13 Manfaat Jagung Manis Bagi Kesehatan Tubuh

Mar 24 2015 - 12:59am Indonews Coid

13 Manfaat Jagung Manis Bagi Kesehatan Tubuh – Jagung Manis adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat urutan ke tiga di dunia, selain gandum dan padi. Untuk penduduk Amerika Tengah dan Selatan, bulir jagung adalah pangan pokok, sebagian penduduk Afrika dan beberapa daerah di Indonesia.

Penggunaan lainnya adalah sebagai sumber minyak pangan dan bahan dasar tepung maizena. Berbagai produk turunan hasil dari jagung menjadi bahan baku berbagai produk industri. Beberapa di antaranya adalah bioenergi, industri kimia, kosmetika, dan farmasi. selain itu jagung juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat Jagung Manis

Manfaat Jagung Manis

Berikut Adalah Manfaat Jagung Manis Bagi Kesehatan :

1. Menjaga Kesehatan mata

Kandungan Zeaxanthin dalam jagung manis adalah pigmen yang  dapat membantu melindungi mata dari degenerasi makula. Di dalam jagung manis juga terdapat beta karoten dan asam folat yang bermanfaat untuk mencegah berbagai jenis penyakit mata.

2. Meningkatkan memori otak

Kandungan tiamin dan vitamin B1 dalam jagung manis. Kedua zat tersebut dapat membantu meningkatkan daya ingat di memori otak. Kandungan nutrisi dalam jagung manis juga bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

3. Mencegah penyakit jantung

Kandungan folat, yang juga dikenal sebagai vitamin B9. Senyawa tersebut dapat membantu mengurangi asam amino yang ada dalam pembuluh darah. Peningkatan kadar asam amino menyebabkan masalah pada pembuluh darah, yang pad akhirnya dapat mengakibatkan masalah jantung. Dengan mengkonsumsi jagung manis maka akan mengurangi terjadinya penyakit tersebut.

4. Mencegah kanker paru-paru

Penelitian terbaru mengungkap bahwa jagung manis dapat mencegah kanker paru-paru. Nutrisi yang terkandung dalam jagung manis, yang dikenal sebagai beta cryptoxanthin, ketika diserap oleh tubuh akan menjadi vitamin A. Itu dapat mencegah perkembangan kanker paru-paru, serta bentuk lain dari kanker.

5. Meningkatkan kekuatan tulang

Kandungan mangan, seng dan tembaga dalam jagung manis. dapat membantu untuk meningkatkan kekuatan tulang. Ketiganya juga dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh arthritis pada wanita. Magnesium juga membantu dalam mencegah kejang dan kekakuan otot dalam tubuh.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jagung manis sarat akan vitamin C dan protein. Vitamin C yang hadir dalam jagung manis dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah flu. Protein yang dikandung oleh jagung manis juga menyediakan energi untuk tubuh.

7. Mengatasi anemia

Kandungan Zat besi dalam jagung ini juga dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin normal tubuh. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi sereal jagung juga dapat meningkatkan hemoglobin hingga 50 persen dalam sebulan. Asam folat yang hadir dalam jagung manis juga dapat mencegah anemia.

8. Mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam tubuh

Mengkonsumsi jagung manis sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan tingkat kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh, yang pada akhirnya dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Minyak jagung juga efektif untuk mempertahankan tingkat kolesterol normal tubuh.

9. Jagung Bersifat Antioksidan

Jagung merupakan sumber yang kaya antioksidan yang melawan radikal bebas penyebab kanker. Hal tersebut sangat relevan ketika phytochemical adalah sumber antioksidan, yaitu bahan kimia yang tinggi dalam jagung.

10. Mengurangi Resiko Wasir

Kandungan serat dalam jagung manis dibutuhkan akan membantu mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir. Serat akan membantu buang air besar, yang merangsang gerak peristaltik dan bahkan merangsang produksi asam lambung dan empedu.

11. Sumber mineral

Di dalam jagun manis terdapat kandungan magnesium, besi, tembaga, dan fosfor yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi.

12. Merawat kulit

Jagung kaya antioksidan yang membantu menutrisi kulit sehingga merawatnya nampak terus muda. Selain itu, pati jagung merupakan sumber asam linoleat untuk mengatasi ruam dan iritasi kulit.

13. Penting untuk ibu hamil

Ibu hamil membutuhkan asam folat baik untuk dirinya maupun janin. Kekurangan asam folat dalam tubuh memengaruhi berat badan bayi. Penuhi asupan asam folat dari jagung.

Demikian Ulasan Tentang 13 Manfaat Jagung Manis Bagi Kesehatan Tubuh Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca IndoNews.Co.Id Aminnn … 😀

Baca Juga