11 Manfaat Gandum Bagi Kesehatan Tubuh

Feb 18 2015 - 3:59pm admin indonews2

11 Manfaat Gandum Bagi Kesehatan Tubuh – Gandum adalah makanan yang dapat tumbuh subur di negara beriklim sub tropis yang kontur tanahnya tidak berbukit sehingga tanaman ini sangat sulit untuk tumbuh di Indonesia. Di Indonesia sendiri gandum merupakan salah satu bahan makanan yang banyak di konsumsi. Hal tersebut di karenakan roti, biskuit, dan berbagai macam makanan sehan lainya berasal dari gandum. Selain dapat di olah menjadi berbagai bahan mkanan gandum juga memiliki banyak manfaat seperti berikutBerikut beberapa manfaat gandum untuk
kesehatan.

Manfaat Gandum

1. Mempelancar Pencernaan

Biji gandum mengandung serat, dan komponen prebiotik. Menurut penelitian serat adalah zat yang sangat di butuhkan oleh tubuh dalam proses pencernaan. Sementara itu komponen prebiotik memiliki fungsi untuk menjaga saluran pencernaan kita dari bahaya bakteri jahat.

2. Dapat Memenuhi Kebutuhan Karbohidrat dan Protein

Seperti yang kita ketahui gandum memiliki kandungan karbohidrat, dan nutrisi yang cukup melimpah sehingga dengan mengkonsumsi makanan berbahan gandum dapat membuat kita tidak kekurangan karbohidrat, dan protein. Hal tersebut juga dapat di manfaatkan bagi anda yang ingin diet.

3. Melawan sel kanker

Gandum mengandung antioksidan vitamin E yang mencegah radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh. Gandum dapat mengurangi dan melawan sel kanker yang mungkin dapat terjadi seperti kanker usus besar.

4. Baik Untuk Penderita Jantung dan Kolesterol

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa manfaat gandum lainnya adalah mampu mencegah penyakit jantung koroner. Seperti diketahui bahwa penyebab timbulnya penyakit jantung ini dikarenakan oleh tersumbatnya pembuluh darah yang menuju ke jantung karena adanya kolesterol (LDL). Akibatnya, darah yang mengantarkan oksigen dari paru- paru menuju jantung tidak berjalan dengan baik.

Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi rutin gandum kejadian tersebut dapat dihindari. Hal ini disebabkan karena pada gandum terdapat serat yang mampu mengikat kolesterol, dan langsung dibuang ke dalam saluran pembuangan (usus besar) tanpa diserap oleh usus halus. Gandum juga mengandung asam folat yang mampu mengurangi kelebihan kolesterol dalam darah.

5. Makanan Bagi Ibu Hamil

Bagi anda calon ayah atau calon ibu wajib memilih makan yang baik untuk sang buah hati. Seorang ibu hamil di sarankan untuk tidak hanya makan dalam jumlah banyak tetapi juga di haruskan memakan makanan bergizi tinggi. Dengan karbohidrat, dan protein tinggi gandum termasuk makanan yang baik untuk ibu hamil, apalagi jika di tambah dengan makanan berkalori tinggi seperti kacang polong atau jagung.

6. Mencegah Batu empedu

Dalam berbagai survei oleh American Journal of Gastroenterology, telah membuktikan bahwa roti dan sereal yang terbuat dari biji-bijian membantu perempuan untuk menghindari batu empedu. Gandum kaya akan serat larut, yang menurunkan sekresi asam empedu.

7. Mengurangi Peradangan kronis

Peradangan merupakan konstituen utama dalam sebagian besar jenis rasa sakit radang sendi. Dengan demikian, mengkonsumsi biji-bijian dalam jumlah banyak yang sehat dan aktif akan mengurangi peradangan. Mengkonsumsi gandum mempengaruhi sejumlah aspek dalam kimia tubuh kita yang menjamin risiko yang lebih rendah peradangan kronis dan penyakit lain seperti osteoporosis, penyakit jantung, penyakit Alzheimer, penurunan kognitif, dan diabetes tipe 2.

8. Mengurangi kolesterol

Serat yang terdapat dalam gandum dapat memberikan manfaat bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Gandum memiliki kemampuan untuk mengurangi low density lipoprotein atau LDL yang merupakan kolesterol jahat dalam darah.

9. Meningkatkan Metabolisme

Gandum sangat efektif pada pasien dengan gangguan metabolisme. Jenis sindrom metabolik termasuk obesitas visceral, trigliserida tinggi, rendahnya tingkat kolesterol HDL dan tekanan darah tinggi dapat dilindungi dengan gandum. Dokter merekomendasikan makan roti gandum dan makanan kaya serat lainnya.

10. Mengurangi resiko dari Diabetes Type 2

Oat mengurangi ketergantungan Anda pada insulin dan dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Dalam sebuah studi, ada sekitar 40 persen pengurangan dosis insulin. Gandum adalah salah satu bahan makanan yang ramah untuk penderita diabetes.

11. Mengurangi resiko asma

Studi menunjukkan bahwa jika Anda memperkenalkan makanan berbasis gandum untuk anak, akan mengurangi resiko terkena asma. Rupanya, studi yang sama juga mengatakan bahwa jika Anda memasukkan ikan dalam diet anak Anda pada tahap awal, hal tersebut juga dapat mencegah resiko penyakit rhinitis.

Demikian Ulasan Tentang 11 Manfaat Gandum Bagi Kesehatan Tubuh Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers 😀

Baca Juga