12 Manfaat Daun Bayam Bagi Kesehatan

Aug 11 2015 - 7:00am admin indonews2

12 Manfaat Daun Bayam Bagi Kesehatan

Bayam merupakan sayuran berwarna hijau. Memiliki dua macam jenis yakni bayam petik dan bayam cabut. Bayam petik memiliki daun yang lebih lebar jika dibandingkan dengan bayam cabut dan batang besar dengan tinggi hampi 2 meter. Jenis bayam petik sangat cocok untuk diolah menjadi pecel, gado-gado, lalapan, urap dan masihg banyak lagi.

Manfaat Bayam

12 Manfaat Daun Bayam Bagi Kesehatan

Berbeda dengan bayam cabut yang memiliki daun lebih kecil dan berumur pendek. Jenis bayam ini sangat cocok untu dijadikan sop kunci dan sop bobor. Sayuran bayam sangat terkenal di kalangan masyarakat. Kita gemar mengonsumsi bayam dikarenakan rasanya yang sedap. Selain itu bayam juga sangat bermanfaat untuk.

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Beta-karoten dan Vitamin C dalam bayam berguna untuk menjaga kesehatan sel-sel usus dari efek negatif radikal bebas.

2. Perangsang Pertumbuhan

Zat besi pada daun bayam merupakan mineral yang bermanfaat bagi pertumbuhan anak-anak dan remaja.

3. Menjaga Fungsi Otak

Kandungan Vitamin K membuat sistem sarat otak menjadi sehat dan fungsi sintesis Sphingolipids.

4. Menjaga Kepadatan Dan Kekuatan Tulang

Setiap satu cangkir daun ayam mengandung lebih dari 1000% AKG vitamin K dan berguna untuk mencegah kelebihan Osteoklas atau sel-sel pemecah tulang.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin A dalam bayam bermanfaat untuk menjadikan kulit lebih sehat dan menjaga kelembaban kulit labih epidermis untuk mencegah jerawat dan keriput.

6. Menjaga Penglihatan

Anti oksidan dalam bayam mampu melindungi mata dari katarak dan gangguan penglihatan akibat usia.

7. Mengurangi Tekanan Darah

Pada daun bayam terdapat Angiotensin dan Peptida yang terbukti bisa menurunkan tekanan darah.

8. Sebagai Anti Oksidan

Bayam banyak mengandung berbagai senyawa pencegah penyakit seperti Vitamin C, Vitamin E, Beta-karoten, Mangan , Seng, dan Selenium yang mampu menangkal radikal bebas.

9. Manfaat Bayam Untuk Diet
Satu cangkir bayam memiliki hampir 20% dari RDA serat makanan, yang membantu pencernaan, mencegah sembelit, mempertahankan gula darah rendah, dan makan berlebihan curbs.

10. Manfaat Bayam Untuk kanker
Flavonoid adalah sebuah phytonutrisi dengan sifat anti-kanker berlimpah dalam bayam telah ditunjukkan untuk memperlambat Pembelahan sel dalam perut manusia dan sel-sel kanker kulit. Selain itu, bayam telah menunjukkan perlindungan yang signifikan terhadap terjadinya kanker prostat agresif.

11. Manfaat Bayam Sebagai Anti Inflamasi
Neoxanthin dan Violaxanthin dua Anti Inflamasi epoxyxanthophylls yang memainkan peran penting dalam regulasi peradangan dan hadir dalam jumlah yang tidak biasa dalam bayam.

12. Manfaat Bayam Untuk Kekebalan
Satu cangkir bayam mengandung lebih 337% dari RDA vitamin A yang tidak hanya melindungi dan memperkuat “entry point” ke dalam tubuh manusia, seperti membran mukosa, saluran pernapasan, saluran kemih dan usus, tetapi juga merupakan komponen kunci dari limfosit ( atau sel darah putih) yang memerangi infeksi.

Tak salah jika popeye sangat gemar mengonsumsi bayam kemudian menjadi kuat. Hal ini dikarenakan zat besi yang terkandung dalam Bayam sangat tinggi dibanding sayuran daun lain. Adapun manfaat zat besi adalah sebagai penyusun sitokrom, dan protein yang terlibat Dalam proses fotosintesis dengan begitu berguna untuk penderita anemia. Mari Konsumsi bayam agar sehat dan kuat seperti popeye. Semoga Bermanfaat Indonewsers 🙂

Baca Juga