12 Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan

Mar 29 2015 - 4:54am Indonews Coid

12 Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan – Buah Srikaya adalah salah satu buah yang mempunyai banyak manfaat. Buah srikaya banyak ditemui di berbagai wilayah Negara Indonesia dan juga Negara yang mempunyai wilayah tropis pada umumnya. Buah srikaya sering disebut denggan buah nora yang kaya akan antioksidan, vitamin C, kalsium, magnesium, zat besi, juga niasin dan potasium.

Banyak manfaat dan khasiat di temui dalam buah Srikaya yang berguna bagi tubuh. Dan juga buah ini dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit, karena kandungan zat yang ada dalam buah ini.

Manfaat Buah Sirkaya

Manfaat Buah Srikaya

1. Kaya akan magnesium

Penelitian kesehatan telah menunjukkan bahwa kandungan kadar magnesium yang rendah dalam tubuh dapat meningkatkan risiko diabetes. Karena rendahnya asupan magnesium akan membuat produksi insulin dalam tubuh menjadi berlebih. Jadi Mengkonsumsi buah srikaya adalah salah satu solusinya.

2. Zat anti diabetes

Di dalam buah Srikaya atau apel custard terdapat kandungan zat anti diabetes. Zat ini akan membantu mengendalikan kadar glukosa, dan meningkatkan asupan glukosa oleh otot. Ini membantu tubuh mengendalikan penggunaan glukosa secara berlebihan.

3. Kaya vitamin C

Kandungan vitamin C dalam buah srikaya membantu dalam simulasi insulin di tubuh. srikaya mengandung banyak vitamin C sehingga secara tidak langsung dapat mengontrol diabetes Anda.

4. Kaya Kalium

Kandungan Kalium dalam buah srikaya pada umumnya membantu mengatur tingkat insulin dalam tubuh, sehingga produksinya tidak berlebihan atau kurang. Tubuh yang kekurangan kalium akan memiliki resiko lebih besar mengalami diabetes.

5. Kaya Zat besi

Kandungan zat besi yang cukup banyak pada srikaya. Ini membantu mencegah terjadinya anemia atau kurang darah, sekaligus membantu mengontrol kadar glukosa pada penderita diabetes.

6. Untuk wanita hamil

Untuk Wanita yang sedang hamil yang gemar makan srikaya maka akan membantu pertumbuhan otak janinnya akan baik. Demikian juga sistem syaraf serta sistem kekebalan tubuh janin yang dikandungnya.

7. Mengatasi Asma

Penyakit asma atau sesak nafas juga bisa dikurangi intensitas kambuhnya karena terdapat vitamin B6 dalam srikaya. Ini akan mengurangi peradangan di organ paru yang memicu terjadi asma.

8. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan Magnesium dalam buah srikaya adalah nutrisi yang membantu pasien sakit jantung menjadi lebih sehat dan terhindar dari serangan jantung.

9. Bik Untuk Pencernaan

Karena kandungan serat dalam srikaya tinggi baik untuk pencernaan, demikian juga tembaga yang ada di dalam buah yang rasanya manis ini, maka pencernaan Anda bisa lebih sehat dan BAB lancar.

10. Mengontrol Tekanan darah

Kandungan Potasium dan magnesium dalam srikaya mampu menjaga tekanan darah untuk tetap stabil dan normal.

11. Menurunkan Kolesterol

Kandungan Niasin dalam buah akan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

12. Mengatasi Anemia

Kandungan Zat besi dalam buah sirkaya ini berfungsi sebagai stimulan, ekspektoran, dan haematnic yang baik mengatasi anemia.

Tips Mengkonsumsi Buah Sirkaya

  • Pastikan getah srikaya tidak mengenai mata karena dapat menyebabkan kebutaan.
  • Buah ini memiliki efek mendinginkan. Disarankan tidak berlebih mengkonsumsi srikaya berlebih karena dapat menyebabkan pilek.
  • Biji srikaya beracun, karenanya, jangan dimakan.
  • Jangan mengkonsumsi buah ini jika Anda memiliki penyakit diabetes karena srikaya tinggi kadar gula.

 

Demikian Pembahasan Tentang 12 Manfaat Buah Sirkaya Bagi Kesehatan Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca IndoNews.Co.Id Aminnn … 😀

Baca Juga