13 Manfaat Buah Blueberrry Bagi Kesehatan

Jul 4 2015 - 12:51am Indonews Coid

13 Manfaat Buah Blueberrry Bagi Kesehatan – Mungkin sudah tidak asing lagi di dengan di telinga kita buah blueberry. ya buah ini miripdengan jambu biji bentuknya tapi lebih kecil ukuran buahnya dan tentunya warna buah yang membedakan. sesuai dengan namya blueberry pasti warnanya biru khas dari buah ini. Selain enak rasanya buah ini juga kaya akan manfaat tentunya untuk kesehatan dan simak manfaat buah blueberry di bawah ini :

Blueberry

Blueberry

Manfaat Buah Blueberry Bagi Kesehatan

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Blueberry diketahui mengandung lebih banyak antioksidan dibandingkan buah segar lain. Kandungan Antioksidan memiliki peran penting untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan menetralisir radikal bebas. Sebagian besar antioksidan dalam blueberry adalah anthocyanin, pigmen yang bertanggung jawab untuk warna biru blueberry.

2. Menurunkan kelebihan lemak

Blueberry juga mengandung polifenol yang berguna dalam mengurangi kelebihan lemak di sekitar perut dan juga dapat membantu memecahkan masalah pada metabolisme dalam tubuh. Buah ini baik di gunakan untuk program diet yang sedang dilakukan karena kandungan rendah kalori.

3. Mempertajam penglihatan

Senyawa dalam blueberry dikenal sebagai anthocyanosides, dalam studi klinis telah dikenal untuk memperlambat penurunan daya penglihatan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Archives of Ophtalmology menunjukkan bahwa makan tiga blueberry sehari dapat membantu mengurangi penurunan penglihatan pada orang tua hingga 36 persen.

4. Menyehatkan tulang

Kandungan mangan dalam blueberry sangat baik untuk tulang. Makan blueberry secara teratur dapat membantu menguatkan tulang dan mencegah diri dari risiko keropos tulang.

5. Melancarkan pencernaan

Semangkuk blueberry mengandung 4 gr serat, atau sekitar 15% dari asupan harian yang dibutuhkan tubuh. Serat larut yang terkandung dalam blueberry mampu menyerap hingga 15 kali beratnya sendiri dalam air sehingga dapat meningkatkan cairan ke dalam usus dan membantu pencernaan.

6. Menguatkan ingatan

Blueberry mengandung flavonoid yang dapat mengaktifkan bagian otak yang berperan dalam mengendalikan dan memperkuat memori.

7. Mencegah serangan jantung

Makan tiga porsi blueberry atau lebih setiap minggu dapat mengurangi risiko penyakit jantung pada wanita. Blueberry mengandung kadar tinggi senyawa yang dapat membantu memperluas arteri. Untuk informasi, penyempitan pembuluh darah oleh kolesterol diketahui pengaruh besar pada kesehatan jantung.

8. Melawan Kanker

Senyawa fenolik yang terkandung dalam blueberry diketahui menghambat proliferasi sel-sel kanker usus besar dan menginduksi apoptosis. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita dengan asupan tinggi blueberry dikeatahui mengalami penurunan yang signifikan dalam risiko kanker ovarium.

9. Menurunkan gula darah

Blueberry salah satu buah yang mengandung indeks glikemik rendah. Hal ini membuat buah ini memiliki peran dalam membantu mengatur gula darah, terutama bagi penderita diabetes. 5 Makan blueberry setiap hari sangat baik untuk kesehatan.

10. Anti-penuaan

Antioksidan yang terkandung dalam blueberry membantu mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan penuaan tubuh. Makanan yang kaya antioksidan sehingga menciptakan efek anti-penuaan. Kandungan vitamin C dalam blueberry juga membantu dalam memperlambat proses penuaan.

11. Perawatan Mata

Masalah mata seperti degenerasi makula, hyperopia, miopia, dan katarak dapat dikurangi dengan bantuan blueberry. Kehadiran berbagai vitamin (C, E, A), flavonoid, dan karotenoid berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan menjadi salah satu dari sifat-sifat blueberry.

12. Mencegah infeksi saluran kemih

Mereka juga dikenal untuk mencegah infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih terjadi karena pertumbuhan E.coli dan jenis bakteri lain di dekat dinding bagian dalam saluran kemih. Infeksi tersebut dapat membuat penderitanya mengalami peradangan atau sensasi terbakar saat buang air kecil. Molekul besar seperti polimer dalam blueberry juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya di saluran kemih.

13. Mencegah gangguan otak

Buah Blueberry mengandung banyak vitamin (A, C, E dan B), anthocyanin, natrium, kalium, seng, fosfor, magnesium, mangan. elemen tersebut membantu melindungi otak dari gangguan neurotik dengan mencegah degenerasi sel-sel otak dan neuron. Pasien penyakit Alzheimer akan merasakan manfaat besar dari blueberry untuk membantu menjaga kesehatan sistem saraf pusat.

Dikutip dari berbagai sumber : http://www.amazine.co/ &  http://www.artikelkesehatan99.com/

Demikian Pembahasan Tentang 13 Manfaat Buah Blueberrry Bagi Kesehatan Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca IndoNews.Co.Id Aminnn … 😀

Baca Juga