13 Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Mar 28 2015 - 12:10am Indonews Coid

13 Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Sebagai negara maritim, Indonesia mempunyai potensi besar dalam memanfaatkan berbagai jenis rumput laut yang hidup di perairannya. Berbagai jenis rumput laut telah dikenal memiliki manfaat baik sebagai bahan pembuat agar-agar, keragian, maupun alginat. Berbagai jenis rumput laut pun telah berhasil dibudidayakan di pelbagai wilayah Indonesia.

Manfaat Rumput Laut

Manfaat Rumput Laut

Berikut Adalah Manfaat Ruput Laut Bagi Kesehatan :

1. Sumber kaya vitamin

Rumput laut yang dikenal sebagai makanan sehat super untuk suatu alasan. Makanan ini mengandung berbagai nutrisi, termasuk vitamin A, kalsium, zat besi, kalium, yodium dan vitamin B12. Rumput laut kaya karena telah mengalami mineralisasi dalam air laut. Bahkan, makanan super ini juga diyakini memiliki lebih banyak kalsium daripada daging sapi, brokoli dan susu.

2. Mengatur tiroid dan fungsi hormonal lainnya

Manfaat lain dari rumput laut yang dapat mempertahankan tiroid sehat. karena rumput laut mengandung yodium. Tiroid memainkan peran penting dalam metabolisme sel dan fungsi fisiologis tubuh. Tanpa yodium, tubuh tidak dapat mensintesis hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid. Ini adalah alasan mengapa banyak orang kini mulai beralih ke rumput laut untuk menggantikan fungsi garam.

3. Sumber yang kaya serat

Rumput laut kaya akan serat larut. Jika dikonsumsi, rumput laut akan berubah menjadi gel dan membantu pencernaan dalam tubuh. Dengan memperlambat fungsi pencernaan, rumput laut bermanfaat untuk mencegah tubuh dari menyerap kolesterol dan gula berlebih. Selain itu, serat yang hadir dalam rumput laut juga membantu dalam meningkatkan bakteri baik dalam perut yang pada gilirannya membantu pencernaan dan memperkuat dinding perut.

4. Penurunan berat badan

Rumput laut terbukti memiliki kalori dan lemak. Satu porsi rumput laut yang mengandung 5 sampai 20 kalori. Selain itu, kehadiran yodium dalam rumput laut juga memastikan bahwa kelenjar tiroid untuk mengatur metabolisme tubuh sehingga berat badan tetap seimbang (lihat juga: cara menurunkan berat badan). Bahkan, mineral hadir dalam fungsi rumput laut dalam memecahkan sel-sel lemak dalam tubuh. Manfaat lain yang dapat mencegah pertumbuhan selulit dalam tubuh.

5. Perlindungan kanker

Rumput laut kaya akan anti-oksidan yang berkhasiat dalam menghalau pertumbuhan kanker yang menyebabkan radikal bebas dalam tubuh. Anti-oksidan adalah senyawa kimia yang disebut lignan. Senyawa ini diketahui bekerja untuk memperlambat pertumbuhan tumor serta membantu mengirimkan sel-sel kanker dari tubuh melalui aliran darah. Rumput laut juga dikenal memiliki sifat yang mencegah kanker-estrogen terkait. Penelitian menunjukkan bahwa rumput laut dapat mencegah kanker usus besar karena kaya akan asam folat.

6. Mendetoksifikasi tubuh

Rumput laut bisa menjadi obat penawar yang luar biasa terhadap gaya hidup saat ini yang bisa melindungi siapa pun. Sebenarnya, rumput laut biasanya berlimpah dengan klorofil yang pada gilirannya membantu Anda untuk detoksifikasi tubuh Anda.

Manfaat Rumput Laut Bagi Kecantikan

1. Penghilang jerawat

Rumput laut memiliki senyawa anti-inflamasi yang berpengaruh positif pada peradangan di kulit. Anti-inflamasi pada rumput laut dapat mengurangi pembengkakan jerawat, mengecilkan pori-pori, dan mengangkat sel kulit mati.

2. Meremajakan kulit

Rumput laut kaya akan yodium yang dapat membantu meningkatkan fungsi tiroid. Kelenjar tiroid menghasilkan asam amino yang menyerap yodium dan menghasilkan zat kimia pengatur metabolisme dalam darah. Lancarnya metabolisme membantu peremajaan kulit.

3. Pengelupasan sel kulit mati

Rumput laut dapat menarik kotoran dan kelebihan cairan dari kulit. Sering dijadikan pembersih alami dan digunakan sebagai lulur karena khasiatnya yang dapat meregenerasi sel kulit mati.

4. Merawat kesehatan kulit kepala

Rumput laut, arame, dan masakan Jepang lainnya dipercaya dapat memelihara folikel kulit kepala dan rambut. Rumput laut yang kaya mineral mampu melancarkan peredaran darah, memperkuat rambut, dan membuatnya berkilau.

5. Mengurangi pembengkakan

Rumput laut kaya akan vitamin B1, B2, B3, B6, dan B12 yang berfungsi sebagai anti radang dan mengurangi penggumpalan darah di bawah kulit. Selain itu, rumput laut juga dapat menghaluskan kulit wajah.

6. Minimalisir selulit

Kandungan vitamin dan mineral yang ada pada rumput laut dapat menghapus parut yang diakibatkan oleh selulit. Beberapa pelembab yang mengandung rumput laut sudah dijual di pasaran untuk mengatasi selulit dan stretchmark.

7. Detoksifikasi kulit

Rumput laut merupakan salah satu tumbuhan yang baik untuk membantu mengeluarkan racun dan kotoran dalam kulit. Sebesar 40 % ekstrak rumput laut dapat diserap kulit dalam waktu 30 detik. Kandungan vitamin dan mineral pada rumput laut bisa bertahan hingga lebih dari tiga hari dalam proses detoksifikasi.

Demikian Pembahasan Tentang 13 Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca IndoNews.Co.Id Aminnn … 😀

Baca Juga