123 Manfaat & Khasiat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Jan 17 2015 - 4:57am admin indonews3

123 Manfaat & Khasiat Daun Kemangi Bagi KesehatanIndoNews.co.id – Daun Kemangi atau dalam bahasa latin memiliki nama “Ocimum citriodorum” merupakan daun yang memiliki aroma yang khas. Bagi sebagian masyarakat Indonesia khususnya untuk ibu rumah tangga daun yang satu ini pasti tak akan terlewatkan untuk sajian hidangan makanan.

Meskipun memiliki aroma yang khas namun tak sedikit orang yang kurang begitu menyukai terhadap daun ini, terlebih rasanya yang memberikan sensasi mint, namun banyak juga yang menjadikan daun ini sebagi alternatif makanan khususnya lalapan.

Kemangi adalah hibrida antarspesies antara dua spesies selasih, Ocimum basilicum dan O. americanum. Ia dikenal juga sebagai O. basilicum var.anisatum Benth. Aroma khasnya berasal dari kandungan sitral yang tinggi pada daun dan bunganya. Bagi sebagia besar masyarakat Minangkabau menggunakan tumbuhan sejenis kemangi yang dinamakan dengan ruku-ruku yang di dalam Bahasa Thailand disebut sebagai bai kra pao. Ruku-ruku biasanya digunakan untuk memasak gulai ikan dan asam padeh (asam pedas).

Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Daun Kemangi

Daun kemangi adalah daun dengan ukuran kecil yang sering di jadikan lalapan untuk makanan. Kemangi sering kita jumpai di sekitar kita bahkan banyak orang yang menanam kemangi di kebun atau di pekarangan mereka.

Meskipun memilki daun yang berukuran kecil daun kemangi memilki wangi yang khas  di banding daun-daun yang lain. Daun kemangi memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Berikut beberapa manfaat daun kemangi untuk kesehatan tubuh kita :

  1. Melawan Radikal Bebas : Daun kemangi mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah bakteri dan virus masuk kedalam tubuh kita.
  2. Melancarkan Aliran Darah: daun kemangi dapat merilekskan jantung sehingga aliran darah tetap lancar.
  3. Membantu Pertumbuhan Tulang : Daun kemangi mengandung kalsium dan fosfor yang tinggi yang membantu dalam pertumbuhan tulang dan mencegah terjadinya mengkroposan tulang.
  4. Mencegah Bau Badan.
  5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh : Daun kemangi dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu sintesi protein sehingga mendukung proses pertumbuhan dan memperbaiki sel-sel yang rusak.

 

Berbagai Khasiat Daun Kemangi :

Di dalam buku A Dictionary of Practical Material Medical disebutkan, sari daun kemangi berkhasiat untuk mengatasi diare, nyeri payudara, batu ginjal, gangguan pada vagina, dan albuminaria (terbuangnya albumin melalui urin). Para peneliti dari Center for New Crops and Plant Products, Purdue University, Amerika Serikat, menyatakan bahwa daun kemangi berpotensi membantu mereclakan sakit kepala, pilek, diare, sembelit, cacingan, gangguan ginjal, sakit maag, perut kembung, masuk angin, kejang-kejang, dan badan lesu.

Di Indonesia, secara tradisional daun kemangi digunakan untuk mengatasi perut kembung/masuk angin dan deman pada anak balita. Daun kemangi diremas bersama bawang merah dan minyak kelapa, kemudian dioleskan ke perut, dada, dan punggung. Konsumsi lalap daun kemangi juga dipercaya clapat mencegah bau badan dan bau mulut, serta memperlancar ASI.

Daun kemangi mengandung berbagai komponen bioaktif nongizi. Komponen 1-8 sineol-nya diduga dapat membantu mengatasi ejakulasi dini pada pria. Komponen apigenin fenkhona dan eugenol diduga dapat meningkatkan kualitas ereksi penis. Arginin dapat memperkuat daya hidup sperma (membantu mencegah kemandulan) dan menurunkan kadar gula darah.

Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan Lainnya :

 

  • Mencegah demam dan batuk
    Kemangi mengandung vitamin C dan antioksidan tinggi. Keduanya bekerja sama untuk menguatkan sistem imun dan mencegah serta mengobati demam. Kemangi bahkan bisa dinikmati dengan cara mencampurkannya dalam teh atau jus buah.
  • Mencegah kelainan jantung
    Daun kemangi sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh orang dewasa demi mencegah kelainan jantung. Sebab protein dalam kemangi berkhasiat menurunkan berat badan dan menyehatkan jantung. Magnesium dalam kemangi juga berfungsi menurunkan kolesterol dan melancarkan peredaran darah.
  • Menyehatkan mata dan mulut
    Vitamin A dalam daun kemangi memiliki kemampuan untuk mengobati infeksi mata, meredakan mata yang stres, dan mencegah gangguan pada mata lainnya. Bukan cuma itu, selain daun mint, kemangi pun punya efek menyegarkan bau mulut jika dikonsumsi.
  • Anti inflamasi
    Kemangi merupakan agen anti inflamasi yang bertugas menyembuhkan bengkak dan ampuh meredakan radang sendi. Kemangi juga termasuk sumber kalsium yang baik yang dibutuhkan tulang untuk mencegah osteoporosis.
  • Manfaat lain
    Para perokok bisa mengunyah daun kemangi kapan saja ketika mereka ingin merokok. Dengan begitu, kekuatan antioksidan mampu memperbaiki sistem yang rusak akibat efek nikotin. Kemangi juga ampuh meredakan stres, mencegah diabetes, dan mengatasi batu ginjal.

 

Baca Juga :

 

Semoga Bermanfaat Indonewsers 🙂

Baca Juga