11 Khasiat dan Manfaat Sayur Brokoli Bagi Kesehatan

Aug 17 2015 - 1:45am admin indonews3

11 Khasiat dan Manfaat Sayur Brokoli Bagi Kesehatan

IndoNews.co.id -Brokoli atau yang dalam bahasa latin memiliki nama Brassica Oleracea merupakan tanaman yang sudah sangat terkenal diseluruh dunia. Bahkan sejak ribuan tahun lalu brokoli sudah dibudidayakan dan digunakan sebagai salah satu olahan makanan yang kaya akan gizi.

Hampir seluruh kebutuhan akan asupan gizi ada di brokoli ini, tanaman yang satu ini memang sekilas mengingatkan kita terhadap bunga Kol atau kubis yang memiliki bentuk serupa. Di Yunani, brokoli menjadi sajian utama dan olahan makanan sehari-hari. Bahkan brokoli menjadi menu utama bagi para bangsawan karena harganya yang mahal.

11 Khasiat dan Manfaat Sayur Brokoli Bagi Kesehatan

11 Khasiat dan Manfaat Sayur Brokoli Bagi Kesehatan

Menurut penelitian yang telah dilakukan 1 mangkok brokoli dapat mengandung kalori 43.68 kkal, protein 4.66 g, asam lemak omega-3 0.20 g, karbohidrat 8.19 g, lemak 0.55 g, kalsium 74.72 mg, potassium(kalium) 505.44 mg, fosfor 102.80 mg, besi 1.37 mg, zinc (Zn) 0.62 mg, magnesium 39.00 mg, vitamin A 228.07 RE, vitamin B1 (Thiamin) 0.09 mg, vitamin B2 (Riboflavin) 0.18 mg, vitamin B6 (Pyrodoxin) 0.22 mg, vitamin B3 (Niasin) 0.94 mg, vitamin B5 (PanthoteniAcid)0.79 mg, vitamin B9 (Folat) 93.91 mcg, vitamin C 123.40 mg, vitamin E 0.75 mg, vitamin K 155.20 mg, serat 4.68 g, mangan 0.34 mg dan triptofan 0.05 g.

Sungguh luar biasa mengetahui betapa banyaknya kandungan dari tanaman yang satu ini, Wajar saja Jika brokoli menjadi sayuran favorit untuk memberikan suplai kebutuhan akan asupan gizi di dalam Tubuh kita.

Berikut 11 Khasiat dan Manfaat Sayur Brokoli Bagi Kesehatan :

  • Membantu Sistem Pencernaan, ini karena brokoli mengandung serat yang dapat membantu sistem pencernaan dan juga membantu mencegah sembelit.
  • Meningkatkan Kesehatan Kulit, ini karena brokoli merupakan gudang vitamin C, beta-karoten, vitamin B kompleks. Ini semua sangat dibutuhkan untuk membuat kulit lebih bercahaya, bahkan vitamin E yang terdapat dalam brokoli sangat membantu perkembangan regenarasi jaringan kulit yang telah mati.
  • Sebagai Anti Kanker. The American Cancer Society merekomendasikan untuk mengkonsumsi brokoli karena mengandung fitokimia sebagai anti-kanker. Beberapa studi juga menunjukan bahwa diet kaya brokoli dapat mengurangi resiko beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker usus dan juga kanker paru-paru.
  • Mengurangi Resiko Penyakit Jantung, Ini karena brokoli mengandung lutein karotenoid yang dapat mencegah penebalan arteri jantung, sehingga menjauhkan kita dari resiko penyakit jantung dan stroke.
  • Mencegah Racun Yang Masuk Ke Dalam Tubuh, Ini karena brokoli mengandung vitamin C dan asam amino sulfur sehingga menjadikan brokoli sebagai penawar racun yang sangat baik. Brokoli juga dapat membantu menghilangkan radikal bebas dan racun seperti halnya asam urat.
  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, Brokoli adalah sumber vitamin C, nutrisi penting yang membantu Menjaga sistem kekebalan tubuh.
  • Menjaga Agar Penglihatan Tetap Sehat, Penelitian telah menunjukkan bahwa beta-karoten dalam brokoli dapat Melindungi mata terhadap degenerasi makula dan mencegah katarak.
  • Melindungi Terhadap Radiasi UltraViolet, Peneliti menemukan senyawa sulforaphane dalam brokoli yang membantu Mengurangi kerusakan kulit dan peradangan yang disebabkan oleh paparan radiasi UV.
  • Memperkuat Tulang dan Mencegah Osteoporosis, Karena kaya akan kalsium, magnesium seng, dan fosfor, brokoli membantu memelihara kekuatan tulang dan menjaga tulang tetap kuat. Konsumsi brokoli sangat bermanfaat bagi para wanita tua dan hamil, karena orang-orang tersebut lebih rentan terhadap osteoporosis.
  • Mencegah anemia. Anemia biasanya berhubungan langsung dengan kekurangan zat besi. Besi dan asam folatyang ditemukan dalam brokoli dapat membantu mencegah anemia akibat defisiensi besi.
  • Membantu Meningkatkan Kehamilan Agar Tetap Sehat, Brokoli adalah sumber yang baik folat yang membantu mencegah Cacat saraf seperti spina bifida dalam janin. Semua wanita membutuhkan sumber folat selama kehamilan.

Di Bawah Ini Artikel Kesehatan Lain :

Itulah 11 Khasiat dan Manfaat Sayur Brokoli Bagi Kesehatan Semoga Bermanfaat Indonewsers…

Baca Juga