12 Manfaat Dan Khasiat Ubi Jalar Bagi Kesehatan

Mar 25 2015 - 11:41pm Indonews Coid

12 Manfaat Dan Khasiat Ubi Jalar Bagi Kesehatan – Ternyata selain lezat untuk diolah sebagai camilan, ubi jalar memiliki manfaat bagi kesehatan. Ubi jalar memiliki nutrisi lengkap, juga kaya akan vitamin dan mineral. Sudah bukan rahasia lagi bahwa ubi jalar merupakan salah satu tanaman yang mengandung banyak manfaat di dalamnya. Selain bergizi, ubi jalar juga memiliki selera yang baik dan dapat dikonsumsi dalam berbagai cara. Tapi tidak banyak yang tahu bahwa ubi jalar juga bisa menurunkan berat badan.

Manfaat Ubi Jalar

Manfaat Ubi Jalar

Berikut Adalah Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan :

1. Mengandung Antioksidan

Ubi jalar memiliki banyak antioksidan. Anthocyanin dalam ubi jalar ungu adalah salah satu antioksidan terbaik yang berisi ubi jalar, dan beta karoten oranye berbagai antioksidan kuat lainnya. Anthocyanin memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu menangkal berbagai penyakit. Ini adalah salah satu alasan yang tak terbantahkan untuk makan ubi jalar lebih sering.

2. Mengandung Mangan

Satu ubi jalar menengah memiliki 28 persen dari kebutuhan harian Anda mangan, mineral penting yang membantu tubuh memetabolisme karbohidrat dan membuat Anda merasa berenergi lagi. Mangan membantu tubuh menyerap nutrisi penting lainnya, dan membantu menjaga tulang kuat dan sehat. Mengkonsumsi ubi jalar dapat membantu mencegah defisiensi mangan.

3. Merupakan Sumber Beta-karoten

Seperti disebutkan di atas, ubi jalar kaya akan beta karoten. Satu ubi jalar sedang mengandung lebih dari 200 persen dari kebutuhan harian Anda dari beta karoten. Mungkin Anda tahu bahwa beta-karoten adalah nutrisi penting bahwa tubuh Anda menjadi vitamin A yang lebih penting, yang membuat mata Anda sehat dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami.

4. Mengandung Quercetin

Ubi jalar mengandung banyak nutrisi penting, termasuk quercetin. Quercetin merupakan makanan utama flavonoid sangat sehat dan memiliki banyak manfaat. Quercetin dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan mengurangi peradangan. Selain itu, sebagai antihistamin alami yang dapat membantu meringankan alergi, dan dapat menyembuhkan orang yang menderita alergi musiman atau kronis.

5. Membantu mengontrol gula darah

Meskipun ubi jalar mengandung karbohidrat, mereka dapat membantu mengelola kadar gula darah. Karena ubi meningkatkan kadar adiponektin, mereka dapat mengubah metabolisme insulin yang membantu mengontrol kadar gula darah. Ubi jalar juga kaya serat, yang berarti mereka memperlambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah dan dapat membantu mencegah lonjakan gula darah.

6. Baik untuk jantung

Ubi jalar merupakan sumber fantastis kalium dan vitamin B6, dua nutrisi penting yang baik bagi jantung Anda. Kalium membantu mencegah tekanan darah tinggi dan vitamin B6 membantu memecah homosistein yang dapat menyebabkan pengerasan arteri dan menyebabkan penyakit kardiovaskular. Ketika Anda makan ubi jalar, Anda mendapatkan kedua kalium dan vitamin B6, yang sangat penting bagi jantung Anda.

7. Kaya Akan Vitamin C

Ketika datang ke vitamin C, kita sering berpikir tentang buah jeruk pertama. Namun, ubi jalar juga tinggi vitamin C. Sebuah ukuran sedang ubi jalar mengandung sekitar 40 persen dari kebutuhan harian vitamin C. Ini membantu tubuh memproduksi kolagen yang membuat sendi dan kulit yang sehat. Plus, dapat membantu Anda mengatasi stres lebih baik.

8. Mengandung Vitamin D

Vitamin D sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan. Hal ini memainkan peran penting dalam tingkat energi Anda, membantu meningkatkan mood Anda dan membangun tulang yang sehat. Hal ini juga baik untuk jantung Anda, kulit, dan gigi. Makan ubi jalar lebih sering, dapat membantu Anda menghindari kekurangan vitamin D.

9. Mencegah Diabetes

Ubi jalar dianggap mengandung indeks glikemik rendah dan penelitian terbaru menunjukkan ubi jalar dapat mengurangi gula darah dan resistensi insulin pada penderita diabetes. Serat dalam ubi jalar membuat perbedaan besar juga. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan diabetes tipe 1 yang mengkonsumsi diet tinggi serat, telah meningkatkan kadar gula darah, lipid dan insulin. Satu ubi jalar sedang memberikan sekitar 6 gram serat.

10. Kurangi Tekanan Darah

Mempertahankan asupan natrium yang rendah sangat penting untuk menurunkan tekanan darah, tapi meningkatkan asupan kalium mungkin sama pentingnya. Menurut National Health dan Nutrition Examination Survey, kurang dari 2% dari orang dewasa di AS memenuhi rekomendasi harian kalium adalah 4.700 mg.3 Satu ubi jalar menyediakan sekitar 542 miligram. Asupan kalium yang tinggi dikaitkan dengan penurunan 20% risiko kematian dari tekanan darah tinggi.

11. Meningkatkan Kekebalan

Makanan nabati seperti ubi jalar tinggi vitamin C dan beta-karoten menawarkan meningkatkan kekebalan tubuh dari kombinasi yang kuat mereka nutrisi. Kandungan vitamin C dalam ubi jalar, mencegah penyakit seperti virus flu datang melelui.

12. Menjaga Kesehatan Mata

Menurut Jill Koury Duke dokter mata, MD, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan segmen luar fotoreseptor mata memburuk, merusak penglihatan normal. Memperbaiki kekurangan vitamin A dengan makanan tinggi beta karoten akan mengembalikan kemampuan penglihatan.

Demikian Ulasan Tentang 12 Manfaat Dan Khasiat Ubi Jalar Bagi Kesehatan Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca IndoNews.Co.Id Aminnn … 😀

Baca Juga