11 Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan

Mar 24 2015 - 10:42pm Indonews Coid

11 Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan – Gula aren atau gula jawa seringkali untuk pemanis alternatif yang digunakan di Indonesia. Tidak hanya manis, itu baik untuk manfaat kesehatan. Dijelaskan, keunggulan manis dan lezat, dilengkapi dengan lidah Asia dan Indonesia. gula aren memiliki indeks glikemik yang sangat rendah yang IG 35. “Ini berarti bahwa penyerapan glukosa lambat sehingga pankreas tidak harus bekerja keras lagi.

Manfaat Gula Aren

Manfaat Gula Aren

Karena keunggulannya, gula aren tidak hanya bermanfaat bagi orang sehat. Dalam beberapa penderita diabetes terbukti turun kadar gula darah setelah mengganti gula putih dengan gula aren.

Selain itu, GI rendah glukosa diserap perlahan-lahan membuat berarti juga, menciptakan energi secara perlahan sehingga tubuh fit lagi. Ketiga, selama proses manufaktur, tidak ada sedikitpun bahan kimia yang ditambahkan, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Gula aren mengandung banyak unsur farmakologi yang bermanfaat seperti Riboflavin, Thiamin, Niacin, Asam askorbat, kalsium dan lain-lain yang aman bagi tubuh. Jadi jika Anda ingin terus menikmati manis tanpa takut risiko diabetes, penggunaan gula aren.

Berikut Adalah Manfaat Gula Aren :

1. Mendinginkan perut

Gula aren jika di gunakan sebagai pemanis minuman akan mendinginkan perut. Apalagi jika  mengkonsumsinya pada kondisi hari yang panas dengan air kelapa muda akan membuat perut menjadi terasa lebih dingin.

2. Rileks

Dalam gula Aren memiliki kandungan selenium lumayan tinggi, sehingga dapat bermanfaat  untuk melemaskan urat saraf . Mengkonsumsi gula aren pada malam hari membut tidur lebih nyenyak.

3. Baik untuk diet

Kandungan kalori gula are lebih sedikit dibandingkan dengan gula biasa. Gula pasir biasa bentuk glukosa sederhana sehingga gampang dicerna dan diserap oleh tubuh. Sedangkan gula Aren, glukosanya solid dan sulit dicerna. hal ini juga baik untuk membantu program diet.

4. Zat besi

Kandungan zat besi yang tinggi sangat bermanfaat dan dibutuhkan wanita, Hal ini dapat membantu mencegah terjadinya penyakit anemia atau kurang darah.

5. Melawan kanker

Dalam gula Aren terdapat antioksidan , Hal ini sangat bermanfaat untuk membantu melawan kanker, dan penuaan dini.

6. Makanan usai melahirkan

Pada wanita yang usai melahirkan di anjurkan untuk mengkonsumsi gula Aren, Hal ini Gula aren banyak memberi energi untuk pemulihan tenaga. Selain itu manfaat lain gula Aren adalah mencegah terjadinya pembekuan darah. Akan tetapi perlu di ingat hanya dengan mengkonsumsi seperlunya saja.

7. Menghilangkan kram

Selenium pada gula Aren membuatnya mampu membantu menghilangkan kram dan nyeri saat menstruasi.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Gula aren mampu membuat suhu tubuh menjadi hangat. kandungan Zat dalam gula aren juga bermanfaat untuk membantu kelancar proses peredaran darah, dan mengurangi nyeri dan juga menguatkan limpa.

9. Menormalkan Kolesterol

Kandungan niacin dalam gula aren mampu menormalkan kolesterol dalam tubuh. Zat Niacin mampu menghaluskan kulit dan membantu sistem pencernaan, Gula aren juga baik untuk mengobati bibir pecah pecah serta sariawan.

10. Menyembuhkan rematik, gangguan ginjal dan masuk angin

Gula aren juga dapat di manfaat kan untuk mengobati rematik, gangguan ginjal dan masuk angin, Campurkan gula aren dengan ramuan herba alam lainya.

Untuk mengatasi rematik :

  • Gula aren dicampur dengan pulosari
  • adas dan cocor bebek.
  • Diminum Pagi dan sore

Sedang untuk mengatasi gangguan ginjal :

  • Gula aren dicampur dengan rimpang temulawak
  • Kumis kucing dan segenggam meniran
  • Diminum Pagi dan sore

11. Mencegah Anemia

Gula aren memiki kandungan zat besi yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk penderita anemia. Zat antioksidan dalam gula aren juga bermanfaat untuk tubuh, menangkal radikal bebas pada tubuh. Dengan mengkonsumsi gula aren dapat mencegah anemia dan menangkal radikal bebas sehingga tubuh tetap sehat.

Demikian Ulasan Tentang 11 Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca IndoNews.Co.Id Aminnn … 😀

Baca Juga