12 Manfaat Dan Khasiat Air Putih Bagi Ibu Hamil

Aug 17 2015 - 4:00am Indonews Coid

IndoNews.Co.Id – Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di Bumi. Air juga merupakan sumber kehidupan yang sangat primer, Baik dalam kehidupan sehari – hari maupun untuk kesehatan tubuh. Wanita hamil juga sangat butuh banyak asupan cairan untuk menjaga kesehatan tubuh dan kesehatan janinnya. Simak selengkapnya manfaat air putih bagi ibu hamil berikut.

Manfaat Air Putih

Manfaat Air Putih : Source By Youtube

1. Mengurangi Sakit Kepala Selama Kehamilan

Sakit kepala adalah masalah yang sering datang selama kehamilan. Sakit kepala biasanya disebabkan oleh ketidakseimbangan cairan tubuh, sistem hormon, dan kelelahan. Dengan mengkonsumsi air secara seimbang dan teratur, sakit kepala pasti akan berkurang bahkan tidak terjadi sama sekali.

2. Mencegah Dehidrasi

Selama kehamilan, dehidrasi menjadi masalah utama yang sering dialami ibu hamil. Dehidrasi dapat menyebabkan munculnya penyakit seperti sakit punggung, sakit kepala, dan bahkan masalah ginjal. Mengkonsumsi air yang cukup untuk mencegah timbulnya dehidrasi.

3. Mencegah munculnya Stretch Mark

Stretch mark terjadi karena kulit sebenarnya kekurangan nutrisi dan kurang terhidrasi tertarik karena ukuran peningkatan kandungan. Namun, dengan mengkonsumsi air putih yang seimbang, kulit mampu menahan dan mencegah stretch mark. Kulit menjadi lebih elastis dan lembut sehingga stretch mark sangat mungkin tidak terjadi.

4. Menghilangkan Racun

Selama kehamilan, apa yang dikonsumsi oleh tubuh menjadi sangat penting karena setiap makanan yang masuk ke tubuh ibu juga akan masuk ke dalam tubuh janin. Air dapat membilas racun dan membantu kinerja hati dan ginjal untuk mengeluarkan racun dari tubuh ibu hamil.

5. Menyeimbangkan Suhu Tubuh

Pada awal kehamilan, suhu tubuh wanita hamil akan meningkat. dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi air rajin setiap hari dibandingkan dengan mengkonsumsi minuman lain seperti teh atau kopi. Air putih mudah diserap oleh tubuh dan dapat membantu menyeimbangkan suhu tubuh kurang stabil selama kehamilan.

6. Peningkatan energi

Setiap organ dalam tubuh kita membutuhkan asupan cairan untuk bekerja secara optimal. Jika kebutuhan cairan terpenuhi, maka tubuh akan tetap segar dan berenergi.

7. Mencegah munculnya masalah kulit

Minum cukup air dapat membuat kulit Anda menjadi sehat, bersih, lembab dan elastis. Kulit lembab dapat membantu mencegah stretch mark atau gatal yang sering muncul selama kehamilan.

8. Mencegah morning sickness

Mual dan muntah di pagi hari sering dialami ibu hamil. Hal ini dapat dicegah dengan banyak minum air putih secara rutin setiap harinya.

9. Menjaga berat badan ideal

Minum banyak air diyakini membuang kelebihan lemak. Oleh karena itu, berat badan Anda akan tetap utuh dan ideal.

10. Mencegah hipertensi

Tubuh menyerap air sehingga semua fungsi tubuh bekerja dengan baik, termasuk sel-sel darah. Sel-sel darah menyerap air untuk memperlancar peredaran darah ke tubuh Anda. Ketika tubuh kekurangan air mengakibatkan mengental darah sehingga sirkulasi darah lambat, mengakibatkan hipertensi.

11. Melindungi janin

Kantung ketuban diisi dengan cairan yang berfungsi untuk melindungi janin. Oleh karena itu, pastikan asupan cairan air putih cukup sehingga bayi dilindungi dengan baik.

12. Mencegah sembelit

Selain mengonsumsi makanan berserat, konsumsi air juga membantu pencernaan, sehingga Anda menghindari masalah sembelit yang sering dialami ibu hamil.

Sebagian Dikutip Dari Sumber : bidanku.com

Simak Di Bawah Ini Yaa Untuk Artikel Kesehatan Lainya :

Demikian Pembahasan Tentang 12 Manfaat Dan Khasiat Air Putih Bagi Ibu Hamil Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca IndoNews.Co.Id Aminnn … 😀

Baca Juga