11 Manfaat Dan Khasiat Kacang Merah Bagi Kesehatan

Jul 6 2015 - 1:16pm Indonews Coid

11 Manfaat Dan Khasiat Kacang Merah Bagi Kesehatan – Kacang merah merupakan jenis biji-bijan dari keluarga kacang. Yang kaya akan sumber energi, vitamin dan lain-lain. Kacang merah utuk saat ini sudah banyak di jadikan sebagai olahan makanan seperti bubur  kacang merah, es kacang merah dan lain-lain. Kacang merah juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Simak Selengkapnya di bawah ini :

Kacang Merah

Kacang Merah

Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan Tubuh

1. Menyediakan energi

Kacang merah dapat meningkatkan energi karena kandungan zat besi yang tinggi. Makanan ini mengandung banyak zat besi yang merupakan sumber utama yang diperlukan untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan energi. Kacang merah juga membantu sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh.

2. Kontrol Berat

Anda dapat menambahkan kacang merah ke dalam mangkuk salad rendah kalori atau sup saat makan. Makanan ini dikonsumsi baik bagi mereka yang ingin mengontrol berat badan Anda karena memberikan rasa kenyang lebih lama.

3. Menjaga gula darah

Kacang merah yang terkenal kaya akan serat. Serat ini dapat mengurangi tingkat metabolisme karbohidrat dalam kacang.

4. Baik untuk otak

Kacang merah menawarkan manfaat menakjubkan bagi otak. Di dalam kacang merah mengandung banyak vitamin K, yang memberikan nutrisi penting untuk otak dan sistem saraf.

5. Sumber vitamin

Kacang merah juga merupakan sumber yang baik dari vitamin B, yang penting untuk sel-sel otak. Vitamin ini memelihara sel-sel saraf otak dan mencegah penyakit yang berkaitan dengan usia seperti Alzheimer.

6. Memfasilitasi buang air besar

Serat yang hadir dalam kacang merah dapat membantu menjaga gerakan usus. Apabila di konsumsi dalam jumlah yang tepat, kacang merah membantu memperlancar dan membersihkan saluran pencernaan. Buang air besar secara teratur dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena kanker usus besar.

7. Kardiovaskular

Kacang merah juga mengandung banyak magnesium dan serat yang bertanggung jawab untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Apabila Ingin terhindar dari risiko stroke, serangan jantung, dan penyakit lainya. Solusinya adalah mengkonsumsi kacang merah sesuai dengan kebutuhan Makan kacang merah.

Kacang merah sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda, terutama jantung. Tapi ingat, sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak negatif pada tubuh.

8. Dapat mencegah resiko diabetes

Kandungan karbohidrat kompleks, indeks glikemik rendah sehingga dapat mencegah produksi kelebihan gula di dalam tubuh.

9. Meningkatkan sintesis DNA dan RNA

Kandungan asam folat dan vitamin B6, kacang merah dapat membantu pematangan sel darah merah, menurunkan kadar homosistein, untuk meningkatkan sintesis DNA dan RNA di dalam tubuh.

10. Dapat menjaga fungsi sistem saraf

Kandungan thiamin yang dapat mencegah timbulnya penyakit beri-beri. Dan dapat meningkatkan metabolisme karbohidrat dalam tubuh.

11. Dapat meningkatkan proses metabolisme

Proses metabolisme asam lemak, lipid, asam amino, sintesis neurotransmitter, sintesis histamin dan menjaga kulit optimal kesehatan tubuh dengan vitamin B6 itu.

Dikutip Dari Sumber : http://www.merdeka.com/  Dan http://alamtani.com/

Demikian Pembahasan Tentang 11 Manfaat Dan Khasiat Kacang Merah Bagi Kesehatan Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca IndoNews.Co.Id Aminnn … 😀

Baca Juga