tonik perut.

Meniran juga berfungsi meningkatkan ketahanan tubuh pasien dengan cara memacu makrofag fagositosis, fungsi proliferasi limfosit T, IgM dan IgG, aktivitas hemolitik, sel NK sitotoksisitas, dan kemotaksis neutrofil dan makrofag.

5. Air kelapa

Untuk pasien dengan demam berdarah sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air kelapa, artikel dehidrasi akan sering terjadi pasien dengan demam berdarah, dengan mengkonsumsi air kelapa, mineral dan elektrolit yang hilang pada tubuh akan diisi-ulang, terutama bagi mereka yang menderita demam berdarah demam.

6. Kunyit 

Kunyit obat tradisional untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit, seperti stomakik, stimulan, karminatif, haematik, hepato-protektor, mengobati luka lambung dan ulser, sebagai pewarna makanan, bumbu, anti spasmodik, anti imflamasi, gangguan pencernaan, dan sebagai insektisida, bahan kosmetik, demam berdarah dan anti oksidan.

7. Temu Ireng 

Temu ireng telah banyak dimanfaatkan untuk mengobati sel-sel hati yang rusak. Untuk penderita demam berdarah, terjadi kerusakan sel-sel hati.

8. Daun jambu biji

Daun jambu biji berperan sebagai antibiotik, anti-diare dan kandungan taninnya dapat mempersempit urat darah. Berdasarkan penelitian, ekstrak kering daun jambu biji selama 5 hari dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah >100.000/µl tanpa menimbulkan efek samping.

9. Daun dewa

Daun dewa juga dipercaya untuk mengatasi demam berdarah.

Caranya :

  • Siapkan sebanyak 30 gram daun dewa segar
  • Kemudian rebus ke dalam 600 ml air hingga tersisa 300 ml.
  • Minum air rebusan daun dewa selagi hangat secara rutin 2 kali sehari.

10. Jeruk

Buah jeruk banyak mengandung vitamin C dan dapat digunakan sebagai antibiotik ini ternyata sangat bagus untuk membantu mempercepat proses pemulihan dan penyembuhan serta membantu menyehatkan pencernaan bagi penderita demam berdarah.

11. Jus sayuran

Jus sayuran mampu mempercepat proses penyembuhan penyakit demam berdarah, karena jenis sayuran tersebut banyak mengandung nutrisi. Contoh jus campuran sayuran seperti mentimun, wortel dan sayuran hijau lainnya.

Demikian Pembahasan Tentang 11 Cara Ampuh Mengatasi Demam Berdarah (DBD) Secara Alami Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca IndoNews.Co.Id Aminnn … 😀

Baca Juga