13 Manfaat Beras Ketan Bagi Kesehtan Tubuh

Jul 3 2015 - 1:35am Indonews Coid

IndoNews.Co.Id – Beras Ketan juga merupakan salah satu bahan makanan sejenis nasi tetapi tidak semua orang dapat mengkonsumsi makanan jenis ini. Beras ketan juga merupakan sumber serat dan juga nutrisi yang di perlukan oleh tubuh. Biasanya tidak semua orang dapat mengkonsumsi beras ketan ini karena jika mengidap penyakit maag tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi jenis beras yang satu ini. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini.

Beras Ketan

Beras Ketan

Manfaat Beras Ketan Bagi Kesehatan

1. Hal ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung

Kandungan serat dalam secangkir nasi ketan adalah 1,7 gr. Serat dalam ketan juga menawarkan manfaat kesehatan, yaitu untuk berkontribusi diet tinggi serat, dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Membantu menangkal radikal bebas

Selenium merupakan mineral penting yang diperlukan tubuh yang terkandung dalam beras ketan. Zat ini berperan sebagai anti-oksidan dalam tubuh untuk melindungi sel-sel di dalam tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

3. Mengatur aktivitas hormon tiroid

Konten selenium dari beras ketan juga bermanfaat untuk kelenjar tiroid dengan mengatur aktivitas hormon tiroid dan membantu pembuluh darah berfungsi dengan baik. Setiap 1 cangkir nasi ketan mengandung 9,7 mg selenium, atau sekitar 18% dari rekomendasi harian asupan.

4. Menjaga sistem metabolisme tubuh untuk tetap sehat

Beras ketan juga menawarkan konten mangan yang bermanfaat bagi kesehatan karena zat ini berfungsi untuk menjaga sistem metabolisme tubuh agar tetap sehat. Metabolisme yang sehat akan membantu proses karbohidrat, protein dan kolesterol dalam tubuh.

5. Membantu mengendalikan nafsu makan

Kandungan vitamin B-6 dalam beras ketan mampu menghasilkan neurotransmitter serotonin, yang bisa membantu mengontrol nafsu makan.vitamin B-6 dapat meringankan gejala sindrom pramenstruasi.

6. Mencegah penuaan dini

Kandungan asam amino dan anti oksidan hadir dalam beras ketan dapat membantu kesehatan kulit merwat, dan dapat mencegah penuaan dini.

7. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Perlu diketahui ini bukan obat. Ketan dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh terutama ketika musim hujan. Jadi makan nasi ketan akan membuat Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik.

8. Mampu Mencegah Diabetes

Karena memiliki sifat anti-inflamasi dan kaya akan antioksidan sehingga untuk konsumsi jangka panjang akan berguna untuk mencegah Alzheimer dan diabetes.

9. Menjaga Kulit Sehat Alami

Jet nya ketan hitam mampu menggantikan sel-sel kulit mati dengan sel kulit baru yang lebih halus dan lembut, juga mengandung antioksidan, mengandung pelembab alami, dan dapat mendinginkan kulit.

10. Perbaiki Kerusakan  Sel Hati

Hati adalah organ penting bagi tubuh kita dan memiliki tugas berat menetralisir racun dalam tubuh. Peran penting dalam hati tubuh harus seimbang dengan nutrisi yang tepat sehingga dapat meminimalkan risiko kerusakan hati. Beras hitam mengandung mampu memperbaiki kerusakan pada hati seperti hepatitis.

11. Mencegah Kanker dan Tumor

Kanker atau tumor adalah penyakit yang sangat mematikan dan hingga kini belum ada obat yang dapat menyembuhkan kanker 100% Untuk sekarang mari kita mulai mencoba untuk mencegahnya. Dalam beras hitam adalah zat yang mampu menjaga tubuh kita terhadap kanker. Oleh karena itu perbanyaklah beras hitam dikonsumsi sejak dini.

12. Mencegah Anemia

Dalam beras hitam yang tinggi zat besi untuk 15,52 ppm. Dengan begitu Anda tidak bisa dengan mudah lesu dan tetap bugar karena menghindari anemia setelah pemenuhan zat besi.

13 Kolesterol di Darah

Bagi mereka yang suka makan berlemak atau berminyak makanan akan membuat kadar kolesterol darah meningkat. Oleh karena itu rajinlah konsumsi beras hitam, karena kandungan zat yang ada di dalam beras hitam mampu menetralisir kolesterol dalam darah.

Sumber : http://www.earlly.com/ & http://manfaat.co.id/

Demikian Pembahasan Tentang 13 Manfaat Beras Ketan Bagi Kesehtan Tubuh Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca IndoNews.Co.Id Aminnn …  😀

Baca Juga