12 Manfat Kacang Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

Feb 8 2015 - 6:42pm admin indonews2

12 Manfat Kacang Hijau Untuk Kesehatan Tubuh – Siapa yang tidak kenal dengna kacang hijau, salah satu bahan pangan yang sangat melimpah di Indonesia. Kacang Hijau sendiri merupakan salah satu makanan yang biasa diolah dengan berbagai jenis makanan, bisa menjadi bubur, kue, minuman, dan lain sebagainya. Contohnya saja seperti bubur kacang hijau, puding kacang hijau, es kacang hijau, dan masih banyak yang lainnya.

Kacang Hijau

Kacang hijau sendiri merupakan sejenis tumbuhan polong atau semacam kacang-kacangan. Kandungan protein yang dikandung kacang hijau cukup tinggi, jadi sangat bermanfat bagi tubuh kita. Selain itu, karbohidrat yang dimilikinya juga cukup tinggi, sehingga bisa menjadi pengganti untuk asupan tenaga kita sehari-hari.

Selain mengandung protein dan juga karbohidrat yang tinggi, kacang hijau juga memiliki kandungna lain, yaitu serat yang tinggi dan juga vitamin B dan C. Nah, untuk manfaat kacang hijgau sendiri, bisa kita baca dibawah ini.

1. Manfaat Kacang Hijau Untuk Pencernaan

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, kacang hijau memiliki serat yang tinggi. Serat bermanfaat bagi pencernaan tubuh kita. Sehingga kinerja dari usus akan lebih ringan untuk mencerna makanan dalam tubuh kita.

2. Khasiat Kacang Hijau Mencegah Penyakit

Selain buah jeruk yang mengandung banyak vitamin C, kacang hijau juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Karena vitamin C dikenal sebagai salah satu vitamin yang dapat mencegah penyakit atau virus, karena dapat menambah kekebalan tubuh kita. Vitamin C juga berguna bagi anda yang sedang mengalami influenza atau batuk, agar lebih cepat untuk sembuh.

3. Kandungan Kacang Hijau Rendah Lemak

Tumbuhan polong-polongan dikenal memiliki kandungan lemak yang sedikit. Sama juga seperti kacang hijau yang memiliki kandungna lemak sangat sedikit, bahkan hampir tidak ada. Tentunya ini bermanfaat bagi anda yang sangat menghindari lemak.

4. Manfaat Lain Kacang Hijau Untuk Kolestrol

Kacang hijau juga dikenal sebagai salah satu obat untuk menurunkan kolestrol. Pasalnya, kacang hijau sendiri memiliki kandungan kolestrol yang rendah, dan juga memiliki serat yang tinggi. Ini akan membantu anda untuk mengurangi kolestrol. Untuk penerapannya cukup konsumsi kacang hijau setiap hari dengan beberapa varian sajian agar anda tidak bosan. Misalnya digunakan sebagai bubur, pudding, jajanan, atau yang lainnya.

5. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Manfaat kacang hijau lainnya adalah, Peran kacang hijau untuk meningkatkan penyerapan nutrisi secara tidak langsung berperan dalam perbaikan pertumbuhan badan. Hal ini bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi kecambah kacang hijau, karena kecambah kacang hijau mengandung enzim-enzim aktif yang dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dan memperlancar metabolisme tubuh.

6. Membantu Penyerapan Protein Dalam Tubuh

Vitamin B2 pada kacang hijau dapat membantu penyerapan protein di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kehadiran vitamin B2 akan meningkatkan pemanfaatan protein sehingga penyerapannya menjadi lebih efisien lagi.

7. Sebagai Sumber Energi

Kandungan vitamin B kompleks pada kacang hijau bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan. Bila tubuh kita kekurangan vitamin B, hal ini dapat mengganggu proses pencernaan sehingga berdampak buruk pada perkembangan tubuh. Hal ini dikarenakan vitamin B merupakan bagian enzim yang berperan penting dalam oksidasi karbohidrat agar bisa di ubah menjadi energi. Tanpa kehadiran Vitamin B tentu tubuh akan mengalami kesulitan dalam mencerna karbohidrat. Jadi jika ingin banyak energi maka banyak-banyaklah mengkonsumsi kacang hijau.

8. Memaksimalkan Kerja Sistem Syaraf

Manfaat Kacang Hijau di antaranya dapat memaksimalkan sistem kerja syaraf. Tanda-tanda orang yang kekurangan vitamin B1 adalah penurunan kerja syaraf karena pencernaan karbohidrat yang terganggu. Biasanya muncul gejala tidak mampu memusatkan pikiran dan kurang bersemangat. Sedangkan kacang hijau yang mengandung vitamin B1 tentu bermanfaat dapat kembali memaksimalkan sistem kerja syaraf.

9. Meningkatkan Keaktifan Fisiologi Tubuh

Kacang hijau juga bermanfaat untuk meningkatkan keaktifan fisiologi tubuh melalui mineral-mineral yang terkandung di dalamnya. Mineral-mineral pada kacang hijau ini sangat berperan dalam meningkatkan keseimbangan enzim-enzim dalam tubuh. Zat besi pada kacang hijau berfungsi menghasilkan sel darah merah, mencegah anemia. Zinc membantu membentuk keseimbangan hormon dan sistem kelenjar. Sedangkan manganese sebagai pendukung kerja enzim yang mencerna karbohidrat.

10. Membantu Dalam Pertumbuhan Dan Pembentukan Sel-Sel Baru

Kacang hijau juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung protein lengkap yang membantu pembentukan sel-sel tubuh seperti organ, otot dan otak.

11. Membantu Pembentukan Sel-Sel Tulang

Kacang hijau bermanfaat untuk membantu pembentukan sel-sel tulang. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung kalium dan phosphor yang bermanfaat untuk membantu regenerasi sel-sel tulang dan gigi.

12. Sebagai Antioksidan

Pada kacang hijau dan kecambah mengandung zat antioksidan yang sangat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini dan berbagai penyakit degeneratif. Selain itu kacang hijau juga mengandung mineral selenium yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah kanker.

Demikian Ulasan Tentang 12 Manfat Kacang Hijau Untuk Kesehatan Tubuh Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers 😀

Baca Juga