12 Manfaat Daun Katuk Bagi Kesehatan

Mar 27 2015 - 12:11am Indonews Coid

12 Manfaat Daun Katuk Bagi Kesehatan – Daun katuk merupakan salah satu jenis sayuran yang biasanya di Indonesia di kenal manfaatnya sebagai pelancar atau meningkatkan ASI ibu menyusui. Dan ternyata di balik semua itu terdapat banyak manfaat lain daun Katuk bagi kesehatan. Namun masih sebagian orang yang maengetahui manfaat daun ketuk tersebut berikut adalah manfaat daun katuk simak selengakapnya :

Manfaat Daun Katuk

Manfaat Daun Katuk

Berikut Adalah Manfaat Daun Katuk Bagi Kesehatan

1. Daun ini kaya vitamin K

Selain pro-vitamin A (beta-karotena), B, dan C. Mineral yang dikandungnya adalah kalsium (hingga 2,8%), besi, kalium, fosfor, dan magnesium. Warna daunnya hijau gelap karena kadar klorofil yang tinggi.

2. Efektif untuk melancarkan ASI

Untuk ibu yang sedang menjalani proses menyusui. Senyawa minyak esensial (saponin, flavooid, tanin, triterpenoid) sejumlah asam amino, vitamin a, b, dan c, mineral (kalsium, fosfor, zat besi) serta tujuh senyawa aktif lainnya.

3. Mencegah Osteoporosis

Selain untuk meningkatkan produksi ASI,  daun katuk juga dapat mencegah osteoporosis. Kandungan efedrin yang tinggi bagus untuk penderita influenza. Daun katuk juga kaya senyawa yang dapat meningkatkan mutu dan jumlah sperma dan mampu membangkitkan vitalitas pria.

4. Mengandung Efedrin

Ternyata daun katuk sangat baik bagi penderita influenza. Kandungan zat besi yang cukup tinggi tentunya dapat mengatasi gejala pemyakit anemia.

5. Terdapat 7 senyawa aktif yang merangsang produksi hormon-hormon steroid dan senyawa eiksonoid.

6. Sebagai sumber manfaat vitamin A

Kandungan vitamin A tersebut adalah yang diperlukan untuk mencegah penyakit mata, pertumbuhan sel, sistem kekebalan tubuh, dan reproduksi.

7. Daun katuk dapat mengandung hampir 7% protein dan serat kasar sampai 19%. Daun ini juga kaya akan vitamin K. Selain pro-vitamin a (beta karoneta), b, dan c.

8. Kandungan kalori

Kandungan protein dan karbohidrat di dalam daun katuk  bermanfaat untuk memenuhi asupan kalori tubuh kita setiap harinya.

9. Daun katuk juga kaya akan vitamin a, b1 dan c

Senyawa fitokimianya seperti tanin, saponin, dan alkaloid papaverin berpotensi sebagai bahan obat alami.

10. Menyehatkan mata

Kandungan betakarotin yang tinggi dan vitamin a yang di percaya membantu mencegah gangguan mata.

11. Baik untuk kesehatan pria

Di dalam daun katuk terdapat zat aktif yang bermanfaat merangsang sintesis hormon steroid seperti progestron, dan testoteron sehingga dapat membantu membangkitkan vitaslitas seksual, dan memacu kualitas dan kuantitas sperma.

12. Kalsium yang sangat rendah dapat menyebabkan naikknya tekanan darah tinggi. Untuk mengatasinya, cobalah mengkonsumsi daun katuk yang cukup baik kadar kalsiumnya.

Tips Mengkonsumsi Daun Katuk

Perlu diketahui, daun katuk mengandung papaverina, suatu alkaloid yang juga terdapat pada candu (opium). Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti keracunan papaverin.\

Demikian Pembahasan Tentang 12 Manfaat Daun Katuk Bagi Kesehatan Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca IndoNews.Co.Id Aminnn … 😀

Baca Juga