12 Cara Alami Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Jun 13 2015 - 2:27am Indonews Coid

12 Cara Alami Mengatasi Tekanan Darah Rendah – Tekanan darah rendah atau hypotention atau lebih dikenal sebagai hypotention postural lebih umum pada orang-orang yang berdiri atau duduk. Biasanya tekanan darah dikontrol sebagai perubahan posisi tubuh, tapi orang-orang yang memiliki hypotention postural tidak bisa menjaga tekanan darahnya.

Hypotention postural dapat terjadi karena konsumsi antidepresan atau obat antihipertensi (tekanan darah tinggi), dan sering terjadi pada orang yang menderita diabetes mellitus. Tekanan darah rendah akut yang disebabkan oleh shock dan dapat disebabkan oleh cedera serius seperti infark miokard (serangan jantung) atau kegagalan adrenal.

Tekanan Darah Rendah

Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah yang benar adalah jika seseorang selalu memiliki tekanan darah di bawah 120/80, sementara semua yang disebutkan dalam ayat di atas adalah sementara. Seseorang yang mengalami tekanan darah rendah dapat dikatakan memiliki tekanan darah tinggi, jika tekanan sistolik (atas) meningkat setidaknya 20 mmHg dan tekanan diastolik (bawah) meningkat setidaknya 10mmHg, meskipun tekanan darahnya setelah kenaikan tersebut masih di bawah 140/90.

Misalnya seseorang yang darah 110/70 tekanan normal rendah, jika meningkat menjadi 130/80 telah dikatakan memiliki tekanan darah tinggi.

Berikut Adlah Cara Alami Mengatasi Tekanan Darah Rendah

1. Kualitas tidur

Untuk orang yang menderita tekanan darah rendah maka dianjurkan untuk dapat menjaga jadwal istirahat dengan baik. Baik kualitas tidur dapat mengembalikan energi yang hilang, karena pasien tekanan darah rendah sangat membutuhkan energi ekstra untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Penelitian Harvard merekomendasikan untuk makan kacang-kacangan karena dapat meningkatkan tekanan darah. Kacang bisa lambat dicerna oleh sistem pencernaan. Inilah yang membuat tekanan darah naik. Jadi, jangan lupa untuk makan kacang, kacang merah, kacang polong, dan kacang hijau dalam diet Anda sehari-hari.

2. Selalu Memonitor Tekanan Darah

Jika Anda memiliki tekanan darah rendah atau menyadari tanda-tanda, maka Anda harus memantau mereka secara teratur. Beli manset tekanan darah (tensimeter) yang dijual di pasar dan mudah digunakan. Setiap kali Anda bangun di pagi hari merasa tubuh benar-benar lemas, segera memeriksa tekanan darah.

3. Berikut Adalah Makanan Dan Minuman Yang Dapat Mengatasi Darah Rendah :

1. Konsumsi Banyak Air Mineral

Kekurangan cairan tubuh juga dapat mempengaruhi tekanan darah. Cara mengatasi tekanan darah rendah adalah cara yang paling mudah adalah dengan mengkonsumsi air setiap hari 8 sampai 10 gelas. Air dapat membantu memperlancar peredaran darah.

2. Daging Ayam Dan Hati

Kandungan protein yang tinggi dalam daging dan hati ayam dapat membantu meningkatkan tekanan darah. Tubuh membutuhkan protein sel pembangun termasuk sel-sel pembuluh darah.

3. Rutin Berolahraga

Gaya hidup sehat akan sangat baik dalam menghindari berbagai penyakit, terutama penyakit tekanan darah rendah. Hal ini karena dengan melakukan olahraga teratur dan rutin dapat membantu aliran darah sehingga dapat mengatasi masalah darah rendah.

4. Jeruk

Berbagai jenis jeruk diketahui mengandung vitamin C dan vitamin lainnya. Konten itu sendiri kemudian sangat baik untuk tubuh yang membutuhkan banyak nutrisi untuk dapat kembali menormalkan tekanan darah dalam tubuh Anda.

5. Kurma

Manis makanan ringan yang berasal dari Timur Tengah adalah Kurma juga memiliki manfaat untuk menormalkan tekanan darah manusia. Hal ini Karena Kurma dapat memberikan energi yang baik dalam tubuh manusia selain menyehatkan juga mampu menormalkan tekanan darah. Selain itu, tanggal juga memiliki kandungan mineral serta nutrisi lengkap.

6. Bayam

Sayuran hijau seperti bayam kaya akan kalium, tetapi rendah sodium. Folat dalam bayam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah. Proses ini akan menjaga kelancaran arus darah.

7. Kopi

Menurut Dr Santoso Karo Karo, SpJP, MPH (K) yang merupakan mantan ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Yayasan Indonesi (Perki) sebagai dikutiip dari detikhealth, mengatakan bahwa tekanan darah rendah dapat ditingkatkan dengan minum 1-2 cangkir kopi per hari, tetapi yang penting adalah untuk tidak berlebihan.

4. Hindari Mandi Air Panas Terlalu Lama

Mandi air panas memang memiliki efek relaksasi yang luar biasa, tapi bagi anda yang memiliki tekanan darah rendah harus membatasi ini. Alasan utama adalah mandi air panas bisa membuat tekanan darah Anda lebih bawah. Selain itu, juga dapat membuat Anda merasa lemah, pusing, dan tidak bertenaga.

5. Hindari Ankat Beban Berat

Bagi orang yang memiliki tekanan darah rendah, mengangkat beban yang terlalu berat bisa berakibat fatal. Sama seperti bangun tiba-tiba, perubahan mendadak dalam gravitasi pada tubuh kita dapat menyebabkan pusing dan pandangan pusing. Pada orang yang memiliki tekanan darah akut rendah, bahkan dapat menyebabkan pingsan.

Demikian Pembahasan Tentang 12 Cara Alami Mengatasi Tekanan Darah Rendah Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca IndoNews.Co.Id Aminnn … 😀

Baca Juga