120 Manfaat Jambu Mete Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Jan 30 2015 - 2:14am admin indonews2

120 Manfaat Jambu Mete Untuk Kesehatan Tubuh Anda – Jambu mete atau jambu monyet merupakan jenis tanaman yang dapat tumbuh subur di daratan Indonesia. Meskipun lebih sering di sebut sebagai jambu monyet tetapi bentuk buah dari jambu monyet sama sekali tidak mirip dengan seekor monyet. Pohon jambu mete sendiri memiliki banyak manfaat bagi manusia. Manfaat tersebut tidak hanya di dapatkan dari buahnya tetapi juga berasal dari daun serta bijinya.

Manfaat-jambu-mete

Manfaat-jambu-mete

http://www.indonews.co.id/ Di Indonesia sendiri buah jambu mete cukup populer untuk kesehatan. Nah, disini saya akan memberikan beberapa manfaat yang bisa kita ambil dari buah jambu mete.

Berikut Adalah Manfaat Jambu Mete Untuk Kesehatan Anda :

1. Membunuh Bakteri

Bakteri merupakan salah satu jenis mahluk hidup yang merugikan manusia karena dapat mengganggu proses pencernaan pada manusia. Jambu mete sendiri mengandung zat tanim anacardic acid dan cordol yang berfungsi untuk membunuh bakteri.

2. Dapat di Jadikan Lalapan

Seperti yang di jelaskan di atas manfaat jambu mete tidak hanya di dapatkan dari buahnya saja. Tetapi daun jambu mete juga memiliki manfaat dengan cara di jadikan lalapan baik dalam keadaan matang maupun dalam keadaan mentah.

3. Mengatasi Radang Tenggorokan

Penyakit tenggorokan sering terjadi jika kita meminum es di siang hari. Untuk mengatasi hal tersebut dapat di lakukan dengan cara mencium sesuatu yang memiliki bau aromatik seperti daun jambu mete.

Cuci 5 buah semu jambu mede sampai bersih, lalu parut. Tambahkan 4 sendok makan air masak dan 2 sendok makan madu sambil diaduk rata. Peras ramuan tersebut, lalu saring. Gunakan air saringannya untuk berkumur (langsung ditelan), sehari 3 kali, masing-masing 2 sendok makan.

4. Melembutkan dan Menyehatkan Kulit

Bagian lain dari jambu mete yang dapat di manfaatkan adalah bijinya. Biji jambu mete dapat di manfaatkan sebagai pelembut kulit atau penghilang rasa nyeri pada tubuh.

5. Sebagai Obat Cuci Perut

Akar jambu mete juga memiliki manfaat yang berguna bagi tubuh. Jika anda merasakan sakit perut di sarankan untuk mengkonsumsi akar dari pohon jambu mete karena akar jambu mete memiliki manfaat sebagai obat isi perut atau pencahar.

6. Melancarkan Proses Pencernaan

Selain sebagai obat cuci perut bagian akar pohon jambu mete ternyata juga dapat memperlancar proses pencernaan. Hal tersebut di karenakan bagian akar pohon jambu mete dapat memacu aktivitasenzim pencernaan.

7. Manfaat Jambu Mete Untuk  Sembelit

Ambil dan Cuci 10 g kulit kayu jambu mete hingga bersih, lalu rebus dalam dua gelas air selama 30 menit. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum, sehari 2 kali.

8. Manfaat Jambu Mete Untuk  Kencing manis (diabetes mellitus)

Ambil dan Cuci 15 g kulit jambu mete hingga bersih, lalu potong-potong seperlunya. kemudia Rebus dalam tiga gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air yang sudah di saring diminum, sehari 2 kali masing-masing ½ gelas.

9. Manfaat Jambu Mete Untuk Sariawan

Ambil dan Cuci segenggam daun mete muda segar dan sepotong kulit kayu jambu mete cuci sampai bersih, lalu direbus dalam 1 liter air sampai mendidih selama 20 menit. Setelah dingin, saring diminum. Pengobatan dilakukan sehari 2-3 kali, masing-masing 1 gelas. Air rebusannya tersebut juga dapat digunakan untuk berkumur –kumur.

10. Manfaat Jambu Mete Untuk  Rematik , tekanan darah tinggi

Ambil lalu Iris-iris segenggam daun jambu mete ,muda, dan rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum, sehari 2 kali, masing-masing ½ gelas.

11. Manfaat Jambu Mete Untuk  Mengobati penyakit eksim dan penyakit kulit kronis

Daun jambu mete yang sudah tua juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit eksim dan penyakit kulit, serta sebagai obat luka bakar.

12. Manfaat Jambu Mete Untuk  Obat perangsang birahi

Daun jambu mete muda sering digunakan sebagai lalapan dan bahan sayur. Daun muda jambu mete ini memiliki kemampuan seperti jamu sari rapet dan sekaligus berfungsi sebagai obat perangsang birahi.

13. Manfaat Jambu Mete Untuk Diabetes mellitus

Ambil dan Rebus dua potong kulit batang jambu mete lalu adas pulawaras secukupnya dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Minum 2 kali sehari pada pagi dan sore.

14. Manfaat Jambu Mete Untuk  Disentri

Ambil dan Rebus 1 genggam daun jambu mete kemudian 1 potong kulit batang jambu monyet dengan  seliter air sampai mendidih, lalu disaring. Minum 2 kali sehari, pada pagi dan sore.

15. Manfaat Jambu Mete Untuk  Radang mulut

Ambil dan rebus  segenggam daun jambu mete lalu 1 potong kulit batang jambu mete dengan  seliter air hingga mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Lalu minum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

“Konsumsi kacang mete juga dapat membantu seseorang agar terhindar dari penyakit tenggorokan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh,” 

Nah, itu dia beberapa manfaat jambu mete yang bisa kita ambil. Namun perlu diingat, jambu mete jika dikonsumsi terlalu banyak, dapat berakibat buruk. Nah, jadi konsumsi jambu mete secukupnya saja sesuai kebutuhan anda.

Demikian Ulasan Tentang 120 Manfaat Jambu Mete Untuk Kesehatan Tubuh Anda Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers 😀

Baca Juga