122 Manfaat Daun Sendok Bagi Kesehatan

Feb 2 2015 - 1:56am admin indonews3

122 Manfaat Daun Sendok Bagi Kesehatan – Bagi sebagian petani perkebunan menganggap tumbuhan yang satu ini sebagai hama atau gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman yang lain. Namun sebenarnya tumbuhan ini merupakan salah satu tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai obat alternatif dalam mengobati beberapa macam penyakit. Hal ini juga telah dilakukan sejak dahulu oleh nenek moyang kita dengan menjadikan daun sendok sebagai obat tradisional.

Daun Sendok sejatinya memiliki nama latin Plantago mayor L  yang merupakan tumbuhan daratan Asia dan Eropa dan dapat ditemukan dari dataran rendah sampai ketinggian 3.300 m dpl. Ciri utama dari tumbuhan sendok ini memili bentuk daun bundar telur sampai lanset melebar, tepi rata atau bergerigi kasar tidak teratur, permukaan licin atau sedikit berambut, pertulangan melengkung.

Manfaat Daun Sendok Bagi Kesehatan

Daun Sendok

indonews.co.id/ Beberapa ilmuwan juga tengah meneliti mengenai kandungan yang ada didaun sendok ini, tak terkecuali dengan pakar kesehatan herbal tanah air yakni Prof. Dr. Hembing Wijayakusuma. Beliau melakukan penelitian mengenai kandungan senyawa yang terkandung dalam daun sendok. Terbukti dari hasil penelitian ternyata tumbuhan yang satu ini memiliki banyak sekali kandungan yang sejatinya sangat bermanfaat bagi kesehatan, tak hanya dari daun melainkan bijinya juga memiliki kandungan yang sangat bermanfaat.

Beberapa kandungan kimi yang telah terdeteksi di daun sendok ini adalah plantagin,aucubin, ursolic acid,bethasitosterol,hentria-contane dan plantaglucide yang terdiri dari methyl d-galacturonate, D-3galactose, L-arabinose dan L-rhammose. Vitamin B1, C, A dan kalium. Rhinantin,turunan dari naphazolin sebagaiandrenergik agent, menghilangkan nyeri urat.

Sedagkan dari biji sendok ternyata juga memiliki kandungan yang hampir sama yakni: planterolic acid,plantasan (dengan komposisi xylose, arabinose, galacturonic acid dan rhammose), protein adenine, choline, catalpol, dan asamlemak; palmitic acid, succinic acid, stearic acid, arachidic acid, linolenicacid dan lenoleic acid.

Dengan demikian terbukti sudah jika memang daun sendok ini dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional sekaligus obat herbal mengingat kandungan dari senyawa yang sangat banyak.

Berikut beberapa manfaat daun sendok bagi kesehatan:

  • Mengobati Gangguan saluran air kemih

6 ons herba segar, digodok 3 liter jadi 1,5 liter,dibagi 3 kali minum, atau herba segar ditumbuk, diperas jadi 1/2 mangkuk. Tambah madu 1 sendok, minum, tambah keji beling (Desmodiumgangeticum), direbus, airnya sebagai obat batu ginjal atau kandung kemih. (Saran 3 x 2 kapsul per hari)

  • Mengobati Airkemih berdarah

Minum semangkok air tumbukanherba segar sebelum makan. (Saran 3 x 2 kapsul/hari)

  • Mengatasi Keputihan

Akar 10 g. dilumatkan,ditambah air cucian beras saring, minum. (Saran 3 x 2 kapsul per hari)

  • Mengobati Disentripanas

Semangkok air tumbukan herba segar + madu 2 sendok, di tim sebentar, minum hangat. Atau Biji digiling halus, larutkan dalam anggur, sebagai tonikum.(Saran 3 x 2 kapsul per hari)

  • Meredakan Diare

Daun segar 30 gram digodok,minum sehari 2 kali. (Saran 3 x 2 kapsul per hari, minum banyak air)

  • Mengurangi Gangguan pencernakan anak-anak

Biji disangrai dan dibuat bubuk untuk dimakan. Umur4-12 bulan; @ 0,5 gram; 1-2 tahun; @1gram,3-4 kali/hari. (Saran 3x 1 kapsul per hari, minum banyak air).

  • Batu empedu.

Tanaman daun sendok ( + akar) ditambah keji beling lima kali lipat, direbus, minum.

Demikian Ulasan Tentang 122 Manfaat Daun Sendok Bagi Kesehatan Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers 😀

Baca Juga